5 Cara Terbaik untuk Menjaga Privasi Online

Selalu ada banyak alasan baik kenapa kita harus menjelajahi internet secara privat. Menjadi anonim saat online bisa mencegah peretas, dan penjahat dunia online umumnya tidak menargetkan pengguna dengan jejak digital minim.

Selain itu, ini juga membantu menghindari iklan-iklan bertarget yang memang membaca gaya pengguna berinternet. Misalnya, bila Anda berbelanja handphone baru secara anonim, Anda tidak akan terkena rentetan popup atau iklan banner yang mengiklankan ponsel.

Keuntungan lainnya bila menjelajah internet secara privat adalah, lumayan bisa berhemat secara finansial Contohnya, suka ada banyak situs belanja yang memberi reward pada pengunjung yang baru pertama kali mengunjungi situs seperti diskon besar. Apalagi kalau kebetulan Anda berencana liburan bersama keluarga, teknik anonim saat berselancar bisa dilakukan karena mungkin saja Anda ditawari tarif terendah karena situs maskapai tersebut tidak memiliki catatan visit dari Anda sebelumnya. Sebaliknya, maskapai suka menaikkan tarif pada pengunjung yang sudah keluar, lalu kembali.

menjaga privasi saat online

Begini caranya agar bisa tetap menjelajah secara privat:

#1 Internet Anda Terhubung dengan VPN

Cara yang bagus untuk menjelajah internet secara privat adalah terhubung dengan VPN (Virtual Private Network). VPN membantu mengenkripsi data Anda dan mengamankan informasi pribadi Anda. Termasuk juga di dalamnya menyembunyikan alamat IP. Menggunakannya juga mudah, cukup mendownload VPN client hubungkan ke server VPN (posisi ON) dan Anda sudah bisa langsung berselancar.

Namun jangan menggunakan VPN versi gratis, versi gratis sangat rentan disusupi malware yang memang dirancang untuk melanggar privacy. Layanan VPN gratis diam-diam menyimpan informasi riwayat penjelajahan Anda untuk dijual ke pihak lain.

Cara terbaik untuk melindungi diri Anda saat berselancar online adalah dengan menggunakan VPN berbayar dari penyedia terpercaya yang mengamankan koneksi Wi-Fi Anda dan juga menawarkan uji coba gratis. VPN yang tepat mencegah pelacakan yang tidak sah dengan memberi Anda alamat IP virtual. Ini menggunakan teknologi terbaik untuk meningkatkan keamanan Anda dan menjaga privasi Anda. Selain itu, VPN yang tepat tidak akan mencatat data Anda.  

Demikian juga, pastikan untuk menggunakan perangkat lunak antivirus canggih dari perusahaan keamanan siber terkemuka untuk lapisan perlindungan tambahan. Perangkat lunak tersebut dapat melindungi Anda dari ancaman di email dan messenger Anda dan memperingatkan Anda saat mengunjungi situs web yang dicurigai.. 

#2 Menggunakan Incognito Mode di browser

Saat menjelajah internet dengan Apple Safari, Mozilla Firefox, Google Chrome, atau browser lain, gunakan mode privasi yang disediakan browser agar tetap bisa anonim. Mode ini menghapus cookie dan riwayat browser, mencegah situs web bisa melacak Anda.

Keuntungan lainnya juga menjaga agar aktivitas Anda tetap privadi dari orang lain yang mungkin saja berbagi komputer dengan Anda.

#3 Menghapus Cookie dan Riwayat Browsing

Anda mungkin tidak terlalu suka menggunakan incognito mode (mode privasi browser) karena untuk urusan pekerjaan Anda butuh untuk bisa cepat login setiap beberapa saat. Untuk pilihan ini, sebaiknya Anda membuat jadwal teratur untuk menghapus browsing history. Terutama bila Anda menggunakan komputer umum untuk membuka email atau media sosial, pastikan untuk selalu menghapus semua jejak aktivitas Anda untuk melindungi privasi Anda.   

#4 Gunakan Aplikasi Pesan Yang Terenkripsi End to End

Sekarang banyak aplikasi perpesanan yang populer, namun tidak semua menggunakan enkripsi full dari ujung ke ujung. Pilihlah hanya aplikasi terenkripsi, dengan metode ini akan menjaga komunikasi tetap aman dan mencegah pihak ketiga masuk di tengah-tengah pesan yang Anda kirim, dan menjaga anonimitas Anda juga. Ini salah satu tool yang berguna bila Anda sering menggunakan aplikasi perpesanan untuk bekerja.

#5 Jangan Membuat Kata Sandi yang Sama untuk Semua Akun

Baik untuk akses ke internet, membuka laptop atau ponsel Anda, hingga kata sandi untuk internet banking, jangan menggunakan kata sandi yang lemah dan sama untuk semua akun yang Anda miliki. Gunakan kata sandi yang panjang dan juga berbeda untuk setiap platform yang Anda pakai.

Tak mudah memang menjaga privasi di dunia online.

Ini adalah tentang bagaimana membiasakan diri dengan pikiran untuk selalu waspada saat berselancar di internet, dan juga tentang aplikasi dan software terbaik yang akan membantu Anda menjelajahi internet dengan aman, dan percaya diri.

-zd-

Sharing is Caring

by

About Zizy Damanik Passionate in traveling, photography, and digital content. I have a professional experience as a digital marketer and social media strategist at Telco and OTT. Drop your email to zizydamanik22@gmail.com to collaborate.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *