Kamera Terbaik untuk Travel Photographer Pemula

Spread the love

Saya termasuk sering mendapat pertanyaan tentang fotografi. Panduan memilih kamera adalah yang paling banyak dicari, dan saya juga tidak heran, ya! Sebagai fotografer yang belajar otodidak, saya pun tahu bagaimana rasanya benar-benar kewalahan dengan pilihan sebagai fotografer pemula.

Pusing gak sih melihat begitu banyak pilihan kamera di luar sana, dan sulit untuk memustukan mana yang layak untuk diinvestasikan sebagai kamera pertama.

Buat saya, Sony dan FUJIFILM adalah yang cocok buat saya. Namun kali ini saya akan membahas khususnya Fujifilm, saya sudah menjadi penggemar beratnya sejak beberapa tahun lalu, dan semua supporting gear FUJIFILM adalah sahabat setia travel photography saya. Sampai di sini, tentu ada pertanyaan, seri yang mana yang harus dipilih? Yeah, saya tidak akan membahas semua jenis Fujifilm X Series, tapi saya rasa FUJIFILM X-T20 sangat cocok untuk jadi rekomendasi kamera buat travel photographer pemula.

Kalau kalian adalah seorang traveler yang sedang mencari kamera mirrorless kelas menengah berkualitas tinggi, FUJIFILM X-T20 adalah investasi terbaik. Seri ini mungkin sudah lama keluar, tapi menurut saya tidak jadi masalah karena performanya memang baik.

Ini dia kamera mirrorless terbaik untuk pemula

Kamera terbaik untuk traveling

Kenapa FUJIFILM X-T20 sempurna buat traveling

Slim dan bisa masuk ke dalam tas

Alasan pertama, tentu saja karena bentuknya cukup slim dan ringan untuk dibawa traveling. Ini adalah syarat utama kamera buat traveler. FUJIFILM X-T20 juga memiliki bentuk kamera yang kokoh sehingga enak untuk digenggam baik untuk tangan wanita yang mungil sekalipun. Lensa zoom XC 15-45mm atau  Fujinon XF 35mm F2 adalah pilihan lensa dengan ukuran yang ringkas tapi powerfull. Kemampuan X-T20 secara umum bisa memenuhi yang kita harapkan dari DSLR yaitu puya jendela bidik dan fleksibilitas lensa, tetapi dengan harga dan ukurang yang jauh lebih ramah dompet dibanding DSLR.

FUJIFILM X-T20

Seperti pada foto di atas, foto anak saya ketika sedang mencoba menggunakan Fujifilm X-T20.

Dilengkapi dengan sensor teranyar

Kedua, spesifikasi pada FUJIFILM X-T20 adalah hampir identik dengan kakaknya FUJIFILM X-T2 namun mempunyai layar sentuh yang membuat traveler lebih praktis untuk menentukan fokus saat sedang malas membidik. Sedikit tentang seri X-T2, seri lawas ini memang sangat populer karena kemampuan bodynya yang tahan cipratan air, akan tetapi harganya termasuk mahal, itu sebabnya kemudian dikeluarkan versi kembaran dengan harga yang jauh lebih murah dibanding X-T2, dengan membuang beberapa part yang tidak terlalu dibutuhkan seperti body dengan weather sealing tadi, yang menurut saya ini benar. Sebab meskipun kamera kita punya body tahan cipratan air, saya rasa tak semua orang mau dengan sengaja memotret di bawah hujan deras, kecuali kalau menggunakan action cam.

X-T20 dilengkapi dengan sensor teranyar dengan resolusi 24,3 MP dan mempunyai autofokus yang sangat baik, which is ini adalah yang paling penting buat para traveler, mendapatkan fokus dengan cepat tanpa mengurangi kualitas hasil.

Kemampuan merekam Video 4K

Kadang-kadang foto saja tidak cukup untuk merekam semua perjalanan kita, ya kan? Menggunakan smartphone untuk merekam video, again  saya tidak terlalu suka melakukannya, sehingga kemampuan kamera untuk menghasilkan kualitas video yang baik adalah penting buat saya. X-T20 mampu merekam video dengan kualitas 4K, yaitu video dengan resolusi sangat tinggi sehingga gambar yang dihasilkan sangat hidup dan detil. Jelas cocok untuk mengambil klip-klip pendek selama traveling dengan kualitas yang pasti bagus.


Baca juga: 19 Foto Hitam Putih Yang Bisa jadi Inspirasi Buat Belajar Foto BW


Baterai tahan lama

Kelebihan lainnya adalah baterainya yang tahan lama, yaitu bisa mencapai 350 foto per-charge. Namun untuk ini, alangkah baiknya traveler juga menyediakan cadangan baterai untuk kebutuhan explore dalam sehari. Ada terlalu banyak momen dan pemandangan bagus yang harus direkam, kan? Jangan sampai mendadak habis baterai saat sedang memotret atau merekam video.

Punya Viewfinder yang memudahkan traveler memotret dengan segala angle

FUJIFILM X-T20 juga dilengkapi dengan viewfinder elektronik yang bisa bisa dimiringkan, sehingga memungkinkan kita untuk memotret di atas kepala atau juga dari bawah (low angle) dan seperti kata saya di atas, fitur touch screennya sangat . Tentu saja fitur lain yang sangat membantu adalah fitur touch screen yang menurut saya sangat helpfull saat kita sedang malas membidik secara manual. Tinggal menyentuh dan fokus otomatis pada objek yang mau difoto.


Baca juga: Biar Hasil Foto Tetap Tajam Meski Tanpa Tripod


Bisa langsung transfer ke smartphone

Penting kan ini? Kemudahan mentransfer foto ke smartphone melalui wi-fi juga jadi catatan penting kenapa seri X-T20 ini cocok buat traveler.

Kamera terbaik untuk pemula

Cari tahu lebih jauh tentang FUJIFILM X-T20 di sini!

Salam saya,

-ZD-

by

About Zizy Damanik Passionate in traveling, photography, and digital content. I have a professional experience as a digital marketer and social media strategist at Telco and OTT. Drop your email to zizydamanik22@gmail.com to collaborate.

2 thoughts on “Kamera Terbaik untuk Travel Photographer Pemula

  1. Pingback: World Photography Day 2020: Jepretan Favorit | Life & Travel Journal Blogger Indonesia

  2. Pingback: Aplikasi Fotografi Terbaik untuk Travel Photography | Life & Travel Journal Blogger Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *