Hal-Hal Kecil Yang Berpotensi Menyebabkan Stress

Stress memiliki potensi menjadi tekanan yang negatif di kehidupan kita, kamu pasti setuju dengan ini. Saat berada dalam keadaan stress secara terus menerus dapat merusak kemampuan untuk fokus, menyebabkan reaksi spontan berlebihan terhadap berbagai hal, membuat kita lebih cepat merasa lelah, hingga memperburuk kekebalan tubuh. Sebutkan lainnya.

Sayangnya, kondisi stress yang tinggi sangatlah susah untuk dideteksi karena gejalanya yang tidak terlihat begitu buruk, dengan seringnya kita mengalami jumlah stress yang besar di keseharian kita, entah itu berkaitan dengan sebuah masalah hukum ataupun berkaitan dengan cara mengelola keuangan.

Memang tidak mudah untuk menghilangkan atau melupakan hal yang menjadi penyebab stress kita, namun perlu diingat bahwa ada juga bentuk stress yang sebenarnya sepele dan sudah mulai ada tanda-tandanya, dan kalau kita biarkan maka akan semakin besar nantinya.

hal kecil penyebab stress

KAMU PUNYA SIKLUS TIDUR YANG BURUK DITAMBAH TERLALU BANYAK KAFEIN 

Siklus tidur tidak boleh dianggap sepele. Mungkin kamu sadar bahwa ada banyak iklan yang menjual produk untuk membuat orang bisa tidur dengan mudah, ini karena mereka tahu bahwa seluruh dunia mengalami kesulitan mendapatkan siklus tidur yang sehat. Tapi menggunakan obat-obatan harusnya menjadi pilihan terakhir.

Coba perhatikan jam kerja kamu. Saat ini orang-orang memang memiliki waktu kerja yang lebih lama, belum lagi ditambah dengan kerja shift atau part time, ditambah dengan suasana di sekitar yang mendukung orang untuk tetap melek dan susah tidur. Contoh, kalau kamu tinggal dan bekerja di Jakarta, lama kelamaan kamu akan terbiasa melihat lampu kantor masih menyala terang benderang di jam 9 malam.

Dan karena itu, kebanyakan orang yang memiliki gaya hidup bergadang juga mendampingi dirinya dengan kafein. Nah, semakin banyak kafein yang dikonsumsi semakin tinggi juga stress yang dialami akibat kombinasi dari kafein dan kurangnya jam tidur.

Mulailah mengatur pola tidur kamu dan kurangi konsumsi kafein. Perlahan tapi pasti kamu akan merasakan efek positif dari tidur yang cukup dan less cafein, yaitu berkurangnya tingkat stress kamu.

SUKA MUDAH TERBEBANI OLEH PIKIRAN SENDIRI

Kebanyakan orang, dalam kehidupan sehari-hari, pada akhirnya akan menghasilkan dan memperburuk banyak stres dalam hidup mereka, hanya karena terlalu terbebani oleh pikiran dan siklus perenungan mereka sendiri.  

Pikiran memiliki kemampuan untuk memperbesar semua masalah sampai di titik di mana mereka tidak dapat diatasi, untuk membuat kamu takut akan masa depan dan mengkhawatirkan masa lalu, dan untuk membuyarkan ketenanganmu. 

Coba lakukanlah yoga atau meditasi lainnya yang bertujuan untuk melatih pikiranmu menjadi lebih baik lagi, atau kamu juga bisa berlatih latihan fisik atau bahkan jalan jalan di alam.

POLA MAKAN YANG SALAH

Peningkatan stress dipengaruhi oleh banyak faktor, salah satunya melewatkan jam makan atau bahkan memakan makanan olahan yang tidak sehat. Perilaku ini juga secara alami akan menaikkan ataupun menurunkan gula darah kamu secara tidak stabil, dan tidak hanya gula darah, kadar hormon di tubuh anda juga bisa menjadi tidak stabil hanya karena memiliki pola makan yang salah.

Maka dari itu cobalah untuk makan dengan teratur dan makan makanan bergizi setiap kali kamu makan, dengan hal itu tubuh kamu pun memiliki potensi untuk menjadi lebih sehat dan juga bisa menurunkan kadar stress kamu.

KURANG BERGERAK DAN MENGHIRUP UDARA SEGAR

hobi bercocok tanam di tengah pandemi

Saya tidak ingin menuliskan olahraga, karena banyak orang yang langsung merasa berat saat mendengar olahraga. Gerakkan badan secara sederhana setiap hari beberapa menit, di luar rumah. Saya sarankan pagi hari agar kita bisa mendapatkan semua kebaikan pagi sebelum aktivitas dimulai. Mengurus dan menyiram tanaman, ini sudah cukup untuk membuang sisa-sisa dari poin nomor dua di atas.

Apakah saya mengalami hal-hal di atas? Ya tentu saja. Semua hal di atas adalah yang biasa terjadi pada manusia dan tidak disadari, termasuk saya yang selalu memikirkan semua hal-hal kecil dan malah jadinya terbebani haha.

Jangan lupa share bila menurut kamu tulisan ini bermanfaat.

Sharing is Caring

by

About Zizy Damanik Passionate in travel, photography, and digital content. Drop your email to hello@tehsusu.com to collaborate.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *