19 Foto Hitam Putih Yang Bisa jadi Inspirasi Buat Belajar Foto BW

Saat dulu sekali, ketika fotografi black and white menjadi satu-satunya fotografi yang ada, setiap fotografer akan berusaha mencari subjek, cahaya serta komposisi yang perfect untuk ditampilkan dalam gambar hitam putih mereka.

Sekarang, tentu saja kita semua tahu bahwa fotografi telah berkembang begitu pesat. Penuh dengan banyak warna, filter hingga efek-efek HDR. Namun, memutuskan untuk memotret subjek dalam monokrom black and white akan memberikan tampilan klasik dan abadi.

Kita ulik sedikit dulu ya tentang arti monokrom. Beberapa waktu lalu ada pembaca bertanya di artikel Belajar Memotret Human Interest “Apakah kalau memotret human interest harus monokrom?”

Saya menjawab pertanyaan ini dengan tidak harus hitam putih. Sebab fotografi adalah seni, seharusnya tidak membatasi siapapun dalam berimajinasi dan berkarya. Memang banyak yang suka memotret HI dalam foto hitam putih karena nuansa hitam putih ini membantu menghadirkan mood pada foto itu. Kembali pada monokrom. Monokrom artinya “hanya satu warna” yang secara terminologi berarti warna yang ditempatkan pada latar belakang netral. Jadi, gambar atau foto hitam putih, yang mana kita menempatkan hitam pada latar putih, termasuk salah satu jenis gambar monokrom. Jadi memang kalau pada fotografi, monokrom mengacu pada black and white. Tapi kalau kita browsing fashion monochrome, maka kita akan menemukan referensi-referensi yang akan kembali pada terminologi monokrom.


Baca juga:

  1. Hatiku Berkecamuk di Pasar Beringharjo
  2. Tips Memotret Tanpa Menggunakan Tripod

Fotografi black and white umumnya sangat populer untuk foto jurnalis, wedding hingga portrait, tujuannya untuk mengangkat kesan murni dan apa adanya. Sebelum seorang fotografer memutuskan memotret black and white (atau berwarna), dia sudah pasti punya alasan dan gambaran di dalam kepalanya kenapa dia harus memotret hitam putih dan kenapa tidak perlu merekam semua warna.

Belajar Memotret Foto Hitam Putih

19 Foto Hitam Putih Yang Estetis dan Dramatis ini Bisa jadi Inspirasi buat Belajar Foto BW

Susahkah memotret black and white? Apa rahasianya agar berhasil mendapatkan feel saat motret bw? Apa tips memotret foto hitam putih? So kali ini saya akan berbagi foto-foto black and white dari teman-teman fotografer yang suka memotret foto hitam putih. Setiap fotografer punya ciri sendiri, punya taste sendiri, dan punya mood yang mau mereka ciptakan sendiri. Karena itulah karya mereka di sini pun punya ciri yang berbeda. Lihat dulu fotonya, dan serap ilmunya. Selamat menikmati! Dan semoga mendapatkan inspirasi foto black and white.

Diah KusDew – Fotografer, domisili Jakarta

Bagi Diah Kus Dew, fotografi hitam putih menyimpan keeksotisan dan rahasia yang membuat setiap orang yang melihat terbawa dengan mood yang ada. DKD, demikian mamak satu anak ini biasa dipanggil, saat ini memang sedang sangat tertarik dengan fotografi black and white.

“Gue jatuh cinta sama foto black and white karena kita dapat menampilkan POI tanpa terdistract oleh warna. DKD.

Horse Black and White Photography

Foto Hitam Putih Human Interest

Foto Hitam Putih Human Interest

Foto Hitam Putih Kuda di Bromo

Leo Nugraha – Fotografer, domisili Jakarta

Sebagai fotografer profesional, Om Leo demikian dia biasa dipanggil, punya pengalaman bertahun-tahun yang menjadikannya kaya akan teknik dan improvisasi yang mumpuni. Dia tidak mau membatasi dirinya untuk hanya terpaku pada tema yang populer, termasuk pula ketika memotret foto hitam putih. Karena itu di foto-foto berikut ini, kita bisa melihat bagaimana Om Leo merekam macam genre, mulai dari wedding photography, portrait, fashion, street, hingga arsitektur dalam balutan black and white photography.

Kemampuannya menguasai lighting menjadikan setiap foto yang keluar dari kameranya tegas berdimensi. Cek portfolio Leo Nugraha.

“Yang menarik dari black and white photography itu adalah ketika subyek yang kita foto bisa menghasilkan sebuah karakter yang kuat dan dominan.” Leo Nug.

black and white photography

black and white photography

Street Photography Black and White

Black and White Photography

Architectire Black and White

Foto Hitam Putih Prewed

Foto Hitam Putih Wedding

Fashion Black and White

Aloysius Hermawan @bapake_maheswara – Fotografer, domisili Bekasi

Tak banyak fotografer yang bisa konsisten dengan foto hitam putih di feed Instagramnya. Namun Opa Aloy, demikian panggilan akrabnya (sebab konon doi sudah hidup ratusan tahun, sejak jaman Belanda. LOL),  adalah seorang yang saya kenal sangat konsisten menghadirkan gambar-gambar black and white yang indah juga dramatis.

Berangkat dari kecintaannya pada street photography dan human interest, Opa Aloy  sangat piawai menangkap momen dan emosi dari objek yang difoto. Boleh saja diadu hunting foto bersama di tempat yang sama, dan lihat siapa yang kembali dengan hasil dan emosi yang berbeda. Tentu saja Opa Aloy.

“Kenapa harus black and white? Foto hitam putih selalu bisa menciptakan kedalaman emosi bagi orang lain yang melihatnya. Buat saya foto hitam putih itu bisa disebut berhasil bila bisa menangkap karakteristik objek, dan emosi dari objek itu sendiri.” Aloysius.

rahasia foto hitam putih yang dramatis

foto hitam putih yang dramatis

black and white photography

black and white photography anak

black and white photography human interest

black and white photography animal

Tertarik untuk memotret black and white juga? Lalu bagaimana cara menguasai seni fotografi hitam putih ini? Ya latihanlah. Hahah. Berdasarkan pengalaman saya (meskipun saya bukan kang foto profesional) ada beberapa cara yang saya perhatikan dengan baik saat saya akan memotret hitam putih. Yang pertama adalah mengabaikan warna. Which is (at least buatku) gak gampang, sebab mata kita terbiasa tertarik pada sesuatu karena warnanya. Ibaratnya, kalau terbiasa memotret yang cantik-cantik, begitu dihadapkan pada pemandangan yang kurang oke alias plain di mata, langsung merasa gak tahu mau moto apa.

(Ini aku sih, kalau udah pergi landscape-an terus dapat awan dan matahari gak cetar. Suka mendadak bingung mau motret apa. LOL.)

Abaikan warna. Setelah itu baru mulai berteman dengan bentuk dan detail-detail. Detail bisa apa saja, misal kusen jendela, tangan keriput, tato, motif pada pakaian, sampai pada ekspresi atau gerakan dramatis yang dilakukan.

Kalau melihat foto-foto di atas, kita bisa lihat detail-detail apa saja yang ingin dihadirkan oleh para fotografer tersebut. Tekstur gedung, guratan wajah, jalanan yang basah, dan tentu saja jangan lupakan mood atau emosinya.

Setelah itu apalagi?

Perhatikan cahaya, kontras, dan gradasi.” Opa Aloy.

“Pahami karakteristik objek, dan perhatikan jatuhnya cahaya pada objek.” Om Le.

“Lihat momen dan pelajari cahaya.” DKD.

6 TIPS UNTUK MEMOTRET FOTO HITAM PUTIH

Baik kamu memotret model dengan pengaturan black and white tau memotret landscape hitam putih, catat dan ingatlah hal berikut ini ya:

1. Cari subjek yang menghasilkan kontras tinggi.  

Pikirkan foto dengan latar belakang teduh atau bukit yang gelap dengan langit yang cerah. Subjek seperti itu menawarkan kontras yang mencolok antara terang dan gelap, dan kontras itu akan bersinar dalam foto hitam putih yang menakjubkan.

2. Gunakan tekstur sebagai cara lain untuk menunjukkan kontras.  

 

Contoh. Kulit batang pohon yang terjal menawarkan tekstur yang kompleks dan pola visual bayangan cahaya. Bayangan dan pantulan bisa menjadi sangat mencolok dalam fotografi hitam putih, jadi menemukan tekstur yang kasar ditambah dengan bentuk sudut air atau jendela yang reflektif dapat menghasilkan kontras yang menarik.

3. Perhatikan sumber cahaya dalam memotret jalanan.  

 

Kunci memotret jalanan adalah perhatikan berbagai sumber cahaya seperti lampu depan, lampu jalan, lampu neon, dan tentu saja matahari yang dapat menembus ke dalam hasil foto kamu. Gunakanlah sumber cahaya ini untuk menangkap lingkup berwarna abu-abu yang berbeda.

4. Gunakan aperture kecil dan ISO serendah mungkin.

 

Memotret hitam putih harus menampilkan fokus yang tajam, konsisten, dan noise digital yang minimal. Bukaan kecil dan ISO rendah dapat membantu kamu mencapai tujuan tersebut. Kamu mungkin harus mengubah pengaturan kamera kamu jika memotret menggunakan lensa yang berbeda. Lensa yang sudutnya lebar tidak akan merespons kepada pengaturan kamera yang mana hal ini sama seperti lensa telefoto dengan depth of field yang dangkal.

5. Pergunakanlah Rule of Thirds.

 

Baik kamu yang memotret foto hitam putih ataupun berwarna, gunakan rule of thirds ini untuk mengarahkan mata ke elemen penting dalam foto. Rule of thirds membuat tiga garis horizontal dan tiga garis vertikal, terlihat di layar LCD kamera Anda. Titik di mana garis bertemu adalah tempat yang menarik, jadi tempatkanlah subjek pada salah satu titik tersebut, bisa juga di luar pusat ke arah kiri atau kanan foto.

6. Periksa histogram kamera kamu.

 

Setelah kamu mulai mengarah kepada subjek, kamera digital kamu dapat menampilkan histogram, yang merupakan representasi grafis dari nilai tone bidikan kamu.  Histogram dari foto dengan komposisi yang baik akan menunjukkan sebagian besar piksel berada jauh dari hitam dan putih paling ekstrem dari bidikan. Jika bidikan kamu sebagian besar berisikan ekstrem, kamu perlu menyesuaikan eksposur untuk mempertahankan detail pada hasil akhir foto hitam putih kamu.

Cara Menggunakan Filter Hitam Putih dalam Fotografi Digital

Baik DSLR maupun kamera di smartphone menawarkan filter monokrom skala abu-abu. Kamu dapat menemukan fitur ini di menu pengaturan bersama dengan efek foto lainnya. Dimungkinkan juga untuk memotret foto asli dalam warna, kemudian menerapkan filter hitam putih dalam pascaproduksi, tidak masalah dan tidak perlu ragu untuk bereksperimen. Saat ini pemrosesan fotografi digital telah mengalami peningkatan pada  titik di mana hampir tidak mungkin bagi mata telanjang untuk mengetahui apakah suatu gambar sudah melalui pospro atau memang diambil langsung dari kamera dengan menggunakan settingan atau film hitam putih.

So, which one of those pictures is your favourite? Selamat mencoba! Jangan lupa share artikel ini bila menurutmu bermanfaat.

Salam saya,

-ZD-


All pictures above are copyrighted by the photographer. If you want the picture, please contact me. 🙂
Sharing is Caring
  • 2
    Shares

by

About Zizy Damanik Passionate in travel, photography, and digital content. Drop your email to hello@tehsusu.com to collaborate.