Tips -agar- Tak Terjebak Penipuan

Baru saja menonton berita kriminal di salah satu stasiun televisi swasta. Kali ini kasus yang jadi perhatian saya adalah mahasiswi UI yang dibunuh dengan motif perampokan. Korban dijebak para pelaku dengan penawaran jadi SPG mobil, lalu oleh para pelaku dibawa berkeliling dengan mobil si korban, dan korban pun dbunuh.

Yang membuat miris adalah para pelaku ini masih muda, usianya juga paling sebaya dengan si korban. Penampilan juga berantakan, gak ada tampang event organizer gitu. Entah darimana mereka bisa punya rencana jahat, merampok dan membunuh. Demi mendapatkan sebuah mobil Jazz yang dikendarai korban. Benar-benar bodoh. Betul-betul amatir. Mungkin mereka pikir menjual mobil hasil rampokan itu gampang. Para mafia penampung barang curian pun tidak sebodoh itu mau menerima dari amatiran yang bakal membuat usaha mereka terbongkar. Dan terbukti kan, kasus-kasus seperti ini selalu cepat dibongkar oleh polisi. Salut untuk pak polisi kita.

Herannya, kenapa si korban bisa membiarkan mobilnya disetiri orang lain yang belum begitu dikenalnya. Maybe itu sudah suratan si cewek, tapi buat cewek-cewek lain ini harus jadi pelajaran.

Mungkin ada sedikit nasihat buat teman-teman terutama cewek-cewek yang ingin mencari job berbau keartisan. Bila tiba-tiba ada yang menawari pekerjaan, jangan langsung girang, tapi coba untuk lebih waspada.

Minta no telp dan alamat kantor yang jelas. Coba kunjungi dahulu kantor tersebut sebelum benar-benar datang memenuhi panggilan. Kalo ada websitenya, coba kunjungi dan lihat testimoni yang ada.

Jangan lupa tanyakan balik, darimana mereka dapat nomor telp Anda.

Bila mereka memberikan no hp, pastikan bahwa nomor tersebut bukan nomor prabayar (no isi ulang). Biarpun sekarang no prabayar sudah di-register, setengahnya itu data palsu loh. Yakin deh. Mau tahu caranya mengetahui itu nomor prabayar ato berlangganan? Coba ke ATM, dan pilih menu untuk membayar tagihan telp. Masukkan nomor hp dimaksud, bila nomor itu benar no berlangganan, maka akan keluar nama pelanggan & jumlah tagihan. Kalopun jlh tgh tdk ada, nama pemilik akan tetap keluar. Lalu tekan saja cancel untuk membatalkan transaksi.

Jangan lupa sharing dengan teman tentang tawaran tersebut. Jadi kalo ada apa-apa, ada orang lain yang mengetahui.

Bila diajak bertemu empat mata di suatu tempat, pastikan tempat itu tempat yang ramai, dan akses transportasinya gampang. Dan tentukan juga waktunya, jangan mau kalo diajak ketemu malam hari.

Bila Anda membawa kendaraan sendiri (misal mobil), jangan biarkan orang lain yang tak dikenal semobil dengan Anda. Biar saja masing-masing jalan sendiri ke tempat dituju. Anda juga harus pastikan sekali lagi untuk menelepon teman Anda untuk memberi tahu tempat tujuan Anda. Kalau perlu minta teman Anda berjumpa di sana.

Yang paling terakhir adalah, percayalah pada insting. Kalo hati bilang ragu, sudah, jangan teruskan. Kan masih bisa dapat rejeki dari tempat lain.

Saya memang tidak berpengalaman melamar sebagai spg (tampang ga mendukung soalnya 😀) tapi mengalami percobaan penipuan pernah & syukurlah karena selalu berhati-hati, so far ga pnh kejadian. Beberapa tips di atas mungkin bisa diterapkan juga untuk jenis penipuan by sms.

Mudah-mudahan kalo semua selalu waspada, kita bisa lolos dari tindakan kejahatan. So, hati-hati ya..

by

About Zizy Damanik | Working Mom | Activities, Travel and Lifestyle | Photography | Coffee |

30 thoughts on “Tips -agar- Tak Terjebak Penipuan

  1. suamiku jg pernah kena hypnotis, masih ingat gak rame-ramenya hypnotis lewat hp, lucunya pas hari sebelum suamiku kena, dia baca koran lagi cari lowongan kerja, suamiku baca masalah hypnotist jarak jauh lewat sms, besoknya suamiku dapat giliran, apes banget deh isi atm ludes seketika suamiku di hypnotist dan dituntun menuju atm awalnya disuruh isi pulsanya si pelaku yah… namanya juga dah kena nurut aja, dan sadarnya lama banget setelah 4 hari karena kita masih sempat bertengkar sama pegawai BCA, awalnya kecewa sih untuk pengajuan cek kamera aja pihak bank tuh mempersulit banget, dan akhirnya pas cek kamera suamiku baru sadar dan bilang “oh ….iya ….aku baru ingat memang ada yang telepon ke hpku ….” akhirnya kita coba telusuri kenapa si pelaku dapat no hp suami dan ia mengatasnamakan toba pulp lestari, pelajaran berharga banget sejak itu kita gak mau mencantumi nomor hp di internet apalagi dalam situs loker, karena suamiku akhirnya ingat kalau dia pernah ikutan milis loker untuk toba pulp lestari dan ia mencantumkan no hpnya di milist tersebut.

  2. tryjuandha

    wah…gimana ya ciri-ciri modus hipnotis. karena saya pernah ke mall, eh ada orang yang sok2 kenal.pake nanya2 nama lah, alamat lah, dan lain-lain sambil tepuk-tepuk pundak. gua pikir ini modus hipnotis. apa betul?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *