World Photography Day 2020: Jepretan Favorit

Spread the love

World Photography Day 2020

Karena hari Rabu ini adalah World Photography Day 2020, saya coba menggali ke belakang, mencari foto-foto terbaik dan yang paling saya suka selama setahun terakhir ini.

Kegiatan pergi untuk memotret sempat berhenti selama pandemi Covid-19, meskipun saya tetap juga memotret di rumah, namun mood tak pernah sama tentu saja.

Tolong dicatat karena saya hanya fotografer amatir, maka beberapa sentuhan non profesional mungkin akan terlihat. Tapi kita memotret kan untuk merekam sebuah momen dan  cerita, jadi tentu saja pilihan ini dari kaca mata saya. Yang penting enjoy karena foto-foto ini adalah untuk meramaikan hari fotografi dunia yang jatuh pada tanggal 19 Agustus.

10 Foto Terbaik dan Terfavorit untuk meramaikan Hari Fotografi Dunia 2020

Animal Photography

Saya belum pernah sampai pada genre makro yang sebenarnya, karena terus terang saya tak tahan harus berjongkok mengintip dari balik kamera untuk membidik serangga kecil. Lensa khusus makro juga belum punya, jadi saya memanfaatkan lensa yang ada untuk memotret dua jenis pet di rumah: kucing dan ikan cupang!

Kucing

Memotret Neko atau ikan cupang sama sulitnya, karena saya harus menunggu sampai saat yang tepat untuk menjepret. Untuk memancing Neko, saya memanggil namanya dan menggunakan rumput di atas kamera. Jadi matanya akan mengikuti ke mana rumput itu bergerak.

Animal photography

Ikan Cupang

Sejak akhir Desember tahun lalu saya mulai suka memelihara ikan cupang alias betta fish. Punya beberapa warna dan corak, dan punya 12 ekor, tapi akhirnya masanya tiba dan sekarang hanya tersisa 5 ekor saja. Memotret cupang juga sulit dan cukup effort, lumayan pegel. Harus sabar menunggu sampai kannya rileks di dalam aquarium foto lebih kurang 10 menit baru kemudian dipancing dengan memasang cermin di salah satu sisi. Begitu ikan memutar badan bersiap untuk menyerang, saat itulah difoto. Kesabaran lumayan diuji ketika ternyata hasilnya tidak sesuai yang diharapkan, seperti kamera terlambat ngejepret dan misfokus. Pe-er selanjutnya adalah saat melakukan pospro. Well, PEER BANGET. LOL.

Betta Fish Photography

His name is Rubi

BETTA FISH PHOTOGRAPHY

It’s Meera

Landscape photography

Memotret landscape pasti bikin saya fresh kembali. Karena tahun ini hanya sempat keluar beberapa kali sebelum pandemi, so ini dia jepretan terbaik dan favorit saya. Semoga suka!

Nusa Penida Bali Indonesia

Nusa Penida Bali

Petani Majalengka

Lokasi: Terasering Argapura

Danau Toba Sumatera Utara

The one and only: DANAU TOBA

Lifestyle photography

Foto di bawah ini saya foto saat malam hari. Ketika itu kami berempat berkeliling Jakarta dengan MRT untuk memotret di stasiun-stasiun MRT Jakarta yang cakep. Modelnya adalah Dinda.

Night Photograpy Street

Kids Photography

Memotret anak juga favorit buat saya, karena cukup menantang, terutama memotret anak sendiri yang tidak sabar terus-terusan disuruh bergaya. Jadi antara kita yang sabar atau kita memang harus pintar-pintar mencari momen yang tepat.

Kids Photography

World Photography Day Children

Jadi itu dia beberapa foto hasil jepretan favorit saya ya.

Sempatkan untuk mampir membaca artikel photography di bawah ini:

  1. Kamera Terbaik untuk Travel Photographer Pemula

  2. Tips Memilih Kamera: Pocket, Mirrorless atau DSLR?

  3. Aplikasi Fotografi Terbaik untuk Travel Photography

  4. 19 Foto Hitam Putih Yang Bisa jadi Inspirasi Buat Belajar Foto BW

  5. Biar Hasil Foto Tetap Tajam Meski Tanpa Tripod

 

*all pictures are taken by me, including foto di Borobudur that shows my back:)

Salam,

-ZD-

by

About Zizy Damanik Passionate in traveling, photography, and digital content. I have a professional experience as a digital marketer and social media strategist at Telco and OTT. Drop your email to zizydamanik22@gmail.com to collaborate.

2 thoughts on “World Photography Day 2020: Jepretan Favorit

  1. Zam

    mantap sekali foto-fotonya, mbak! aku suka banget sama foto Terasering Argapuranya! aku dulu juga suka motret, tapi lebih suka motret pake ponsel. apalagi kalo ponselnya ponsel biasa yang kameranya ngga bagus-bagus amat, jadi makin tertantang karena kudu pinter nyari komposisi, warna, dan momen, dengan kemampuan seadanya. sempat rajin juga ngisi foto ke Instagram, bahkan sempat bikin kampanye 1 day 1 pic di IG yang memaksa saya untuk terus memotret setiap hari dan mengunggah ke IG untuk melatih mata fotografi. pas awal 2020 ini saya memutuskan stop, karena capek ?

    • Zizy Dmk

      Hahahaa… iya kemarin kami juga bikin challenge begitu, tiap hari motret, bebas mau pake hape or kamera yg penting kan moto. Tapi terus ya begitu…. lelah juga… LOL.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *