Saatnya Improve Pengelolaan Uang di Tahun Baru

Manajemen keuangan artinya tentang bagaimana memiliki rencana, untuk mengelola uang dengan baik, baik keuangan pribadi, ataupun bisnis. Termasuk pula urusan budgeting dan mencatat setiap pengeluaran.

Berikut adalah tip yang mungkin bisa membantu pembaca untuk terbiasa dengan pengelolaan keuangan di tahun baru ini:

Pengelolaan keuangan di Tahun Baru

Penganggaran

Membuat anggaran akan membantu kita memahami berapa banyak yang dihasilkan dan berapa banyak yang dikeluarkan, sehingga bisa tahu bagian mana yang sebenarnya bisa dihemat atau bagian mana yang paling banyak menghabiskan uang. Setiap awal tahun artinya harus membuat pencatatan anggaran baru lagi.

Membuat anggaran akan membantu kita untuk dapat hidup sesuai kemampuan dan memastikan kita selalu memiliki uang yang disisihkan untuk tagihan penting yang harus dibayar. Sekarang ada banyak aplikasi keuangan yang bisa diundh untuk membantu membuat anggaran setiap bulan. Namun bisa juga menggunakan catatan manual bila dirasa lebih mudah. Jadi semua pengeluaran yang harus dibayar setiap bulan hingga uang yang ingin dihemat, sertakan semua di dalam rencana pengelolaan anggaran.

Cari tambahan pendapatan

Bila mulai ada keinginan untuk menabung dan meningkatkan pendapatan yang akan membantu kita mencapai tujuan dalam hidup, maka ini bisa jadi momen yang tepat untuk mulai menghasilkan lebih banyak uang. Bila karir saat ini belum terlihat positif dapat meningkatkan pendapatan dari kenaikan gaji, pertimbangkan mencari penghasilan tambahan dari pekerjaan sampingan. Sebenarnya pendapatan tambahan bukan solusi utama bagi kita dalam mengelola keuangan, tapi jelas menghasilkan lebih banyak uang akan membantu kita mencapai tujuan jangka panjang yang mungkin mulai tercatat dalam anggaran yang dibuat.

mengelola keuangan

Usahakan mengurangi utang

Utang jelas merupakan sesuatu yang harus diperhatikan bila ingin mengelola uang dengan lebih baik. Buatlah rencana untuk mulai melunasi utang, baik itu utang kartu kredit atau kredit mobil. Hindari berutang untuk barang-barang tersier yang tidak terlalu penting, kecuali itu memang menjadi bagian dari barang yang menunjang produktivitas kita dan bisa diperhitungkan akan lunas dalam waktu singkat.

Semakin cepat kita dapat melunasi semua utang kita, semakin baik bagi kesehatan keuangan. Baru terima bonus tahunan? Gunakan sebagian untuk melunasi utang sekaligus.

Cari bantuan profesional

Bila pembaca ternyata sudah mulai punya pundi-pundi tabungan yang cukup dan ada pikiran untuk berinvestasi, bolehlah mencari bantuan penasihat keuangan yang bisa membantu untuk mempraktikkan pengelolaan uang yang baik. Dalam hal ini sekali lagi, pastikan mencari penasihat keuangan yang bukan sales asuransi, karena akan berbeda cara pandang dari mereka yang hendak menjual produk keuangan dengan kita yang sedang berpikir bagaimana melakukan investasi.

Bantuan profesional di sini sebenarnya juga termasuk dalam hal bila kita sedang mencari solusi pembiayaan untuk bisnis. Sekali lagi, hindari berutang untuk barang-barang fancy.

Selalu catat apa yang dibelanjakan

Pesan makanan online, jajan kopi, beli makanan kucing, tip untuk tukang sampah, meski kecil-kecil semua harus dicatat. Tujuannya agar kita bisa mengetahui tren belanja kita seperti apa. Dengan demikian kita bisa sadar saat melihat catatan pengeluaran, oh ternyata meski gaji saya besar tapi saya juga belanjanya banyak sehingga hanya sedikit yang tersisa untuk ditabung.

Itulah gunanya membuat catatan anggaran seperti disampaikan di awal, dengan demikian kita bisa melihat tren pengeluaran seperti apa, sehingga bisa membantu kita menyisihkan uang untuk tujuan tertentu.

Akhirnya…

Karena ini masih awal tahun maka ini adalah saat yang tepat untuk merefresh kembali cara mengelola keuangan kita. Tips di atas bisa dipakai untuk memulainya. Mulai dari membuat anggaran, melacark pengeluaran, mencari pendapatan tambahan, dan kurangi utang. Semoga bermanfaat.

 

Sharing is Caring
  • 1
    Share

by

About Zizy Damanik Passionate in travel, photography, and digital content. Drop your email to hello@tehsusu.com to collaborate.

2 thoughts on “Saatnya Improve Pengelolaan Uang di Tahun Baru

  1. Pingback: Tips Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Menyewa Apartemen | Life, Parenting & Travel Journal Mommy Blogger

  2. Pingback: 7 Kebiasaan Buruk Yang Bisa Mengganggu Keuangan Kamu | Life, Parenting & Travel Journal Mommy Blogger

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *