Mengelola Keuangan Dan Berhemat Dengan Mengubah Gaya Hidup

Siapapun pasti setuju bahwa uang adalah satu hal terpenting dalam hidup. Sejak kecil kita belajar bahwa uang adalah alat yang bisa menyediakan semua kenyamanan dan kebutuhan di rumah, sehingga doa dan cita-cita tidak pernah jauh dari menjadi orang sukses yang memiliki uang banyak.

Namun saat ini jaman sedikit berubah, banyak orang yang lebih fokus pada bagaimana menikmati gaya hidupnya sekarang, dan mungkin saja nanti akan menghadapi kondisi sulit dan tidak siap menghadapinya. Gaya hidup Anda bisa menjadi salah satu faktor yang menghabiskan uang Anda setiap bulannya, dan kalau Anda mau melakukan sedikit perubahan dengan gaya hidup yang dijalani, pasti akan ada spare lumayan bagi Anda untuk menabung. Tidak pernah ada kata terlambat kok untuk belajar mengelola keuangan.

Artikel kali ini akan mencoba mengulik apa saja yang tergolong gaya hidup paling mahal.

berhemat dengan mengubah gaya hidup

#1. RUMAH ATAU APARTEMEN

Bagian paling mahal dalam hidup Anda mungkin saja adalah rumah. Kalau Anda memiliki cicilan sampai sepuluh lima belas tahun kedepan, yakinkah Anda bahwa kondisi nanti masih bisa dikontrol? Dan kalaupun saat ini Anda tidak perlu pusing soal uang sewa atau uang cicilan, kan masih ada tagihan dan pajak yang harus dibayar secara regular. Kami mengalami kondisi ini saat ini, dengan rumah yang besar maka berarti tagihan pun besar.

Rumah yang lebih kecil biasanya lebih murah dalam hal tagihan, dan ini akan sangat membantu Anda untuk menghemat dan mengalokasikan untuk yang lain. Ini memang merupakan perubahan besar, jadi tepat juga bila pemilihan rumah atau apartemen bisa dimulai ketika masih single atau baru menjadi keluarga.

#2. MOBIL YANG ANDA KENDARAI

Seperti halnya rumah, mobil juga adalah item yang menghabiskan banyak biaya secara teratur. Bukan hanya bahan bakar, perawatan rutin untuk servis mobil ke bengkel resmi juga bisa sangat mahal, belum lagi asuransi mobil yang memang sebaiknya dimiliki. Kendaraan dengan performa tinggi sudah pasti tagihannya besar, termasuk juga pajak kendaraannya. Mencari mobil yang lebih ekonomis tapi juga tetap memiliki performa bagus dapat menjadi cara yang baik untuk menghemat uang di sini. Kalau Anda tinggal di Jakarta, lalu Anda tidak sering-sering keluar dengan mobil mewah Anda karena tidak tahan dengan kemacetannya, bayangkan berapa banyak uang yang dibuang untuk sebuah mobil yang jarang dipakai. Selain itu, untuk beberapa kegiatan sehari-hari, menggunakan bentuk transportasi alternatif bisa menjadi cara untuk menghemat biaya kendaraan.

#3. HIBURAN YANG ANDA NIKMATI

Ada banyak jenis hiburan yang bisa dinikmati di luar pekerjaan. Ini adalah kesempatan bagi Anda menikmati waktu bersantai. Hiburan apa saja? Ada televisi, musik, menonton ke bioskop, traveling, clubbing. Namun, hiburan atau orang juga mengatakannya sebagai experience, juga banyak yang jauh lebih mahal, seperti berlibur ke luar kota atau ke luar negeri, atau clubbing di klub mahal. Mungkin saja Anda saat ini merasa bahwa ini masih sesuai kemampuan, tapi perlulah ada moderasi juga, sejauh mana Anda akan menghabiskan uang Anda untuk hiburan ini.

#4. KEINGINAN MENGIKUTI PERGAULAN

Sekarang adalah jaman serba cepat, cepatnya bisa dilihat dari sesering apa software Anda melakukan pembaruan. Orang-orang tertantang dan tergoda untuk mengikuti semua yang dilihat di media sosial, bisa liburan ke tempat hits, setiap hari gonta-ganti tempat nongkrong, gonta-ganti ponsel terbaru. Perlukah itu semua diikuti? Saya rasa Anda sudah tahu bahwa kebiasaan mahal ini harus dibatasi, karena ini sifatnya sangat semu. Mungkin saja sebagian dari Anda juga mengikuti gaya hidup influencer palsu, yang menyewa kamar mahal beramai-ramai untuk berfoto demi konten social media, tapi karena kebiasaan ini membutuhkan uang yang tidak sedikit, saat nanti Anda berada dalam situasi sulit,  kebiasaan ini akan semakin sulit ditinggalkan.

Memang gak gampang menahan gaya hidup di jaman serba modern saat ini. Terutama bila pekerjaan yang dilakukan pun tidak jauh-jauh dari gaya hidup tingkat tinggi. Tapi setiap orang sebaiknya bisa mengelola keuangan pribadi dengan baik dan benar dengan membatasi pengeluaran untuk hal yang tidak penting. Bahkan bila Anda sendiri sedang tidak berjuang untuk mendapatkan uang sekalipun.

Sharing is Caring
  • 1
    Share

by

About Zizy Damanik Passionate in travel, photography, and digital content. Drop your email to hello@tehsusu.com to collaborate.

One thought on “Mengelola Keuangan Dan Berhemat Dengan Mengubah Gaya Hidup

  1. Pingback: Begini Nih Caranya Agar Bisa Menyisihkan Lebih Banyak Uang | Life, Parenting & Travel Journal Mommy Blogger

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *