Permainan Interaktif di teamLab Future Park

DSCF5327

Pulang dari Medan kemarin, saya yang masih cuti kepikiran mau bawa Nona Vay kemana ya, sebelum kembali masuk kantor minggu depan. Dan kemudian, berkat melihat postingan beberapa teman, ternyata ada satu tempat baru yang keren banget yang wajib dikunjungi oleh setiap anak.

TeamLab Future Park. Terletak di lantai 5, Plaza Indonesia, area bermain ini berupa wahana edukasi bermain bagi anak dan keluarga. Pertama kalinya hadir di Indonesia, konsep yang diusung oleh TeamLab Future Park ini adalah kombinasi antara seni, teknologi, dan kreativitas. Yes, kreativitas adalah bumbu rahasia dari keseruan yang akan dinikmati setiap anak yang mencobanya. Dan teknologi adalah koki yang akan memasak karya seni yang dihasilkan oleh pengunjung yang kemudian disajikan menjadi tampilan digital yang sangat sophisticated.

Art drawing become real. Demikian kata Vay. Berawal dari sebuah kertas bergambar biasa yang sudah tersedia (off course ini bukan kertas biasa), anak boleh memilih ingin bereksplor sejauh mana dengan gambar pilihannya. Silakan diwarnai sesuka hati, lalu diberi nama. Selanjutnya bawa kertas gambar yang sudah jadi ke petugas untuk di-scan. Hanya di-scan biasa, dan dalam hitungan detik, gambar 2D tadi sudah berpindah ke layar. Bergerak, selayak fungsi dari benda itu sendiri. Keren banget! Dan juga interaktif, karena bila disentuh, akan bergerak-gerak. Seperti ketika Vay menyentuh busnya yang sedang berjalan di track, busnya langsung meloncat.

"KDP" bus

“KDP” bus

Beruntungnya kami, karena datang pagi, kami bisa langsung masuk tanpa harus menunggu sesi berikutnya, dan di dalam juga belum terlalu ramai, sehingga layar digital belum terlalu penuh dengan gambar, dan Vay dengan mudah bisa menemukan gambar miliknya. Ia membuat 3 kreasi gambar, space ship, bus, dan sea turtle. Space ship dan bus ada di bagian city digital screen, dan sea turtle ada di aquarium digital. Yang bikin lebih seru, ada beberapa gambar yang sepertinya bergerak lebih cepat dari gambar lainnya. Contohnya sea turtle Vay, cepat sekali melesat, sampai susah mau difoto.

DSCF5394

Selain teknologi digital screen ini, di teamLab Future Park juga ada bola warna-warni berlampu yang besar yang membuat anak-anak girang bermain di sini karena bola itu bisa mengeluarkan suara ketika diayunkan.

Kemudian juga ada lantai digital, dimana secara acak akan keluar macam bentuk dan warna, dan pengunjung akan melompat menginjak bentuk-bentuk tersebut. Ya mirip permainan engklek jaman saya kecil dulu ya, tapi ini versi canggihnya. Vay sampai ngos-ngosan karena harus cepat meloncat dan menginjak.

Di salah satu dinding juga ada layar sentuh raksasa yang menampilkan beragam objek, mulai dari hewan-hewan hingga aneka bentuk abstrak. Bila disentuh, objek itu akan menghilang. Tak heran ini menyenangkan dan bikin penasaran anak untuk terus menyentuh gambar yang keluar.

Di akhir sesi – ketika Vay merasa sudah cukup mengeksplore semua – ternyata ada 1 tempat yang hampir saja terlewatkan. Yaitu merakit gambar 2D tadi menjadi 3D. Like I said before, teknologi adalah chefnya. Jadi gambar yang sudah diwarnai tadi kemudian difotokopi oleh petugas, dan keluarlah sebuah kertas tebal yang sudah membentuk pola 3D. Tinggal digunting dan dilem, jadi sudah. Saya membuat video amatir untuk ini, dan versi pendeknya bisa dilihat di Instagram ya.

DSCF5353

TeamLab Future Park ini akan ada hingga 8 Oktober 2017 mendatang. Jadi sempatkan datang ke sini biar bisa merasakan sensasi bermain dengan teknologi.

Berikut alamat lengkapnya:
TeamLab Future Park
The Warehouse, Level 5, Plaza Indonesia
Jl. M.H. Thamrin, Jakarta
Jam operasi: Setiap hari, pukul 10.00 – 22.00
HTM:
Senin-Jumat: Rp100.000/anak & Rp120.000/orang dewasa
Sabtu-Minggu: Rp120.000/anak & Rp150.000/orang dewasa

-ZD-

Related Post

Vay Perform Sabtu dan Minggu kemarin, Vay perform dari Yamaha. Ini adalah perform pertama kali Vay setelah les electone dua tahun lebih, dan les vokal kira-kira enam bulanan. Perform solo vokal di Main Atrium, Mall Kota Kasablanka, di tengah-tengah mall dan bany...
Steel Wool Photography di Bali Ingin cerita sedikit tentang steel wool photography. Belakangan, steel wool photography ini sedang hits, berseliweren di Instagram dengan macam gaya. Istilah awamnya adalah foto yang menangkap pola yang diciptakan oleh percikan api. Steel wool photog...
Ternyata Saya Sudah Tua Anak saya sekarang sedang gandrung dengan kartu karakter. tanpa sengaja dia menemukan kartu “Kitten Dance” di kamarnya. Yang saya maksud dengan kamarnya ini adalah kamar si Vay, yang kalau siang dipakai untuk dia tidur ditemani nanny-nya. Kartu k...
Vay Perform Balet Masih topik yang sama mengenai performnya Vay, hehe. Kali ini Vay perform kedua, kira-kira dua minggu setelah performnya di Teater Tanah Airku. Waktu memilih ekskul, Vay ditawarkan mau ikutan Taekwondo gak? Saya bilang, nanti biar bisa pukul anak...
Gembok Cinta di Namsan Seoul Tower Ada satu tempat di Korea yang disebut sebagai tempat paling spesial bagi pasangan yang sedang jatuh cinta. Karena orang-orang di Korea Selatan dikenal sangat menyukai hal-hal yang serba romantis, maka tempat ini pun menjadi salah satu tempat pali...

by

About Zizy Damanik | A Working Mom | Activities, Travel and Lifestyle | Photography | Coffee |

10 thoughts on “Permainan Interaktif di teamLab Future Park

  1. Nah ini mbaaa yg aku mw datangin juga.. Udh baca postingan temen, lgs tertarik. Anakku pasti excited deh kalo gambar ikan nya bisa jd real berenang-renang gitu :D. Rencana weekend nih.. Walopun kyk nya bakal rame yaa.. Tp aku g bisa cuti hr kerja si

    • Zizy

      Weekend pasti rame… tapi memang harus datang, tempatnya keren banget soalnya. Anak2 pasti suka.

  2. Pertama, logo TS ganti, kak? Lebih sederhana dan elegan. mature, kalau kata anak sekarang.

    Kedua, nggak sangka di Plaza Indonesia, mall dengan barang super branded yang membuat aku nyasar entah ke mana-mana saking pusingnya, punya tempat edukatif seperti ini. Menurutku, sayang, tempat sebagus ini hanya bisa dimasuki orang-orang kaum A dan B, C dan D mungkin minder duluan mau masuk ke mallnya.

    Aku maulah jadi anak kakak. *lah, kegedaan*

    Ketiga, di foto terakhir VAY SUDAH GADIS, ya. *kemudian merasa tua*

    • Zizy

      Pergilah ke PI Dit. Cuma nanti g bs duduk krn bangkunya kecil, ga cukup buat kaki Adit…
      Tapi iya setuju, utk masuk ke sini butuh pede tingkat tinggi….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *