Ini Nih Beberapa Alat Pembuat Kopi Yang Harus Kamu Punya di Rumah

Kalian suka minum kopi seperti saya? Kalau iya, kalian bisa mencoba membuat kopi ala coffee shop di rumah kalian sendiri. Dan sebagai pencinta kopi, kita memang harus mengetahui beberapa alat pembuat kopi dan fungsinya agar kopi yang dibuat akan terasa nikmat.

alat pembuat kopi

Alat-alat Dasar Pembuat Kopi

Coffee Grinder alias Si Penggiling Kopi

Alat pembuat kopi yang wajib diketahui dan perlu dimiliki adalah coffee grinder (alat penggiling kopi). Sesuai dengan namanya, alat ini digunakan untuk menggiling biji kopi kalian agar bisa menghasilkan cita rasa yang nikmat. Coffee grinder akan menghaluskan biji kopi menjadi bubuk dan siap untuk diseduh menjadi kopi yang nikmat.

Jenis penggiling kopi ada dua, mode manual dan mode otomatis. Untuk menggunakan penggiling kopi manual, kamu akan membutuhkan tenaga tangan untuk memutarkan tuas penggiling hingga biji kopi hancur secara maksimal. Sedangkan untuk penggiling otomatis, kamu hanya perlu menyambungkannya ke sumber listrik saja. Saya pakai yang otomatis, sudah dipakai hampir dua tahun masih awet.

Termometer

Dalam pembuatan kopi, kamu pasti akan memerlukan air panas dengan suhu yang tepat agar menghasilkan cita rasa yang lezat. Selain itu, lebih disarankan lagi untuk menggunakan air panas yang baru direbus daripada air dari dispenser atau termos. Tetapi, air yang sedang mendidih pun tidak boleh langsung kamu gunakan untuk menyeduh kopi.

Idealnya suhu air panas yang tepat untuk menyeduh kopi adalah sekitar 90°C. Karena itu, kamu pasti akan membutuhkan termometer untuk mengukur suhu air dengan tepat. Saat mencari termometer, gunakan yang memiliki label food grade agar lebih aman.

Teko

Memang ya, kopi yang panas itu yang paling nikmat. Nah untuk menyeduh kopi dengan air yang panas, kamu akan memerlukan sebuah teko. Teko ini pasti akan sangat dibutuhkan ketika kamu ingin membuat kopi secara manual. 

Teko kopi yang direkomendasikan adalah teko dengan leher angsa, karena ini akan memudahkan kita saat menyeduh kopinya. Teko ini akan mengeluarkan air panas ke bubuk kopi dengan perlahan-lahan, tetapi juga merata.

Timbangan

Untuk membuat rasa kopi menjadi cukup nikmat, kamu pastinya harus mengetahui takaran-takaran yang tepat untuk setiap bahannya, seperti air, bubuk kopi, hingga gula dan juga susu (bila kamu ingin pakai susu sebagai campuran kopi). Jangan cuma memperkirakan takarannya, tanpa tahu hasil yang pasti, akan lebih baik menggunakan timbangan agar dapat menghasilkan kopi dengan cita rasa yang nikmat.

Saat ini penikmat kopi biasa menggunakan timbangan digital yang sudah sangat akurat dan canggih. Pastikan kamu menimbang bahan-bahan kopinya dengan tepat ya!

Kertas Saringan Kopi

Sesuai dengan namanya, kertas ini akan berfungsi menyaring ampas kopi. Kertas saringan kopi ini ada yang berbentuk kerucut ada juga yang buluat biasa, dan ditempatkan pada mulut gelas atau juga cangkir kopi.

Sebelum menggunakannya, usahakan untuk membilasnya terlebih dahulu, ini agar unsur-unsur bawaan pada kertas penyaring ini tidak akan ikut masuk ke dalam seduhan kopi.

biji kopibiji kopi

Jenis alat pembuat kopi

Lanjut ya, sekarang kita akan membahas jenis jenis alat pembuat kopi. Alat pembuat kopi memang bermacam-macam, sebab metode pembuatan kopi juga berbeda-beda dan butuh alat berbeda pula.

– Vietnam Drip

Kopi Vietnam ini adalah salah satu kopi yang cukup disukai oleh kebanyakan orang. Teknik dalam pembuatan kopi Vietnam juga sangat terkenal, yang bernama vietnam dripAlat pembuat kopi satu ini berbentuk seperti gelas kecil, yang di dalamnya juga terdapat saringan. Letakkan gelas di mulut cangkir, kemudian kopi akan diseduh di bagian dalam. Selanjutnya, seduhan kopi akan mulai turun menetes ke dalam cangkir.

Aga lebih nikmat, kopi Vietnam ini bisa ditambah dengan susu kental manis.

– V60

Nah, sekarang beralih ke V60 nih! Ini adalah metode minum kopi yang paling sering ditemui di kedai kopi. Pembuatan kopi dengan V60 itu dengan menggunakan metode pour over, dengan alat yang dilengkapi dengan corong kerucut dan juga gagang. Alat V60 ini ditempatkan di mulut cangkir dan bagian atasnya dilapisi dengan kertas saringan kopi berbentuk kerucut.

– French Press

French Press adalah alat pembuat kopi yang simpel. Dilengkapi dengan wadah dan saringan yang disebut plunger. Menggunakannya juga sangat mudah. Hanya perlu menyeduh kopi langsung di dalam wadahnya, lalu diamkan dulu selama kurang lebih empat menit. Lanjutkan dengan menekan plunger secara perlahan-lahan, maksudnya agar ampas kopi tertekan ke bawah, jadi kita tinggal menikmati kopi yang nikmat.

– Mesin espresso/Coffee Maker

Sekarang banyak tersedia macam jenis coffee maker, dari yang memiliki pengaturan simpel hingga pengaturan yang canggih. Saya juga menggunakannya di rumah, namun model yang sederhana. Tapi meski demikian hasilnya tidak kalah dengan rasa kopi hitam di kedai kopi mahal. Karena yang penting adalah biji kopi dan suasananya. Setuju gak? 🙂

mom working at home

 

Nah, itu dia beberapa alat pembuat kopi yang wajib kamu ketahui. Kamu sudah punya yang mana?

Sharing is Caring

by

About Zizy Damanik Passionate in travel, photography, and digital content. Drop your email to hello@tehsusu.com to collaborate.

One thought on “Ini Nih Beberapa Alat Pembuat Kopi Yang Harus Kamu Punya di Rumah

  1. Pingback: Have a Nice Weekend! Mari Kita Merapikan Kebun dan Taman! | Life, Parenting & Travel Journal Mommy Blogger

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *