5 Tempat Wisata yang Wajib Dikunjungi di Singapura

Gak terasa ya, sebentar lagi sudah akhir tahun. Kira-kira mau kemana nih liburan? Sebagian dari kita pasti mungkin sudah punya rencana ingin berakhir tahun di mana. Mau dengan teman-teman, keluarga, yang penting liburan.

Kalau saya. saat ini bersama beberapa teman dekat masih diskusi-diskusi gitulah, kita mau pergi ke mana nih ramai-ramai. Antara kepengen explore kota-kota hits di dalam negeri, atau sekalian jalan ke luar negeri. Namun, sepertinya suara terbanyak inginnya ke luar negeri, yaitu ke Singapura. Salah satu pertimbangannya kenapa ke Singapura adalah sistem transportasi publiknya yang nyaman.

Nah, saya mau cerita dulu di sini, tempat wisata mana saja yang wajib dikunjungi kalau ke Singapura. Kalau di-list memang banyak sekali, karena meskipun Singapura itu kecil, tapi punya banyak tempat wisata yang menarik. Tapi saya hanya akan share mana yang memang paling saya suka (dan tentunya yang sudah pernah dikunjungi) ya.

1. Merlion Park (Patung Ikan Duyung dan Singa)

Patung berupa duyung dengan kepala singa ini memang salah satu tempat favorit wisatawan yang berkunjung ke Singapura. Berada di areal publik, ikon negeri Singapura ini bisa diakses oleh siapa saja. Dan transportasi untuk ke sini juga mudah, bisa pakai MRT lalu jalan sedikit. Saya sudah pernah ke sini naik MRT (dilanjutkan dengan jalan kaki), naik bus, sama naik elf travel. Meskipun sudah pernah ke sini, rasanya kalau ke Singapura gak foto di sini itu rasanya gak komplit ya, hehe…

Eniwei, lebih bagus lagi kalau datangnya agak malam ketika sudah banyak lampu yang gemerlap.

2. Marina Bay Sands

Marina Bay Sands mungkin bisa dikatakan sebagai landmark Singapura yang terindah. Dengan tiga menara tinggi yang menopang “kapal raksaka” di puncaknya, ikon ini akan begitu luar biasa ketika diabadikan dalam jepretan kamera.

source image: visitsingapore.com

source image: visitsingapore.com

Isinya apa sih? Ya ada mal, hotel, bioskop, museum, restoran-restoran hingga kasino terbesar di dunia. Kemegahan malnya sungguh memanjakan mata. Kemudian di malam hari ada atraksi light and water show, yang menampilkan pertunjukan efek cahaya, dan laser. Gratis.

Ke sini itu mudah banget. Naik MRT bisa langsung turun di stasiun Marina Bay. Tinggal jalan kaki sebentar udah deh sampai.

3. Universal Studio Singapore

Ini adalah tempat wisata dengan nuansa film-film Hollywood. Salah satu tempat favorit buat keluarga, karena di sinu bukan hanya anak-anak saja yang bisa main, tapi orang dewasa juga bisa ikutan menikmati wahananya. Waktu ke sini pertama kali, bawa Vay, dan dia masih terlalu kecil, masih takut main ini itu.

Yang paling menarik dari tempat ini menurut saya adalah suasananya yang persis menyerupai suasana Hollywood movie. Berfoto di mana saja bagus, termasuk foto bareng karakter. Belum lagi toko souvenirnya yang berisi barang-barang lucu dan ngegemesin untuk dibeli.

(Baca cerita tentang Universal Studio Singapura di sini)

4. Kawasan Orchard Road

Ada sebuah jalan di Singapura yang bernama Orchard Road. Sejak dulu sudah jadi tempat favorit wisatawan untuk melancong ke sini. Surga belanja berada di areal ini, begitu pula wisata kulinernya. Sebelum es krim Singapura masuk Indonesia, tiap kali orang Indonesia ke sana, pasti ke Orchad Road untuk beli es krim seharga satu dolar itu.

Terus kalau mau belanja ya, situ lagi situ lagi tempatnya. Ada Lucky Plaza, Ion Orchard Mall, dan Takashimaya. Jadi ingat ya, satu waktu, saat tiba di Orchard dan lapar, terus mau cari makanan Indonesia, di satu mall (lupa di Ion atau bukan ya?) ada tenant Nasi Padang. Woooo langsung beli dong. Dan ternyata, rasanya beda banget. LOL. Jadi mending ya cari kuliner Singapura sekalian, jangan cari makanan Indonesia lagi.

5. Chinatown

Nah, ini dia tempat terakhir yang menurut saya wajib dikunjungi. Nuansa oriental di Chinatown ini benar-benar indah bila dipigura dalam momen foto. Di sini ada Buddha Tooth Relic Temple yang sangat megah, ditambah dengan gerai-gerai makanan tradisional plus toko souvenir. Kalau datang dan menginap di sana pada saat bulan bagus, saat Imlek misalnya, suasananya akan jauh lebih meriah dan bagus.

OK. Jadi sudah tahu kan tempat-tempat yang nanti ingin saya datangi (lagi).

Nah, jadi gini. Saya mau cerita dulu nih pengalaman beberapa tahun lalu ketika ke Singapura bareng teman. Ketika itu kami melakukan pemesanan tiket pesawat terpisah dengan reservasi hotel. Alasannya sih biar kita bisa dapat tiket pesawat yang harganya murah lalu bisa pilih sendiri mau hotel yang mana. Namun ternyata, justru karena kurangnya referensi, akhirnya kami kecewa karena salah memilih hotel di Chinatown. Dengan harga yang lumayan mahal, tidak sebanding dengan ukuran kamarnya juga serving breakfastnya.

Belajar dari pengalaman di atas, kali ini kami mencoba untuk lebih teliti mencari informasi. Satu orang bertugas mencari-cari tiket pesawat, kemudian satu lagi mulai cari-cari hotel. Intinya terus cari info sebanyak-banyaknya mumpung masih ada waktu.

Dan ternyata, saat browsing-browsing kemarin itulah, tanpa sengaja saya lihat kalau sekarang di Traveloka sudah bisa pesan tiket pesawat + hotel sekaligus. Jadi 1 paket gitulah. Nah, waktu kita membandingkan harga akhirnya, kok ya jatuhnya lebih murah beli paket wisata Traveloka ini ya, daripada pesan terpisah? Terus dengan konsep paket seperti jadinya saving time banget, gak harus repot buka sana buka sini. Untuk metode pembayaran pun banyak pilihan, tinggal cari mana yang nyaman di kita aja.

So, kalau urusan yang paling penting sudah kelar – yaitu booking-bookingan dan things to do di Singapura nanti – kemungkinan besar jadi nih liburan akhir tahun bareng teman-teman.

Pembaca TS yang juga mau liburan, bisa lho mencoba referensi saya di atas, dengan mencari paket wisata di Traveloka. Saving time, saving money. Lumayan kan selisihnya bisa untuk beli oleh-oleh. ^^)

-ZD-

Related Post

‘Gak Boleh Ambil Gambar’ di Keraton Ka... Karaton Surakarta Hadiningrat, adalah istana resmi Kasunanan Surakarta. Menurut sejarah, keraton ini didirikan pada tahun 1744 oleh Susuhunan Pakubuwana II untuk menggantikan istana Kartasura yang hancur karena perang. Keraton Kasununan salah satu...
Sehari Semalam Di Bandung Waktu akhir minggu kemarin pergi ke Bandung, seorang teman berpesan: jangan lupa makan enak di sana, ya! Tapi ya boro-boro mau kulineran di Bandung, mau cari tempat makan yang enak untuk makan malam saja gak ketemu, karena sudah pada tutup. Saya d...
Oleh-oleh Mudik 1 : Lebaran di Siantar Akhirnya online juga. Sebenarnya sih waktu mudik kemarin kita bawa laptop, tapi karena ternyata selama disana saya ngurusin Vay terus -- yang ngintil aja kemana maminya pergi -- alhasil tidak sempat mengupdate berita lebaran selama mudik. Hanya sempa...
Berenang di Danau Toba, Parapat Selama beberapa tahun terakhir, setiap kali mudik ke Medan, tidak pernah lanjut ke Pematang Siantar. Setiap lebaran, Opung Vay yang selama ini lebih banyak menghabiskan aktivitasnya di rumahnya di Siantar, turun ke Medan. Kita kumpul semua di Medan, ...
Singapore Dining Experience Membicarakan rencana liburan memang menyenangkan. Mau liburan bareng keluarga, bareng teman, atau pun liburan sendiri, tetap menyenangkan. Yang penting semuanya harus direncanakan dengan baik, mulai dari anggaran, hingga itinerary-nya. Jadi awal b...

by

About Zizy Damanik | A Working Mom | Activities, Travel and Lifestyle | Photography | Coffee |

10 thoughts on “5 Tempat Wisata yang Wajib Dikunjungi di Singapura

  1. ke universal studio pernah tapi blm pernah masuk hahahha baru poto2 diluar doang 😀 lain kali mau kesini kalau anak2 udah agak gedean biar seruuuu 😀

    • Zizy

      Iya enakan kalau ke sini pas anak-anak dah bisa menikmati semua di dalam. Soalnya sayang bayar mahal trus cuma lihat-lihat aja…

  2. ya ampun, no 2 dan 3 bikin penasaran
    dulu ke sana, cuma keliling kota aja buat cari stadion wkwkwkwkw
    jadi, Marina Bay Sands cuma bisa dilihat dari radius 100meteran aja 🙂

    • Zizy

      Iyaaaa… Little India juga indah. Aku pernah nginap dekat sana jg. Tp blm explore bener-2….. ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *