5 Wisata Edukatif di Jakarta

Musim libur sekolah sudah di depan mata. Bagi yang sudah punya anak, biasanya sudah mulai bikin list nih tempat wisata yang asyik buat dikunjungi bareng anak. Buat pembaca TS yang ada di Jakarta atau yang pengen bawa anak berlibur ke Jakarta, berikut beberapa pilihan yang saya jadikan rekomendasi, selain tentu saja mall-mall besar nan megah di Jakarta yang juga menarik buat dikunjungi.

Tempat-tempat wisata anak berikut ini adalah tempat wisata yang selain edukatif juga cocok buat anak yang aktif. Apa saja sih? Yuk simak listnya.

1. Ecopark Ancol

Ecopark yang terletak di dalam kawasan Taman Impian Jaya Ancol ini adalah satu tempat komplit yang tepat jadi pilihan keluarga untuk piknik seharian bersama anak. Tak hanya sekadar olahraga pagi santai-santai, tapi anak-anak kita juga bisa belajar berkebun, bersawah dan juga beternak hewan. Bisa langsung lho melihat tanaman yang berada di dalam green house, rumah lebah, dll.

Ecopark Ancol

Di Ecopark juga ada aktivitas outbound, jadi kalau ke sini bersama keluarga, sekeluarga bisa mencoba outbound. Seru kan? Bisa juga belajar buat keramik di sini, dan sorenya menonton pertunjukan Fantastique Magic Fountain Show.

2. Alive Museum Ancol

Masih di dalam kawasan Ancol, Alive Museum ini adalah museum 3D berisi lukisan dan patung lilin dari tokoh-tokoh terkenal dunia. Saya bisa bilang tempat ini akan sangat digemari anak-anak karena mereka bisa bergaya seolah nyata dengan lukisan 3D yang ada. Kalau ke sini, sebaiknya membeli tiket promo yang suka dijual di eCommerce.

Dan harus cukup bersabar mengantri giliran foto clean ya, karena kalau lagi ramai kadang kala hasil foto kita jadi tidak terlalu sempurna, karena bocor oleh pengunjung lain.

3. Kidzania Jakarta

Nah, kalau Kidzania Jakarta, ini termasuk tempat wisata favorit anak-anak. Dengan mengusung konsep kota kecil anak-anak yang menyenangkan, anak-anak bisa merasakan pengalaman seru berbagai profesi, seperti menjadi polisi, petugas pemadam kebakaran, karyawan pabrik handuk, pembuat roti, dan banyak lagi. Di Kidzania juga anak-anak juga belajar langsung bagaimana jadi orang dewasa yang harus menyetir mobil sendiri tapi tentu saja sudah harus memiliki SIM. Juga belajar tahu tentang menabung, dengan mengantri sendiri di bank untuk menyetor uang Kidzania mereka.

Ingin main ke sini, silakan kunjungi lokasinya di Pacific Place Mall Lantai 6, Jakarta. Bila datang saat liburan, biar dapat jam yang diiginkan sebaiknya sudah membeli tiket lebih dulu secara online.

4. Museum Nasional atau Museum Gajah

Museum Nasional adalah museum terlengkap karena menyimpan tidak kurang dari 140 ribu benda-benda dengan nilai sejarah tinggi. Koleksinya mulai dari koleksi prasejarah, arkeologi, keramik, etnografi, dam sejarah.

Museum Nasional

Museum Nasional

Liburan sekolah memang tak harus selalu ke tempat bermain, tapi ke museum juga bisa menyenangkan karena bisa mendapatkan banyak pengetahuan langsung di tempatnya. Dengan harga tiket yang murah, serta ruangan dengan pendingin udara yang cukup, tempat ini cocok jadi pilihan wisata edukasi anak. Sering kali juga ada acara perform dari seniman tradisional di halaman museum, sungguh menghibur.

5. Houbii Urban Adventure Park

Pilihan terakhir ini adalah tempat wisata di mana anak-anak yang sangat aktif akan sangat senang dibawa ke sini. Bukan sekadar tempat bermain saja, tapi di sini safety sangat diutamakan. Mulai dari wahana trampolin, wahana panjat-luncur yang cukup mendebarkan, hingga wahana extreme slide yang akan memacu adrenalin. Anak-anak yang main di Houbii bisa puas menyalurkan enerji.

Houbii Adventure Park

Houbii Adventure Park

Sebelum ke Houbi, pastikan untuk mencari tahu dulu jam bermainnya, dan kalau masuk musim liburan, sebaiknya sudah sedia tiket sebelum ke sana. Bisa lho langsung bisa di websitenya.

So, kalau liburan ke Jakarta, selain menjajal kuliner dan mall-mallnya, pilihan tempat wisata edukatif anak di atas bisa menjadi pilihan.

-ZD-

Related Post

Batu Secret Zoo & Museum Satwa – #BrikP... Ini adalah cerita perjalanan sekitar dua minggu lalu. Perjalanan yang dilakukan bersama rombongan teman-teman baru dalam konsep BrikPiknik, piknik seru sambil bikin konten yang disponsori oleh Indosat. Satu hal yang selalu saya suka dari setiap pe...
November Rain di Dunia Fantasi Ancol Sudah masuk akhir November aja ya. Waktu begitu cepat berlalu, cerita sih banyak tapi kalau kelamaan lupa update malah akhirnya malas ya, hehe. Hari Minggu kemarin, ceritanya kami baru main ke Dunia Fantasi, Ancol. Sebagai bagian dari perayaan ula...
Virgin Beach di Pulau Pari Jadi ceritanya hari Jumat kemarin, saya bersama agency dan team rumah produksi berangkat ke Pulau Pari, yang berada di gugusan Pulau Seribu. Menaiki kapal kecil berkapasitas empat belas orang, butuh waktu sekitar empat puluh lima menit untuk tiba di ...
Mengejar Sunset di Pantai Batu Bolong Akhir tahun kemarin, akhirnya kami memilih liburan ke Bali. Awalnya kan memang ada niat mau ke Jogja, tapi kemudian setelah mempertimbangkan rekues dari Vay, akhirnya Bali jadi pilihan. Vay bilang, dia kan belum pernah ke Bali sementara maminya k...
Rekreasi ke Godong Ijo Agenda field trip dari sekolah Vay untuk tahun ini  boleh juga. Beberapa waktu lalu saya dengar-dengar katanya mau ke sebuah tempat di Sawangan untuk ngasih makan bebek. Well boleh jugalah pikir saya, daripada ke TMII kayak waktu itu yang gak jelas ...

by

About Zizy Damanik | Mommy Vay | Digital Marketer Practitioner | A Passionate Traveler and Photographer | Coffee Lovers | Beach Addicted |