10 Rutinitas Pagi Yang Baik, Biar Produktif dan Tetap Waras

Saya pribadi merasa saya termasuk pada golongan morning person dan night person. Jadi semua tergantung pada saat otak ini on, yaitu di jam-jam berapa, haha.

Tapi secara umum saya cenderung ke arah morning person. Bisa jadi ini karena saya memiliki pengalaman bekerja belasan tahun in-house yang mengharuskan saya berangkat dari rumah lebih pagi, dan bekerja seharian di kantor sampai sore hari. Kebiasaan ini masih berlanjut sampai sekarang, ketika saya dan tim mencari waktu untuk menyepakati jadwal koordinasi kami, saya menyarankan agar kita semua memulai dengan rapat koordinasi di pagi hari. Pagi hari adalah saat yang tepat untuk memulai kegiatan, mengatur langkah dan rencana kita di hari itu.

Meski demikian, sebagian orang ada yang bukan morning person, ada yang memulai kegiatan saat hari sudah siang, lalu aktif pula di malam hari. Dalam kondisi tertentu, bila terkait dengan klien dengan perbedaan zona waktu, kemungkinan untuk klop bisa terjadi (tentu saja kalau dia di sana termasuk morning person).

aktivitas pagi hari

10 Rutinitas Pagi Yang Baik Agar Semangat Berproduktif

Berikut ini langkah-langkah simpel yang saya lakukan sebagai rutinitas pagi yang baik agar bisa berada di ritme yang benar. Silakan bila ingin diadopt ya. Ini penting agar kita bisa tetap produktif dan juga waras. Benar, kewarasaan itu penting di masa sekarang, karena mental health memang bukan main-main kan.

1. Pasang alarm lebih awal agar ada waktu untuk rileks

Badan kita harus rileks dan nyaman dulu di pagi hari. Agar tidak terburu-buru harus pergi ke kantor, atau yang work-from-home mungkin ada rapat di pagi hari, buatlah alarm lebih cepat 1 jam dari yang biasanya. Jangan gunakan snooze, tapi bikin beberapa alarm bertahap. Saya melakukan ini, jadi setelah selesai sholat subuh, ada waktu untuk bersantai dulu (atau mungkin ketiduran lagi), lalu ada dua sampai tiga alarm pengingat berikutnya. Ini membantu meningkatkan alarm tubuh kita, agar terbiasa dengan rutinitas bangun pagi (meski bertahap). Setelah itu, waktu yang kosong di antaranya gunakan untuk membuat badan rileks.

2. Saat ngopi harus sempurna ya Sis!

Secangkir kopi yang enak di pagi hari dapat membuat perbedaan, percaya deh. Itu sebabnya saat COVID-19 mengharuskan semua orang di rumah saja, saya membeli mesin pembuat kopi. Memang sih jarang saya gunakan untuk mengaduk susu untuk membuat latte, tapi minimal kopi hitam asal bijinya enak, itu sudah cukup. Jangan beli kopi sachet manis, itu bukan kopi, itu sirup rasa kopi. Gulanya tinggi.

Baca ini juga ya: Beberapa Alat Pembuat Kopi Yang Harus Kamu Punya di Rumah

3. Sarapan yang enak dan benar

Konsep bahwa sarapan itu hal terpenting untuk seharian beraktivitas adalah benar. Sarapan dengan makanan yang penuh nutrisi akan membantu kita merasa lebih bertenaga. Favorit saya adalah roti bakar kering dengan butter plus sepiring pepaya, atau bila benar-benar kelaparan pilihannya adalah bihun goreng ala Medan. Intinya makan yang kenyang, tapi jangan terlalu kenyang juga.

4. Melatih diri bersyukur

Mulai hari dengan bersyukur, menulis jurnal, melakukan sedikit meditasi atau gerakan yoga. Intinya kita harus memberitahu diri sendiri bahwa kita bersyukur untuk hari ini, untuk bisa berada di masa sekarang, dan kemudian cobalah berpikir tentang apa yang bisa dilakukan hari ini. Saya selalu bertanya pada diri saya, “Apakah aku sudah bersyukur untuk pagi ini?” “Apa yang bisa aku lakukan untuk menjadikan hari ini lebih baik?” dan “Apa yang aku butuhkan dari hari ini?” ini untuk menjernihkan pikiran dan mempersiapkan diri kita secara mental untuk memulai hari. Bagi yang ingin menuliskannya agar selalu termotivasi, tulis di jurnal dan bawalah kemana pergi, di samping meja kerja, saat minum kopi, dst.

5. Buat daftar hal yang dikerjakan hari ini

Again. Membuat daftar ini sangat membantu. Menulis dan memprioritaskan kewajiban untuk keseharian dapat membantu kita tetap di ritme yang baik dan memastikan tidak ada yang ketinggalan. Luangkan beberapa menit sesaat setelah duduk di meja kerja dan tulis semuanya, prioritaskan tugas berdasarkan kepentingan. Jika kalian sedang merasa bersemangat, tulislah di buku catatan, ini mungkin akan membuat kalian senang. Dan sebagai bonus tambahan, menurut saya, hal yang paling menyenangkan dalam menulis daftar to-do adalah saat tugas sudah selesai dan kita sudah mencentangnya atau mencoretnya sebagai tanda sudah selesai.

6. Kenakan pakaian yang baik dan bikin hati senang

Pakaian yang baik dan bagus akan membuat hati kita merasa senang. Saya merindukan hari-hari menggunakan pakaian kantor, dan karena sekarang hanya di rumah saja, poin pakaian yang baik ini menjadi penting untuk mengangkat mood. Pakaian rumah memang nyaman tapi ya bukan berarti pakai pakaian tidur ya. Cukup berdandan dan berpakaian rapi setiap hari cukup mengubah hari-hari saya. Meski di bawah tetap pakai celana pendek rumah yang nyaman, tapi untuk atasan saya memiih yang lebih rapi dan bagus untuk memantain mood.

7. Perbaiki rutinitas skincare di pagi hari

Semenjak harus di rumah saja, saya memperbaiki kebiasaan dan rutinitas pakai skin care. Karena tidak harus keluar rumah mengenakan make up, saya merasa lebih nyaman dengan skin care di pagi hari. Biasanya begitu sudah menggunakan skin care lengkap dengan tabir surya, saya juga menggunakan sedikit lipstik atau lipgloss berwarna. Ini bukan sekadar tampil baik saat harus video call, no. Kita kan tidak setiap saat video call. Semua kegiatan berdandan ini agar mood kita jadi lebih baik, sista!  Setuju kan?

Eniwei, Kamu Termasuk Yang Tidak Suka Menyalakan Kamera Saat Virtual Meeting? Kenapa?

8. Gerakkan badan

Kalau yang suka olahraga bolelah tiap hari bergerak.  Tapi saya tidak terlalu bisa berkomitmen untuk berolahraga setiap hari, karena itu saya menguranginya jadi beberapa kali saya seminggu. Kegiatan yang saya pilih semudah mungkin, seperti mengurus tanaman-tanaman saya, memotong dahan dan membuang daun-daun, dan sedikit peregangan simpel selama sepuluh menit.

 

9. Berjemur untuk mendapatkan vitamin D

Bukan berarti berjemur di tengah hari bolong ya. Sebelum matahari benar-benar naik, berjemurlah agar kulit kita bisa mendapatkan sedikit cubitan hangat matahari. Ini bisa dibarengi dengan kegiatan menggerakan badan di atas kalau mau. Sekarang sedang musim hujan di beberapa tempat di Indonesia, dan begitu ada satu pagi yang agak panas, saya suka keluar dan berjemur sebentar.

10. Peluk kesayanganmu 

Kita semua butuh support dari kesayangan kita. Orang tua, anak, atau pet kesayangan. Saya selalu memeluk dan mencium anak saya Vay agar saya dan dia tahu bahwa dialah prioritas dalam hidup ini, dan memeluknya meski sekejap sudah cukup membuat hati saya jadi lebih baik.

PIN dan share artikel ini bila menurut kalian ini bermanfaat! Makasih!

rutinitas pagi yang baik

Have a good day!

 

Sharing is Caring
  • 2
    Shares

by

About Zizy Damanik Passionate in travel, photography, and digital content. Drop your email to hello@tehsusu.com to collaborate.

2 thoughts on “10 Rutinitas Pagi Yang Baik, Biar Produktif dan Tetap Waras

  1. Pingback: Cara Menjaga Kesehatan dan Kebugaran untuk Ibu Super Sibuk | Life, Parenting & Travel Journal Mommy Blogger

  2. Pingback: 7 Tips Agar Tetap Produktif Saat Bekerja Dari Rumah | Life, Parenting & Travel Journal Mommy Blogger

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *