Fujitsu U1010 3,5G Review

Seminggu lalu, saat ada pameran komputer di JCC, hubby saya akhirnya beli notebook baru untuk menggantikan notebook lamanya

Fujitsu LifeBook U1010 3,5G. Ini adalah generasi terbaru UMPC yang memiliki ukuran sangat kecil, display 5,6inch, dengan berat lebih kurang 600gr. Melihat profil umpc ini, benar-benar membuat iri, alias kepingin punya juga.

U1010 3,5G

U1010 ini memang pas sekali untuk mereka yang selalu mobile, juga bagi yang suka nongkrong di kafe sambil ber-wifi ria.

Buat yang tertarik dengan notebook ukuran mini, barangkali review U1010 berikut ini bisa membantu sebelum membeli.

Selama seminggu di-oprek, berikut kelebihannya :
1. Sudah pasti ringan/enteng. Cukup dimasukkan ke tas sandang dan langsung bawa kemana-mana tanpa menarik perhatian orang.
2. Warnanya elegan, hitam mewah.
3. Dilengkapi dengan fitur koneksi selular 3,5G. dijamin dapat browsing dengan kecepatan tinggi.
4. Dilengkapi dengan akses Wi-Fi.
5. Ada bluetooth.
6. Ada webcam.
7. Ada fitur pemindai sidik jari (fingerprint sensor).
8. Bisa dijadikan tablet-pc (layar bisa diputar),
9. Layar touch screen.
10. Dalam keadaan gelap, ada fitur night light. Jadi dalam keadaan gelap sekalipun tidak ada masalah untuk browsing dll.
11. SD Card nya bisa membaca SD Card yang HC.

Kekurangannya :
1. Seperti halnya notebook kecil, biasanya bermasalah dengan daya tahan batre. Begitu juga dengan U1010 ini. Batre-nya kurang tahan lama. Hanya sanggup 2jam tanpa di-charge. Untuk hal ini mungkin bisa diakali dengan batre tambahan yang diberikan oleh Fujitsu ketika membeli produk. Batre ini bisa bertahan hingga 3jam.
2. Tidak disarankan untuk penggunaan sehari-hari alias ngantor, karena ukuran display yang terlalu kecil. Buat sakit mata. Keyboard yang kecil juga agak sedikit merepotkan. Ini sudah saya coba sendiri untuk mengetik dengan cepat, agak-agak ribet. Apalagi kalo yang punya jari gede-2 :p
3. USB Port cuma 1.
4. Software OmniPass-nya kurang compatible dengan fingerprint sensor. Setelah melakukan update Windows Vista, OmniPass-nya mulai banyak bermasalah, padahal sebelumnya baik-baik saja.
5. Perlu dicatat bahwa koneksi 3,5G tersebut hanya dedicated untuk ber-internet saja, tidak bisa dipakai untuk bertelepon.

U1010 compared with Hand

U1010 3,5G ini sudah dilengkapi dengan Windows Vista Business Edition, yang secara pasti tentunya mempengaruhi harga. Coba pakai Linux, pasti harganya bisa jauh lebih murah. Karena fungsi U1010 ini memang khusus untuk mobile, maka disarankan untuk menyimpan data atau dokumen secara portable agar tidak menyulitkan ketika akan men-switchnya di komputer utama.

Untuk harga berada pada kisaran Rp.12-13jt. Worth it lah.. Secara keseluruhan, ga salah kalo kita kasih komentar CANGGIH ! untuk si mungil ini.

Detil spesifikasi yang lengkap, silahkan lihat langsung di sini.

by

About Zizy Damanik | Working Mom | Activities, Travel and Lifestyle | Photography | Coffee |

53 thoughts on “Fujitsu U1010 3,5G Review

    • agus

      To: defindal, u1010-nya warna apa? Beli dari baru? Beli kapan? harga bisa kurang ga? Harga segitu masih kemahalan. Please japri saya ya…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *