Melatih Rasa Bersyukur Demi Hidup Lebih Baik

Spread the love

Melatih Rasa Bersyukur Demi Hidup Lebih Baik

Namanya juga manusia biasa, rasa tidak puas akan selalu ada. Semua orang ingin lebih, ingin yang terbaik, dan selalu ada orang lain atau sesuatu yang lebih baik. Adalah sifat manusia saat kita selalu membandingkan pencapaian dan kesuksesan dengan orang lain. Kita diajarkan bahwa dalam hidup ini ada hal-hal yang lebih baik sehingga tujuan hidup kita pun diisi dengan mencari hal-hal itu.

Dan, tak dipungkiri hidup juga jadi berkurang nikmatnya. Hidup menjadi penuh dengan kecemasan, ketakutan, kesedihan, dan berujung pada depresi. Seringkali kita merasa apa yang dimiliki tidak pernah cukup. Rasanya tidak pernah puas.  Lalu bagaimana agar kepuasan itu ada? Mengembangkan rasa puas diri tak akan bisa dilakukan tanpa adanya rasa syukur.

Baca juga: 7 Cara Jitu untuk Membuat Hidup Lebih Bahagia

Di artikel ini, kami akan membahas tentang cara mengamalkan rasa syukur secara rutin dan bagaimana manfaat yang didapatkan untuk hidup.

Bersyukurlah untuk setiap hal kecil dan hal besar

Mempraktikkan rasa syukur adalah sesimple kita meluangkan sedikit waktu untuk berhenti sebentar dan merenungkan hal-hal yang bisa kita syukuri tiap hari, baik yang berwujud atau tidak, besar maupun kecil. Mendapatkan kenaikan gaji, atau mendapat pujian dari guru atas presentasi yang disiapkan semalaman, hingga hal-hal kecil seperti mendapatkan kiriman makan siang gratis.

Manfaat positif dari mempraktikkan syukur secara teratur

  1. Membebaskan kita dari rasa emosi yang beracun 
  2. Meningkatkan skor kebahagiaan
  3. Meningkatkan kesejahteraan
  4. Membantu memotivasi diri agar dapat bekerja lebih giat
  5. Membantu kita menjadi lebih optimis dan merasa puas dengan kehidupan

Cara Mempraktikkan Syukur

Ada beberapa cara untuk mulai menumbuhkan rasa syukur di dalam hidup.

Bikin jurnal tentang syukur

Setiap hari, tuliskan apa saja hal yang membuat kamu berasa bersyukur. Bisa dengan jurnal digital atau jurnal fisik, jadikan itu sebuah kebiasaan agar suatu saat kita bisa membaca dan mengingat ada berapa banyak syukur yang pernah didapat. Bila kamu mencari aplikasi yang bisa membantu menuliskan jurnal, coba Gratitude: Journal & Reminders.

gratitude journal

Mengirimkan rasa terima kasih kepada seseorang

Penelitian yang dilakukan oleh Barkeley.Edu menunjukkan bahwa ketika kita rutin mengirimkan ucapan terima kasih baik itu surat atau pesan teks, maka dampaknya luar biasa pada kesehatan mental kita. Kamu tentu sering merasakan dampak positif atas hadirnya seseorang dalam hidup kita, maka luangkanlah waktu dengan mengirimkan rasa terima kasih padanya. Bukan hanya diri kamu yang akan merasa lebih baik, tapi begitu juga dengan si penerima.

Meditasi

Meditasi adalah cara yang baik untuk mempraktikkan rasa syukur, ini adalah tentang memusatkan perhatian pada saat ini. Saat bermeditasi, fokuslah pada hal-hal pada saat tertentu yang kamu hargai dan membuat kamu merasa nyaman seperti hangatnya matahari, suara laut yang menenangkan, keheningan, dll.

Manfaat mensyukuri apa yang ada saat ini, besar ataupun kecil, mungkin tidak bisa cepat dan instan dirasakan. Mulailah dengan tiga cara di atas, dan ingatlah apa yang kita tulis di atas tadi, bahwa mengembangkan kepuasaan tidak mungkin berhasil bila kita tidak juga menggandeng rasa bersyukur.

Yuk. Apa yang sudah disyukuri hari ini?

by

Hello, I'm Rina. 20-something, a dreamer and a writer-wannabe/ Currently I am trying to pursue my dream of becoming a true traveler

One thought on “Melatih Rasa Bersyukur Demi Hidup Lebih Baik

  1. Pingback: Yang Kami Lakukan Sore Ini | | Life & Travel Journal Blogger Indonesia

Comments are closed.