18 Aplikasi yang Harus Dimiliki Setiap Ibu

Pentingnya peran ponsel buat sebagian dari kita tentu lebih dari sekadar bermain game dan membuka media sosial, tapi juga mengelola segala detail apa kebutuhan sehari-hari. Hebatnya dunia digital memang membuat setiap orang mau tak mau jadi tergantung pada ponselnya, meskipun sebenarnya fine-fine saja kalau bisa mendukung produktivitas.

Pasti banyak di sini ada yang seperti saya, jangan sampai keluar rumah terus ponsel ketinggalan! Di dalam ponsel saya ada banyak aplikasi penting yang memang saya pakai sebagai penyelamat, dalam hal apa saja. Mulai dari membuat perencanaan, mengetahui apa yang dilakukan keluarga minggu ini, mencatat pengeluaran, sampai untuk urusan senang-senangnya mamak. Berikut adalah rekomendasi aplikasi yang wajib ada di dalam ponsel setiap ibu. Cekidot!

APLIKASI YANG HARUS DIMILIKI SETIAP IBU

Buat kebugaran

Orang bilang, nonton saja di YouTube kan banyak. Tapi bisa makan kuota internet lumayan kan itu. Aplikasi 30 Day Workout at Home boleh juga dicoba buat yang berolahraga kapan saja dan di mana saja tanpa peralatan Dan ini hanya butuh 7 menit saja. Tujuh menit yang menyiksa kadang-kadang, LOL.

Mengelola keuangan dan bayar tagihan

Di ponsel saya ada Money Lover (Android dan iOS). Aplikasi ini bisa membantu mengelola keuangan, membuat anggaran melacak pengeluaran. Kemudian untuk urusan bayar tagihan, saya pakai OVO, saya yakin ini semua sudah pada tahu ya. Promo dan diskon cashbacknya banyak, jadi ini memang jadi andalan buat saya.

Promo dan diskon untuk belanja hemat

Fave.

Fave (dulu adalah GroupOn Indonesia) adalah salah satu layanan dengan pilihan penawaran diskon terbanyak yang dapat kita manfaatkan setiap saat mau berbelanja. Potongan harga makanannya banayk banget, sangat membantu buat kita yang mau makan enak dan hemat.

OVO dan Grab.

OVO

Seperti tadi di atas saya bilang kalau mau bayar-bayar tagihan maka saya pakai OVO. Kemudian yang paling bikin hemat adalah OVO ini sering sekali kasih cashback saat kita belanja. Jadi saya yang memang suka belanja di Tokopedia, atau naik taxi online di Grab sangat terbantu dengan banyaknya cashback ini. Kalau cashback sudah banyak, ya dipakai lagi untuk belanja atau beli jajanan.

Kalau Grab saya pakai untuk mendapatkan potongan diskon saat pesan delivery makanan, dan juga untuk kebutuhan transportasi. Dulu saking seringnya ke kantor pakai taxi online, bonus poin sampai banyak dan kemudian ditukar lagi jadi potongan bayar taxi atau untuk pesan makanan.

Shopback.

Ini juga aplikasi yang banyak memberikan cashback untuk belanja, jadi sangat membantu buat kita bisa hemat. Jadi sebelum berbelanja di e-commerce, bisa cari promo cashback di sini.

Aliexpress

Suka belanja barang-barang unik yang tidak ada di Indonesia, atau cari barang untuk dijual lagi di sini, maka aplikasi ini perlu ada di dalam ponsel. Yang menarik dari Aliexpress adalah selain lengkap dan banyak merchant, seringkali ongkos kirim juga gratis, meski dikirimnya tentu lama, bisa 30 hari, karena dikirim dari China.

Konsultasi dan pembelian obat

Satu aplikasi yang sangat membantu adalah aplikasi K24Klik (Android dan iOS). Aplikasi ini melayani pembelian obat selama 24 jam. Buat yang pakai resep tinggal upload foto resep, kemudian obat bebas atau vitamin bisa dipilih sendiri. Metode pembayaran juga beragam, mulai dari pakai GoPay, OVO, transfer bank hingga kartu kredit. Saya selalu mengandalkan aplikasi ini untuk kebutuhan sakit yang mendadak, seperti demam atau batuk pilek.

Produktivitas dan jadwal

Ibu yang bekerja pasti sering harus mengecek pekerjaan secara mobile. Google Docs dan Google Sheets wajib ada di ponsel. Kemudian Google Calendar juga penting, terutama buat ibu yang saat ini juga harus tahu agenda kegiatan anak sejak school from home. Cukup koneksikan dengan akun sekolah anak, dan kita bisa melihat kegiatan sekolah serta tugas secara lengkap di Google Calendar.

Belanja grocery

Ini sangat penting, karena sejak pandemi kita tentu tidak seleluasa dulu keluar untuk belanja. Saya biasa menggunakan aplikasi Happy Fresh atau kalau dari Grab, ada menunya GrabFresh. Tinggal pilih dan masukkan keranjang, nanti di lokasi ada shopper yang membantu membelanjakan, dan belanjaan juga diantar ke rumah.

happy fresh

Aplikasi OTA

Tak perlu bingung kalau mendadak bisa liburan dengan keluarga. Tinggal cari di OTA, tiket pesawat, tiket kereta api, tiket tempat wisata, penginapan, sampai mobil rental. Traveloka dan PegiPegi bisa diinstall di ponsel para ibu.

Gaming

Menghilangkan penat setelah seharian kerja? Install Candy Crush di ponsel. 🙂

Edukasi

Aplikasi ini biasanya berkaitan dengan tugas sekolah dan nilai anak. Photomath adalah aplikasi belajar matematika yang bisa membantu ibu menemani anak belajar, lalu ada Quintal, aplikasi yang melaporkan nilai akademik serta kalender sekolah anak selama tahun ajaran.

-ZD-

Sharing is Caring
  • 3
    Shares

by

About Zizy Damanik Passionate in travel, photography, and digital content. Drop your email to admin@tehsusu.com to collaborate.