13 Rekomendasi Hadiah untuk Fotografer

Spread the love

Ada yang lagi nyari hadiah untuk temannya pecinta fotografi atau fotografer profesional? Saya baru bikin daftarnya nih. Selama ini di grup saya sama teman-temen kang foto kita suka membahas apa saja yang menarik untuk kita miliki dan bisa menunjang kegiatan motret. So, saya coba merangkum beberapa produk yang memang pasti bermanfaat buat fotografer.

Beberapa produk seperti mug lensa atau pajangan quotes tidak saya masukkan di sini ya, karena meskipun termasuk menarik dan cute, tapi yeah tidak termasuk pada benda yang benar-benar useful.

Yuk mari kita mulai.

female photographer

SanDisk SDXC Extreme

Kamera DSLR ataupun kamera digital high-end umumnya mengambil gambar dengan ukuran gambar yang besar. Karena itu, fotografer membutuhkan kartu memori dengan kapasitas lebih besar agar tidak perlu terlalu sering mengganti kartu saat proses pemotretan.

FOTOPRO X-Go Tripod

Setiap fotografer pasti membutuhkan tripod, sebab suatu saat nanti akan ada kondisi dimana fotografer butuh menstabilkan kamera ketika akan mulai mengambil titik fokus. Tripod juga akan sangat membantu ketika badan sudah cukup lelah memikul kamera dan lensa. Saran saya adalah hindari membeli tripod dengan kaki-kaki yang terlihat ringkih, pastikan yang dipilih yang bisa menopang kamera dan lensa dengan stabil. Sayangi kamera yaaa… jangan sampai jatuh gara-gara tripodnya gak kuat. Huhu…

National Geographic Bellybag

Fotografer mesti punya paling sedikit dua macam tas kamera yang disesuaikan dengan kondisi. Daripada membawa kamera di leher setiap saat yang bisa menyulitkan mobilitas  di tengah keramaian, National Geographic Bellybag jenis tas yang wajib dimiliki. Model tas ini memudahkan akses fotografer untuk mengambil kamera atau aksesoris, serta cukup gaya ya. Ada banyak merek tas kamera yang bisa dipilih, tapi saya biasa memilih yang saya sudah tahu kualitasnya dan juga disesuaikan dengan isi kantong.

natgeo belt bag

VANGUARD Veo Go 42 Black

Satu lagi tas yang perlu dimiliki fotografer adalah backpack kamera. Seiring berjalannya waktu, biasanya bukan hanya lensa yang bertambah, tapi perlengkapan lain seperti flash, led light, alat pembersih kamera, headlamp, sampai filter, dan suatu saat kita akan butuh membawa semuanya. Contohnya bila akan pergi dengan rombongan travel photography, atau ada pekerjaan harus memotret outdoor seharian. Tas ini bisa jadi pilihan, karena bisa sekalian masuk laptop dan tablet.

Smart Q Multi Card Reader

Meski sekarang kamera profesional terbaru sudah juga dilengkapi dengan kabel koneksi untuk langsung ke komputer/laptop, tapi ada sedikit hustle ketika kita harus memindahkan foto dari beberapa memory card. Mesti satu-satu pasang lepas ke kamera. Kalaupun pakai slot memory card di laptop, juga rata-rata hanya ada 1 slot (seperti laptop saya). So, yang terbaik memang menggunakan multi card reader.

smartq multi card reader

Flash Kit

Tidak ada solusi yang lebih baik selain flash kit untuk mengatasi problem saat memotret dalam kondisi low light, misalnya di dalam ruangan atau saat malam hari. Coba masukkan Godox Universal Flash ini dalam daftar barang yang mesti dimiliki fotografer.

LED Lighting

Flash kit memang salah satu andalan untuk mengatasi kondisi minim cahaya, tapi bila tidak cukup membantu, bisa pakai tambahan LED Lighting di kamera. Bentuknya pas sehingga bisa dibawa kemana-mana dan bisa masuk ke tas kamera apa saja, dan fleksibel juga untuk digunakan.

Memory Card Case

Seorang fotografer profesional pasti membawa banyak kartu memori, apalagi kalau dia bawa beberapa kamera atau harus melakukan banyak pemotretan. Aksesoris casing memory card terbukti berguna karena tidak ada yang mau memory cardnya berantakan di dalam tas kamera tho

Portable HD

Bila sudah selesai memotret, saatnya memindahkan foto-foto dengan file besar dari memory card ke Harddisk, karena tidak sebaiknya gambar-gambar disimpan terlalu lama di SD Card. SD Card bisa hilang karena terjatuh atau rusak (duh semoga tidak kejadian ya!), jadi sebaiknya amankan foto-foto keren langsung ke HD.

WD Portable HD

Lens Cleaning Wipes

Jangan pernah lupa membersihkan kamera atau lensa sehabis digunakan. Seringkali saat memotret kita merasa lensa bersih, tapi begitu dilihat hasilnya di screen besar, baru ketahuan banyak “jerawat”. Tisu pembersih lensa wajib dimiliki, karena bentuknya yang lembaran maka mudah untuk dibawa per kebutuhan saat pergi. Saya biasa pakai merek ZEISS untuk cleaning wipes.

KINGJOY Air Blower

Perawatan barang elektronik memang harus tepat, seperti rutin dibersihkan. Membersihkan body kamera dan lensa memang bisa menggunakan cleaning wipes, namun tisu tidak bisa membersihkan the whole camera. Itu sebabnya, fotografer wajib punya blower pembersih kamera yang dapat membantu membersihkan dengan mudah dan aman.

Power Bank dengan kapasitas besar

Sekarang, kamera DSLR dan kamera digital punya banyak fitur baru yang memudahkan fotografer saat mengabadikan momen, tapi sekaligus bisa bikin baterai kamera cepat habis. Akan sangat repot ketika sedang di luar dan tidak ada akses ke listrik kan? Power bank kapasitas besar akan sangat bisa diandalkan sebagai penolong sementara. Cari yang minimal 10.000 mAh.

Gorillapod Kit

Seperti tripod tapi ketika kakinya terbuat dari bulatan-bulatan yang bisa dibentuk, dibengkokkan bahkan menempel. Sesuai kebutuhan. Saya punya satu yang seperti ini dan memang fun banget kalau mau foto cepat pakai gorilla pod, karena dengan pakai ini kita bisa membuang segala macam rintangan yang ada dan juga bisa mengambil dari sudut yang berbeda. Sekarang juga sudah ada GorillaPod Magnetic untuk pilihan. Percaya deh, semua orang pasti suka kalau dikasih gorillapod ini!

So.

Itu dia ide-ide hadiah yang bisa diberikan kepada fotografer. Kalau mau menghadiahkan kepada diri sendiri pun kenapa tidak? Kabari saya via kolom komentar bila sudah tahu mau milih yang mana yaa…


Baca juga:


Salam,

-ZD-

When you buy through a link on our site, we can get an affiliate commission. That would be very helpful so that this blog continues to exist.

by

About Zizy Damanik Passionate in traveling, photography, and digital content. I have a professional experience as a digital marketer and social media strategist at Telco and OTT. Drop your email to zizydamanik22@gmail.com to collaborate.

One thought on “13 Rekomendasi Hadiah untuk Fotografer

  1. Pingback: Tips Memilih Kamera: Pocket, Mirrorless atau DSLR | Life & Travel Journal Blogger Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *