Smartphone Photography Festival 2013

Bila selama ini banyak yang menganggap bahwa foto-foto pakai handphone itu hasilnya tidak semumpuni hasil foto dari kamera, maka pada Smartphone Photography Festival 2013 yang diselenggarakan oleh Indosat Mentari pada minggu lalu di Kota Kasablanka, anggapan itu bisa dipatahkan.

Saya ada di sana dan melihat sendiri para pengunjung Kota Kasablanka yang visit ke pameran selalu mengerutkan kening saat melihat foto-foto pameran. Seperti tidak yakin, tapi juga kagum, seperti berkata “Woww… masa iya ini semua diambil pakai smartphone?”

Smartphone Photography Festival 2013 ini adalah kegiatan yang pertama kali diadakan di Indonesia dengan tujuan untuk mengoptimalkan penggunaan Smartphone khususnya fitur foto. Ini adalah ajang kreativitas penggemar fotografi dengan smartphone. Dimulai dengan kompetisi foto yang melibatkan komunitas Indosat dan komunitas fotografi seperti Istrie dan Indonesia Photographer, kemudian sebagai finalnya adalah pameran foto-foto terbaik dari para finalis, dan ditutup dengan workshop mengenai fotografi dari Kristupa Saragih (founder Fotografer.net).

So, sejak tanggal 29 April – 5 Mei 2013, pameran fotografi ini menarik perhatian para pengunjung Mall Kota Kasablanka. Apalagi, selain pameran, juga dilengkapi dengan expo Samsung dan Sony yang memberikan harga khusus untuk smartphone terbaru mereka. Jadi para penggemar smartphone sudah antri sejak hari Senin untuk melakukan pre-order Samsung S4 dan Sony Experia Z, yang baru akan bisa mereka ambil fisik barangnya di hari Minggu tanggal 5 Mei 2013.

pameran_spf2

pameran_spf

“Ini sebuah ide yang bagus,” begitu kata Pak Erik Meijer, Direktur & Chief Commercial Officer PT Indosat saat berkunjung ke pameran pada hari Kamis. “Jadi selain ada penjualan, juga ada yang bisa dilihat oleh pelanggan.” Pak Erik Meijer juga menyumbang hasil foto dari smartphonenya lho.

pameran_spf_EM

Penilaian itu terbukti benar adanya. Di hari Minggu, tanggal 5 Mei, sejak pagi benar para pelanggan sudah datang dan memenuhi expo Indosat. Sembari menunggu jam 11 (karena pengambilan baru dibuka jam 11) agar tidak bosan para pelanggan pun berkeliling melihat-lihat pameran foto.

Tidak hanya itu. Di hari Minggu juga diadakan lagi kompetisi On The Spot dengan tema #FotoModel. Caranya mudah: pelanggan Indosat, melakukan transaksi minimal 10ribu di booth expo. Kemudian tinggal registrasi saja untuk bisa mengikuti kompetisi #FotoModel. Foto-foto bisa langsung diupdate ke panitia di tempat acara, jadi langsung dinilai di tempat.

Boo’…. Ketika jam menunjukkan jam 11.30, dan dua model asal Ukrania keluar, cowok-cowok (dan juga cewek) yang tadinya malu-malu dan masih duduk di belakang, langsung maju ke depan. Rebutan foto. Langsung kita yang cewek-cewek pegang pipi dan leher… soalnya kita ini kalau difoto kan selalu cari angle terbaik, yang gak mau kelihatan chubby-lah, atau gak mau kelihatan lipatan lehernya-lah, tapi si model ini mau dari mana pun difoto gak ngaruh, bo! Tetap OK! LOL.

Model asal Ukrania *agak belepotan dikit splashnya…maafkeun.. :D

Jam 1 siang, workshop pertama mengenai street photography dimulai oleh Pras dari Istrie. Ulasannya tentang bagaimana trik-trik mengambil foto secara candid atau meminta langsung pada object.

Jam 3 sore, barulah Kristupa Saragih yang tampil. Kristupa, yang terkenal lewat Fotografer.net ternyata juga sudah menggemari fotografi dengan smartphone lho sejak beberapa tahun terakhir. Dengan bahasa yang lugas dan tidak bertele-tele, Kristupa memberi tahu teknik-teknik bagaimana cara menciptakan gambar yang bagus, menangkap momen dengan tepat, serta minnor penggunaan effect. Sharing session ini keren banget. Sampai jam enam sore – meski sempat break setengah jam karena Samsung sebagai media partner masuk untuk memberikan product overview Samsung S4 – para peserta workshop tetap setia menunggu hingga Kristupa menyelesaikan sesi. Oh ya, yang hadir sebagai peserta workshop adalah komunitas fotografi dari Istrie, ID Photography, Fotografer.net dan juga teman-teman blogger. Terbuka untuk umum dan free, jadi pengunjung yang sedang lewat pun bisa langsung mengikuti workshop – itu sebabnya jalanan sempat macet, karena banyak pengunjung yang juga menonton dari samping. Semua nampak antusias mendengarkan Kristupa.

pameran_spf_kr

Pengumuman pemenang kompetisi dilakukan di akhir acara. Wajah berseri-seri dan senang tampak pada para pemenang. Mereka berhasil membuktikan bahwa smartphone bisa menciptakan momen yang tepat.

Secara umum, acara ini berjalan baik dan lancar. Terima kasih pada semua pihak atas supportnya…. 🙂

Salam #SPOT

by

About Zizy Damanik | Working Mom | Activities, Travel and Lifestyle | Photography | Coffee |

24 thoughts on “Smartphone Photography Festival 2013

  1. Ada yang bilang, sapaaaa gitu… tak penting kameranya, tak penting obyeknya, yang penting adalah the man behind the camera. Sapaaa gitu ya yang bilang 😀 :mrgreen:

  2. Saya terus terang … jarang menggunakan smartphone untuk memotret …
    saya memotret dengan alat potret …

    Namun saya sangat percaya …
    bahwa letak keindahan foto itu tidak melulu tergantung pada alatnya … Dengan smartphone pun kita bisa menghasilkan foto yang bagus …

    Foto itu tergantung … sudut pengambilan … “rasa” gambar dan momentum … !

    Salam saya Zee

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *