Cara Menyewakan Apartemen Online Dengan Strategi Yang Tepat

Spread the love
  • 1
    Share

Apartemen adalah unit properti yang memiliki banyak kelebihan, selain termasuk ke dalam sektor hunian modern, apartemen juga memiliki harga yang terjangkau dengan tingkat kenyamanan yang baik. Anda tak perlu memikirkan landscape dan perawatan bangunan yang telah diurus oleh pihak developer. Kebanyakan apartemen juga berada di lokasi yang strategis.

Misalnya dekat dengan perkantoran, pusat pendidikan, fasilitas kesehatan, restoran dan segala akses publik lainnya. Inilah mengapa banyak orang yang lebih memilih tinggal di apartemen untuk merasakan segala fasilitas serta kemudahan yang ditawarkan.

Namun, sebagian orang lainnya ada yang membeli apartemen tetapi bukan untuk ditempati, melainkan disewakan kembali sebagai bentuk bisnis dan investasi. Perkembangan properti apartemen yang saat ini terus meningkat membuat banyak orang bersaing untuk menggeluti bisnis yang menjanjikan ini.

Nah. Jika Anda adalah salah satu orang yang sedang menggeluti bisnis sewa apartemen tentunya Anda perlu mengetahui strategi pemasaran yang tepat untuk memenangkan persaingan tersebut. 

Strategi untuk memasarkan apartemen yang baik perlu Anda buat secara mendetail dan teknis, termasuk kegiatan digital marketing yang memerlukan berbagai media, terutama media online dan internet.

cara tepat menyewakan apartemen secara online

Ini Dia Cara Menyewakan Apartemen Online Dengan Strategi Yang Tepat

Cara menyewakan apartemen secara online adalah teknik promosi yang terbukti ampuh untuk mendongkrak calon penyewa yang potensial, karena jangkauannya yang tidak terbatas, dan mudah diakses oleh hampir seluruh masyarakat Indonesia.

Selain menerapkan cara menyewakan apartemen secara online, Anda juga bisa mengikuti beberapa tips di bawah ini agar hasil yang Anda dapatkan lebih maksimal.

Ketahui Alasan Memilih Apartemen

Biasanya, alasan umum orang memilih hunian apartemen adalah karena gaya hidup modern yang membutuhkan efisiensi untuk lebih dekat dengan tempat beraktivitas sehari-harinya, misalnya kantor atau universitas. Selain itu, hemat waktu, biaya, tenaga dan privasi juga menjadi penentu utama orang-orang memilih apartemen.

Kelengkapan fasilitas juga dapat meningkatkan minat penyewa untuk memilih apartemenmu, disertai dengan luas unit dan rendahnya biaya perawatan untuk penghuninya. Alasan lainnya yang meningkatkan potensi apartemen milikmu dipilih penyewa adalah, tingkat keamanan, serta sistem dan teknologi yang diterapkan pada bangunan apartemen tersebut.

Nah, dengan mengetahui alasan orang memilih apartemen, maka Anda bisa memanfaatkannya ketika ingin menyewakan apartemen secara online. Anda bisa menuliskan secara lengkap, kelebihan-kelebihan apa saja yang unit Anda miliki, mulai dari fasilitas, luas bangunan, hingga harga sewa dan maintenancenya.

Anda harus memahami bahwa kebanyakan orang selalu ingin mengetahui apa yang akan mereka dapatkan sebelum mereka memutuskan untuk mengeluarkan uangnya. Mereka ingin melihat, dan memastikan bahwa apa yang Anda tawarkan seperti fasilitas, pengelolaan, sistem pembayaran dan biaya bulanan benar-benar akan mereka dapatkan.

Pilih Penyewa Secara Cermat

Memilih penyewa dengan cermat adalah cara menyewakan apartemen online yang wajib Anda lakukan ketika sudah ada calon penyewa yang berminat dengan properti yang Anda tawarkan. Anda dapat mengajaknya bertemu agar Anda Anda dapat mengenali siapakah orang tersebut, sambil memperlihatkan kondisi apartemenmu beserta segala fasilitasnya secara langsung.

Pilihlah penyewa dengan cermat dan berhati-hati, karena kelak sebagian pemasukan agar bergantung kepada orang tersebut, mulai dari pembayaran uang sewa, biaya perawatan apartemen, hingga biaya tambahan jika terjadi kerusakan terhadap unti yang ditempati. Anda juga bisa mengumpulkan referensi calon penyewa serta memeriksa sejarah kredit mereka.

Melakukan penyaringan terhadap calon penyewa adalah tindakan pencegahan yang wajib Anda lakukan agar Anda tidak mendapatkan masalah serta kerugian yang tidak Anda inginkan di masa depan.

Siapkan Kontrak Sewa

Saat Anda sudah merasa cocok dengan calon penyewa yang sebelumnya telah Anda seleksi, maka langkah selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah membuat kontrak sewa.

Dalam menyewakan unit properti milikmu, maka sangat disarankan untuk mengikat transaksi tersebut hitam diatas putih secara legal dan sah oleh hukum Kontrak sewa ini nantinya dapat dijadikan pegangan jika ada kejadian yang merugikan salah satu pihak.

Tunjukkan Tampilan Sempurna Apartemen

Jika Anda belum juga mendapatkan calon penyewa yang tepat, maka Anda bisa menggunakan cara menyewakan apartemen online selanjutnya dengan memanfaatkan kemudahan dalam menunjukan bagaimana tampilan apartemenmu yang sebenarnya bahkan sebelum calon penyewa melakukan survei ke lapangan.

Hal ini dapat Anda lakukan sebagai alternatif pada kondisi dimana para calon penyewa kesulitan untuk melihat apartemen yang Anda tawarkan secara langsung, misalnya saat pandemi yang sedang terjadi saat ini.

Ambil berbagai foto apartemenmu dari segala sudut dengan kualitas tinggi, lalu unggah foto-foto tersebut saat Anda pasang iklan apartemen secara online di media sosial, di forum-forum properti indonesia, atau di media berita online.

cara menyewakan apartemen online

Dengan menunjukan gambar berkualitas tinggi yang berisikan bagaimana kondisi apartemen yang sebenarnya, calon penyewa akan lebih tertarik dan merasa lebih nyaman untuk memilih unit yang Anda tawarkan karena sebelumnya telah mengetahui bagaimana kondisi unit tersebut.

Gunakan Sosial Media Dengan Maksimal

Sosial media merupakan cara menyewakan apartemen online paling efektif dalam dunia digital marketing. Melalui promosi yang integrated dan konsisten, Anda akan dapat mendatangkan output yang bagus dari calon penyewa.

Gunakan berbagai media sosial yang terbukti memiliki banyak pengguna, mulai dari Facebook, Instagram, Twitter, Pinterest, Linkedin dan sebagainya. Pasang iklan apartemen yang ingin Anda sewakan di semua sosial media tersebut, dan jangan lupa unggah semua foto berkualitas tinggi serta informasi lengkap dari unit yang Anda tawarkan.

Gunakan Website Yang Interaktif

Internet adalah cara menyewakan apartemen online paling cepat dalam menjangkau calon penyewa dan lebih luas dari sekedar sosial media. Untuk memanfaatkan internet sebagai media promosi, Anda wajib membuat sebuah website profesional dan interaktif guna menarik calon penyewa yang potensial. Jangan lupa untuk mendesain website milikmu dengan menarik.

Salah satu tips terbaik lainnya dalam menyewakan apartemen secara online adalah dengan membuat website milikmu menjadi Mobile Friendly, atau mudah diakses melalui smartphone.

Kenapa website milikmu harus mobile friendly? Karena, menurut survei terbaru, bahwa 80% dari pengguna internet di dunia, mengaksesnya melalui ponsel mereka untuk hampir semua aktivitas online yang mereka lakukan. Salah satunya adalah mencari informasi sewa apartemen.

Oleh karena itu, website yang mudah diakses melalui smartphone dapat mendatangkan calon penyewa yang lebih besar. Bahkan jika memungkinkan, Anda juga dapat membuat sebuah aplikasi mobile yang dapat digunakan khusus untuk mencari informasi mengenai apartemen yang akan Anda sewakan.

Namun, jika Anda tidak paham bagaimana membuat sebuah situs  properti yang dapat memasarkan apartemen secara online, Anda tidak perlu khawatir. Karena sekarang sudah ada situs Jendela360, yang merupakan situs Apartemen No.1 di Indonesia yang akan membuat apartemen yang Anda sewakan laku dalam waktu singkat, karena Jendela360 juga akan mengiklankan properti di semua major marketplace tanpa dipungut biaya sama sekali.

jendela360 listing apartemen

Selain itu, tidak hanya foto berkualitas tinggi, Jendela360 juga memiliki fitur foto yang unik dan menarik menggunakan 360 virtual tour, sehingga calon penyewa dapat melihat keseluruhan apartemen milikmu seolah-olah sedang berada di lokasi saat itu.