7 Tips Agar Tetap Produktif & Memberi Kesan Positif Pada Bos Saat Bekerja Dari Rumah

Bekerja dari rumah memang menyenangkan, tapi sebenarnya tidak terlalu juga. Ada pro dan kontranya. Ketika saya pindah ke Bandung enam bulan lalu, saya terpaksa harus meninggalkan teman-teman saya di kantor kami saat ini, meskipun tetap bisa melakukan pekerjaan ini secara remote.

Secara pribadi saya merindukan beberapa rekan kerja saya yang saya anggap juga sebagai teman dan tim terbaik di kantor, kami biasa saling bercerita dan saling support. Dan kemudian saya menyadari bahwa saya harus belajar banyak tentang bertanggung jawab dan tetap produktif sehingga saya bisa percaya bahwa atasan dan tim saya juga bangga dengan saya yang bekerja dari jarak jauh.

7 Tips Agar Tetap Produktif Saat Bekerja Dari Rumah

Apakah bekerja dari rumah adalah normal bagi kalian? Berikut adalah 7 tips untuk membantu tetap produktif saat bekerja dari rumah, dan bisa membuat atasan terkesan. 

Tips Agar Tetap Produktif Saat Bekerja Dari Rumah

1. Pertahankan rutinitas pagi yang normal

Faktor yang menggoda tentang bekerja dari rumah mungkin adalah menyetel alarm sepuluh menit sebelum bangun dari tempat tidur dan membuka laptop. Terutama kalau kalian tinggal dan melajang sendiri. Menggoda, iya, tapi produktif? Tidak begitu banyak. Alih-alih, pikirkan faktor-faktor rutinitas pagi yang paling disukai atau yang membuat kalian merasa baik sepanjang hari.

Apakah kalian suka mendengarkan podcast yang memotivasi dalam perjalanan ke tempat kerja? Bangunlah cukup pagi untuk mendengarkan sebuah episode saat kalian berjalan-jalan di sekitar blok perumahan sebelum hari kerja dimulai. Atau kalian suka menantikan berita saat sarapan sebelum mulai kerja? Pastikan kalian memberi diri kalian waktu untuk membuat dan menikmati sarapan sebelum memulai hari. Apakah olahraga sebelum bekerja biasanya memberi kalian energi? Lakukan peregangan tubuh sebelum kalian duduk di depan laptop. Cobalah untuk memakai perawatan kulit pagi hari, minum segelas besar air campuran lemon, dan lakukan apa pun yang penting bagi kalian untuk merasakan yang terbaik di siang hari sebelum hari kerja dimulai. 

2. Berpakaian yang sesuai sebelum mulai bekerja

Saat tinggal di rumah, memang tidak terlalu nyaman untuk mengenakan celana kerja dan blazer, kecuali bila kalian memang harus hadir saat video conference, tentu blazer sangat disarankan. Tapi jangan memakai pakaian rumah sepanjang hari. Kalian yang menentukan sendiri ingin menjadi apa saat memulai hari kerja, dan sebuah perubahan dari penampilan akan sangat membantu. Sempurnakan dengan pakaian bagus yang nyaman, atau ganti dengan pakaian santai bila berencana untuk berolahraga di siang hari.

tetap produktif

3. Keluar dari kamar tidur

Tidak semua orang beruntung memiliki kantor di rumah yang kita miliki, tetapi kalian tetap perlu memberikan diri kalian ruang atau spot khusus yang merupakan “kantor” baru kalian, tidak peduli berapa banyak ruangan yang dimiliki. Bersihkan kotoran di sudut meja makan, dan letakkan laptop kalian di situ. Atau sediakan satu set meja kantor kecil samping sofa, kalau kalian ingin lebih nyaman, jadi saat ingin beristirahat, kalian tinggal meloncat ke sofa. Apapun yang terjadi, jangan bekerja di tempat tidur kalian. Tempat tidur hanya untuk tidur. Bekerja di tempat tidur akan membuat lelah, bahkan malah bisa melatih otak untuk mengasosiasikan tempat tidur dengan stres daripada relaksasi.

4. Ketahui kapan waktu paling produktif

jam produktif

Jika jam kerja dari rumah kalian fleksibel, ini berarti kalian akan mulai bekerja selama jam kerja kalian yang paling baik. Pertimbangkan jam mana dalam sehari kalian memiliki energi dan konsentrasi paling banyak. Bila dirasa jam paling produktif di pagi hari, jadi kalian bisa bekerja dari jam delapan pagi sampai jam tiga sore. Atau bila kreativitas terbaik datang di malam hari, jadi kalian bekerja dari jam dua siang sampai jam sembilang malam.

Namun, ini juga berarti bahwa waktu kerja hanya untuk itu: bekerja. Beristirahatlah saat kalian membutuhkannya, tetapi jangan terganggu oleh tugas pribadi seperti mencuci pakaian atau merapikan foto di folder. Pastikan tetap pada jadwal, dan komunikasikan dengan tim jam berapa  bisa saling terhubung.

5. Tunjukkan tanggung jawab 

Agar bisa membuat atasan terkesan, tunjukkan kepada mereka bahwa kalian bertanggung jawab, bahkan tanpa struktur seperti lingkungan kantor. Misalnya, tetapkan tenggat waktu untuk setiap pekerjaan, termasuk juga tenggat waktu kecil, yaitu tenggat waktu untuk pekerjaan-pekerjaan kecil dari satu project. Jangan membuang waktu, catat tugas yang kalian lakukan sepanjang hari (termasuk chit-chat dengan teman-teman di WA group. Memiliki pengetahuan tentang seberapa banyak kalian menghabiskan setiap hari dari menit ke menit akan membantu kalian mengidentifikasi kapan dan bagaimana kalian membuang-buang waktu. Beberapa waktu istirahat mungkin merupakan waktu rehat yang diperlukan untuk dapat membuat fokus kembali, namun hindari menggunakan waktu untuk menelusuri media sosial. Ini membuang-buang waktu, dan kalian pasti susah untuk berhenti.

6. Selalu menyediakan buku catatan dan pulpen

Salah satu keuntungan favorit saya bekerja dari rumah adalah ketika saya sendirian, lebih banyak ide muncul di kepala saya daripada jika saya di kantor dan fokus pada hal-hal lain. Pastikan kalian juga menyimpan buku catatan dan pulpen setiap saat sehingga kalian dapat segera menuliskan ide yang muncul di kepala atau mencatat jika kalian mendapat telepon tak terduga dari atasan atau rekan kerja. Percayalah pada kekuatan dari menulis dengan pulpen di atas kertas. Saya menemukan bahwa ingatan akan sesuatu lebih cepat masuk ke kepala saat menulis di atas kertas, dibandingkan menulis di dalam Notes atau Google Doc.

produktivitas

7. Tetap merawat diri saat kerja dari rumah

Terkadang bekerja dari rumah bisa membuat stres dan bahkan dapat menyebabkan kelelahan karena isolasi, perasaan beban kerja yang tidak terkendali, atau kurangnya koneksi dengan anggota tim yang lain. Pastikan kalian melakukan perawatan diri di hari kerja setiap hari, sehingga dapat menunjukkan diri kalian yang terbaik. Perawatan diri itu termasuk di antaranya, makan yang cukup makanan bergizi, merawat kebersihan tubuh, hingga mendengarkan musik yang bisa membantu kalian fokus dan berenergi. Bahkan melakukan home peeling di rumah sambil mendengarkan musik bisa mengembalikan energi untuk melanjutkan pekerjaan, lho.

gaya hidup sehat

Berikut ini saya akan membagikan satu link musik yang biasa saya gunakan sebagai latar untuk bekerja.

Tips produktivitas apa yang cocok untuk kalian saat bekerja dari rumah?

Sharing is Caring
  • 1
    Share

One thought on “7 Tips Agar Tetap Produktif & Memberi Kesan Positif Pada Bos Saat Bekerja Dari Rumah

  1. Pingback: 3 Cara Yang Saya Pakai Agar Tetap Produktif Saat Kerja | Life, Parenting & Travel Journal Mommy Blogger

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *