Memulai Smart Home dengan Bardi Smart IR Remote

memulai smart home dengan Bardi ir remote

Satu hal yang paling saya sukai di rumah, apabila semua task lisk kerjaan, anak sudah belajar dan sudah selesai makan, kucing juga sudah kenyang, adalah beristirahat di sofa super enak di depan TV, sambil ngemil keripik asin ditambah secangkir kopi hitam panas.

Namun yang paling tidak disukai adalah kalau sudah duduk santai begitu, baru sadar remot AC-nya entah di mana, lalu bel entah di mana, belum lagi lupa menyalakan lampu ruang tengah. Malas kan berdiri lagi.

Lalu akhirnya saya kepikiran untuk menggunakan smart remote, sebagal langkah awal mengenal smart home system. Jadi, smart home system adalah sebuah sistem pengelolaan hunian yang terintegrasi dengan teknologi tingkat tinggi. Teknologi rumah pintar ini sekarang banyak ditawarkan oleh pengembang properti, untuk menjadi daya tarik bagi konsumen. Apa saja yang bisa dilakukan oleh teknologi ini? Macam-macam, mulai dari sistem keamanan hunian, sistem hiburan, pengaturan lingkungan seperti pencahayaan, pendingin, hingga pengaturan alat rumah tangga seperti membuka pintu garasi, menyalakan mesin cuci.

Baca juga: Tips Melindungi Perangkat Pintar di Rumah

Untuk membangun smart system lengkap begitu tentu biayanya kan lumayan, dan menurut saya harus dilihat juga berdasarkan kebutuhan kita yang paling urgent.

Jadi kali ini mau cerita dulu pengalaman saya menggunakan satu remot ajaib yang bisa membantu kita menikmati yang namanya smart home, yaitu Bardi Smart IR Remote yang harganya sangat bersahabat.

Tentang Bardi Smart IR Remote

Sesuai namanya, alat ini adalah sebuah remot dengan pemancar infrared yang bisa kita kendalikan melalui aplikasi selama alat ini terkoneksi dengan jaringan internet, wifi atau hotspot.

Bedanya apa dengan remot biasa? Bedanya adalah, dengan alat ini kita hanya butuh satu remot saja untuk mengendalikan semua perangkat di rumah yang berada dalam radius infrared dan selama remot pintar ini terkoneksi internet. Jadi misalnya kita mau menyalakan TV, menyalakan AC, ataupun menyetel suhu kulkas, cukup dikendalikan dari aplikasi di ponsel kita.

Semua merk ada gak di dalam Bardi Smart IR Remote ini? Hampir semuanya ada. Tapi meskipun tidak ada, remot Bardi ini juga bisa melakkan duplikat infrared lama ke dalam alatnya, jadi tetap bisa digunakan. Namun, berhubung merk barang-barang yang saya pakai di rumah adalah merk umum, jadi saya dengan gampang bisa langsung menghubungkannya ke aplikasi, karena menunya sudah ada.

Bisa sejauh apa koneksi remot ini? Sudut pemancarannya 360 derajat dan bisa sampai 10 meter, tapi memang semuanya harus berada dalam satu garis pandang, karena sinyal infrared akan berfungsi bila tidak ada halangan. Jadi usahakan letakkan remot di tengah ruangan, yang secara pandangan tidak ada halangan. Ya ini samalah contohnya kalau kita bawa remot AC kamar ke ruang tengah, lalu kita coba menyalakan AC kamar, tapi pencet remotnya dari ruang tengah. Kan gak bisa.

Cara Setting Bardi Smart IR Remote

Memasang Bardi Smart IR Remote

Di dalam kotak ada remot, lalu kabel USB micro dan juga kepala adaptor. Alat remot ini di bagian bawahnya ada tombol yang kalau ditekan lama itu gunanya untuk “reset” jadi akan kembali ke menu awal, dan akan mengulang pairing in case kita mau bawa ke mana gitu ya. Cara memasangnya gampang, tinggal dihubungkan dengan dengan listrik.

Melakukan pairing remot

Ini adalah proses selanjutnya untuk memperkenalkan Bardi Smart IR Remote ke perangkat yang mau kita hubungkan di rumah.

1. Download terlebih dahulu aplikasi Smart Life di PlayStore atau AppStore.

2. Bila sudah, selanjutnya buat dulu akun Smart Life. Masukkan email, lakukan verifikasi dengan memasukkan 6 digit kode yang sudah dikirim ke email yang tadi didaftarkan, lalu buat kata kunci dengan kombinasi huruf dan angka.

3. Selanjutnya pilih menu “Add device” karena kita akan menambahkan device Bardi IR Remote tadi ke aplikasi Smart Life ini. Sebenarnya selain Smart Life, kita juga menggunakan aplikasi khusus produk Bardi yaitu Bardi Smart Home, tapi kalau pakai Smart Life, aplikasi ini mendukung juga alat-alat lain di luar merk Bardi.

4. Masuk ke menu “Other” dan temukan “Universal Remote Control” dan tap. Selanjutnya kita akan dibawa untuk pairing device tersebut ke koneksi internet kita. Saat koneksi dengan internet, remot Bardi harus ditekan atau direset kurang lebih 5 detik. Sampai di sini, tadinya saya pikir kok lama betul pairingnya, dan ternyata itu karena ada menu yang harus dicentang, tapi masalahnya di aplikasi itu tidak terlihat jelas lingkarannya jadi udah agak lama saya baru ngeh, Ohh ini harus diklik toh. LOL.

smart life untuk konek bardi ir remote

5. Ya sudah. Kalau remot sudah berhasil terhubung, menunya akan muncul di dalam app Smart Life. Silakan diganti namanya kalau mau. Misalnya kita punya 2-3 remot infrared tentu kita harus punya nama khusus ya.

6. Selanjutnya, masih dari aplikasi, masuk ke device remot yang sudah ada di app kita, dan klik “Add Remote Control”. Di dalam menu itu ada banyak “device type” yang bisa kita pilih, seperti: STB, TV, AC, TV Box, Fan, DVD, Lampu, sampai Camera. Langsung saja klik pada device yang mau ditambahkan. Contohnya kalau kita mau menambahkan TV merk Samsung, maka masuk ke menu TV, Samsung, dan ikuti petunjuknya. Tidak terlalu sulit, kok. Ketika menunya muncul, user akan diminta untuk memastikan bahwa remot TV-nya punya lebih dari 4 menu (tombol) dengan yang ada di menu remot IR. Ceklak ceklik, udah.

aplikasi smart lifeNanti devices yang sudah berhasil dihubungkan akan muncul di halaman Home. Bisa diperintah dengan Siri, Google Assistant, atau Alexa. Saya tadi sudah coba konek ke Alexa tapi memang belum mencoba menggunakan. Kalau pakai Siri sudah dicoba tadi. 

Tak butuh waktu lama sudah otomatis berfungsi dan kita bisa pakai untuk meremot semua barang-barang di rumah kita yang mau kita hubungkan. Yang penting adalah, selama remote infrared ini tetap terhubung dengan internet, maka tetap bisa diakses.

Ada juga menu Automation dari dalam aplikasi ini, dimana kita juga bisa mengatur agar perangkat di rumah bisa menyala otomatis. Tinggal masuk ke menu “Smart” dan buat pengaturan yang diinginkan. Misalnya kita ingin agar kalau udara sedang sangat berawan, maka AC akan otomatis menyala. Ini udah saya coba dan berhasil.

Atau bisa juga diatur untuk kebutuhan saat device Leave or Arrive. Jadi kalau kita lagi jalan pulang dari mana gitu dan rasanya capek banget pengen kena AC, maka kita bisa mengatur agar AC otomatis menyala saat kita sudah hampir dekat rumah gitu. Saya sudah atur untuk jarak 200-300 meter tapi belum dicoba soalnya belum keluar rumah.

Nah, jangan lupa kalau remot ini harus diletakkan di tempat yang terbuka dan tidak ada halangan infrared. Yang sekarang ini saya diletakkan di ruang keluarga. Saya sudah hubungkan ke 1 TV, 2 AC, 1 STB, dan 1 Kipas.

memulai smart home dengan bardi ir remote

Jadi itulah pengalaman dan review saya menggunakan remot infrared Bardi Smart IR Remote. Menurut saya, rekomen sekali kalau kita mau mencoba menggunakan teknologi smart home di rumah dengan remotr IR ini, kecil, canggih dan harganya pun terjangkau. Kalau kalian mau beli produk Bardi, silakan klik banner di bawah atau link ini, Bardi Smart Home.

Berikutnya mungkin saja saya akan mencoba menggunakan produk pendukung smar home lainnya. Lagi cek-cek nih. 🙂

Kalian ada pengalaman juga gak? Share yaa…

-ZD-

Sharing is Caring

by

About Zizy Damanik Passionate in travel, photography, and digital content. Drop your email to admin@tehsusu.com to collaborate.

9 thoughts on “Memulai Smart Home dengan Bardi Smart IR Remote

  1. Pingback: Pengalaman Menggunakan Robot Pembersih Ecovacs Deebot Ozmo 950 — matriphe! personal blog

  2. Pingback: Nyobain Lampu Ajaib Bardi Smart Light Bulb 9W RGBWW | Life & Travel Journal Blogger Indonesia

  3. Pingback: Video Review Bardi Smart IR Remote | Life & Travel Journal Blogger Indonesia

  4. Zam

    Bardi ini salah satu merek perangkat Smart Home ternama. aku malah tahunya dari lampu pintar yang bisa diatur melalui aplikasi (semacam Philips Hue).. ternyata punya perangkat beginian.. ?

    menarik sekali ini universal IR remote-nya.. mengubah perangkat tidak pintar menjadi pintar.. secara teknis aku sepertinya paham bagaimana ini perangkat bekerja, tapi menghubungkannya ke perangkat IoT, ini sungguh cerdas! ?

    bisa terhubung ke Google Assistance, Alexa, atau Siri, ini lebih oke lagi.. tinggal teriak, “aduuh.. gerah, nih!” tiiitt.. AC/kipas angin menyala.. ?

    • Zizy Dmk

      Hahaha ya kan? Menarik nih. Sy lihat di webnya banyak sekali perangkatnya Bardi. Ada smart plug juga, terus ada kamera cctv juga.

    • Hi Kak, ada tambahan info lagi nih. BARDI Smart IR Remote ini bisa dikombinasikan dengan produk BARDI lainnya loh kak. Misal, kakak punya BARDI Door Sensor juga, saat kakak membuka pintu, tv dan ac kakak bisa otomatis nyala ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *