5 Tips Memilih Kitchen Set Minimalis Agar Dapur Jadi Lebih Cantik

Mungkin memiliki dapur yang luas tidak lagi menjadi pilihan sebagian orang, karena memperhitungkan aspek ukuran rumah dan kebutuhan lainnya. Namun tentunya siapapun ingin agar dapurnya bisa mendapatkan kesan cantik, resik, rapi dan bersih, sehingga banyak orang yang mulai lebih serius dalam menentukan layout dan desain kitchen set minimalis agar bisa memenuhi kebutuhannya secara menyeluruh.

Sedikit cerita dari pengalaman saya, saat pertama kali kami pindah ke rumah ini, hal pertama yang menarik perhatian saya adalah kitchen set yang berada di dapur kering, dan kitchen set lain di dapur belakang. Ini memang best practisenya bila kita memiliki ruangan yang cukup di rumah. Jadi ruang memasak ada di belakang, dan ruang dalam untuk ruang menyimpan makanan jadi.

Namun ketika kemudian diminta membangun dapur di apartemen yang notabene luasnya mungkin sama dengan luas kamar di rumah, bagaimana?

kitchen set untuk mempercantik dapur

Dalam tahap ini perlu memperhatikan dan memperhitungkan berbagai hal, karena dapur tidak hanya menjadi tempat memasak juga. Namun, kitchen set minimalis yang akan Anda bangun ini bisa menjadi tempat penyimpanan beberapa kebutuhan dapur terkait peralatan dan perlengkapannya. Nah, bagaimana untuk bisa menyesuaikannya? Yuk kita bahas bersama-sama, sebagian tips di bawah ini pun saya terapkan saat membangun kitchen set di unit apartemen.

Tips Memilih Kitchen Set Minimalis

1. Lihat Desain dan Modelnya 

Terkadang barang minimalis itu harus banyak penyesuaian dan membutuhkan kejelian untuk mendapatkan dapur yang sesuai. Dengan demikian Anda harus benar-benar mampu dalam melihat desain dan modelnya, karena apabila Anda salah dalam menentukannya akan ada banyak dampak yang akan terjadi kedepannya.

Tahap pertama kali yang harus benar-benar diperhatikan itu melihat desain dan modelnya dengan tepat, jika salah akan mengganggu pandangan dan tidak menarik lagi. Sesuaikan bentuk rumahnya dahulu dan konsep yang diinginkan, apalagi saat ini ada banyak beberapa varian model yang diberikan, sehingga Anda harus bisa menyesuaikannya.

2. Bahan yang Digunakan 

Kitchen set itu dibuat dari berbagai pilihan bahan, beberapa material ini mempunyai beberapa kelebihan dan kekurangan antara satu sama lainnya. Jika Anda memilih bahan yang memiliki kualitas yang tinggi, maka harga yang diberikan pun bisa berbeda jauh dan lebih mahal dibandingkan dengan pilihan bahan yang lainnya. Ini jelas.

Untuk referensi saja, bahan-bahan yang sering digunakan untuk pembuatan kitchen set itu ada beberapa pilihannya. Mulai dari kayu solid, partikel papan, aluminium, dan ada juga yang menggunakan bahan dari plywood. Pastikan Anda memilih bahan untuk kitchen tersebut berdasarkan modal yang dimiliki, jika punya anggaran besar bisa mencari yang terbaik.

pemilihan bahan saat membangun kitchen set

3. Menentukan Warna 

Untuk kitchen set minimalis di rumah itu memang harus bisa memilih dan menentukan warna yang tepat agar dapur yang kecil itu bisa lebih maksimal dan tampil menarik. Tentukan saja warna untuk kitchen set yang Anda miliki itu sesuai dengan tema yang telah Anda pilih berdasarkan interior yang ada pada dapur.

Jika Anda belum mempunyai gambaran yang tepat mengenai warna tersebut, mungkin memilih warna putih saja, karena terbilang paling aman dan dapat dimodifikasi dengan beberapa peralatan dapur yang warna-warni nantinya. Oleh karena itu, apabila ingin maksimal Anda bisa melihat beberapa katalog terlebih dahulu agar mendapatkan warna yang pas untuk kitchen set.

tata letak kitchen set minimalis

4. Ukuran Kitchen Set Dan Dapur 

Menentukan kitchen set untuk dapur yang kecil atau minimalis itu memang butuh trik-trik khusus agar tepat dan tidak salah dalam memilihnya. Apabila terlalu besar ditakutkan tidak pas dengan ruang yang ada, sehingga memang harus jelas dan disesuaikan menyeluruh. Sehingga hasilnya dapat optimal dan maksimal. Nah, setelah mengetahui ukuran yang tepat, maka tips berikutnya akan sangat berpengaruh, karena tujuan kita adalah agar dapur yang hanya seadanya dapat terlihat lebih luas dan lega.

5. Tata Letak 

Ada banyak pilihan untuk kitchen set saat ini, tentu Anda harus memperhatikan mengenai tata letak yang dibutuhkan. Dengan demikian beberapa peralatan dan perlengkapan terkait dapur Anda tersebut bisa maksimal dan tidak hanya hiasan semata. Oleh karena itu, pahami letak-letak yang diinginkan, nantinya tinggal disesuaikan saja.

Nah, demikianlah tips lengkap mengenai kitchen set minimalis yang bisa Anda pilih ke depannya, sehingga sebelum memasang dan membelinya Anda dapat memahaminya terlebih dahulu agar tidak salah. Saat ini ada banyak penyedia jasa mendesain dan membangun kitchen set langsung di rumah, Anda bisa browsing dan mencari mana yang cocok, tentunya dengan menerapkan tips-tips di atas. Coba cek Dekoruma atau situs sejenis untuk rekomendasi ya.

Jangan ragu membagikan postingan dengan PIN gambar ini, terima kasih!

tips memilih kitchen set minimalis

-zd-

Sharing is Caring
  • 2
    Shares

by

About Zizy Damanik Passionate in traveling, photography, and digital content. I have a professional experience as a digital marketer and social media strategist at Telco and OTT. Drop your email to zizydamanik22@gmail.com to collaborate.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *