Mengenal Apa Saja Manfaat Yoga Untuk Kesehatan Mental

manfaat yoga untuk kesehatan mental

Beberapa tahun belakangan ini yoga telah menjadi satu olahraga yang sangat digemari di Indonesia. Awalnya olahraga ini dikenal sebagai olahraga meditasi, namun sebenarnya yoga pun baik untuk membakar kalori tubuh.  Kalau dilihat dari definisinya, olahraga yoga adalah senam tubuh dan pikiran yang berpusat pada kekuatan fleksibilitas dan pernapasan. Yoga dipercaya dapat meningkatkan keintiman antara manusi dengan Sang Pencipta, sehingga itulah awalnya dikenal sebagai olahraga meditasi.

Tren olahraga yoga terjadi lintas gender dan usia, dan sangat diminati karena yoga dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja, dan bisa dilakukan sendiri bila sudah tahu gerakan-gerakan dasarnya. Tidak butuh peralatan khusus, gampangnya kalau yoga ini cukup punya tikar dan celana legging yang nyaman. Makanya industri tikar dan pakaian yoga pun luar biasa keuntungannya.

Terlepas dari trennya olahraga ini, seperti dikutip dari Harvard Health Publishing menurut penelitian yoga juga memilik banyak manfaat baik bagi kesehatan mental. Dan faktanya, selama beberapa dekade olahraga yoga menjadi satu terapi yang umum digunakan dalam perawatan kesehatan mental.

manfaat yoga

Manfaat Yoga Untuk Kesehatan Mental

  • Kontrol emosi yang lebih baik. Gabungan antara latihan fisik dan meditasi adalah yang dilakukan di yoga. Dengan latihan rutin yoga, diklaim terkait dengan produksi hormon yang dapat menyeimbangkan suasana hati seseorang, yang berpengaruh pada peningkatan regulasi emosi dan kemampuan yang lebih baik untuk menangani stres.
  • Meningkatkan kualitas tidur jadi lebih baik. Terkait dengan poin sebelumnya, regulasi emosi yang sudah lebih baik juga dikaitkan dengan kualitas tidur yang leih baik. Pada akhirnya ketika pola tidur jadi lebih baik, ini akan membuat praktisi yoga jadi tidak rentan terhadap peristiwa yang membuat stres. Penelitian juga menunjukkan bahwa yoga membantu individu memproduksi melatonin, bahan kimia yang terkait dengan tidur nyenyak. Karena itulah, latihan yoga secara teratur layak dipertimbangkan daripada intervensi farmakologis yang dapat membentuk kebiasaan dan memiliki efek negatif pada kesehatan mental dari waktu ke waktu.
  • Membantu otot tubuh tetap terjaga dan meningkatkan kualitas hidup seiring bertambahnya usia.  Melakukan pose yoga yang cukup sulit secara teratur dapat membantu menjaga kelenturan dan bahkan meningkatkan kekuatan tulang, karena pose tersebut memberikan tekanan yang sehat pada otot dan tulang. Semakin sering melakukan gerakan-gerakan yoga secara regular oleh para praktisi yoga, maka semakin mereka dapat mengimbangi efek terburuk yang terkait dengan penuaan. Ini berarti lebih banyak peluang untuk menjalani kualitas hidup yang lebih baik seiring dengan bertambahnya usia.
  • Manfaat yoga untuk mengurangi kecemasan, trauma, dan gejala depresi. Yoga adalah terapi tambahan yang umumnya direkomendasikan untuk kondisi khusus kesehatan mental, dan ada banyak penelitian menunjukkan kemampuan yoga untuk menghilangkan gejala kecemasan dan depresi karena tubuh berhasil memproduksi secara alami banyak hormon “rasa senang”..
  • Meningkatkan konsentrasi. Kondisi kesehatan mental kebanyakan juga dikaitkan dengan kondisi kesulitan berkonsentrasi, yang jelas dapat berdampak buruk pada produktivitas pribadi dan profesional. Melakukan latihan yoga secara teratur terbukti mampu meningkatkan kemampuan berkonsentrasi, karena ini masih tetap terkait dengan dilepaskannya hormon yang meredakan kecemasan, depresi, dan gejala trauma. Para praktisi yoga secara keseluruhan, melaporkan peningkatan rasa fokus dan kemampuan yang lebih baik untuk menangani emosi negatif secara produktif.
  • Mengurangi kebutuhan akan obat psikiatri. Manfaat yoga yaitu meningkatkan suasana hati yang merupakan salah satu obat terbaik antidrepresan bagi sebagian orang. Suasana hati dan pikiran sudah lebih baik, ternyata dapat mengurangi kebutuhan akan obat psikiatri. Tentu saja ini berbeda dengan obat yang harus diminum setiap hari, tapi artinya adalah tidak perlu setiap saat tergantung pada obat antidepresan. Rutin melakukan yoga pada akhirnya akan sangat membantu untuk menghindari beberapa efek samping yang umumnya terkait dengan obat-obatan psikiatri.

Perlu Gak Ya Nyobain Yoga?

Bagi yang belum pernah melakukan olahraga yoga, kelas pemula bisa menjadi piihan agar tahu mana yang cocok. Biasanya setelah mencoba beberapa kali di beberapa kelas yoga, baru kita bisa tahu apakah kita akan lanjut atau tidak. Namun kami yakin pembaca juga sudah melihat banyak orang di sekitar kita yang menunjukkan peningkatan yang positif setelah melakukan yoga.

Bagaimanapun, yoga memang bukan satu-satunya olahraga yang dapat meningkatkan kesehatan mental. Latihan konvensional yang menerapkan beberapa bentuk latihan meditasi juga bisa menjadi alternatif. Semoga berhasil!

Sharing is Caring

by

Hello, I'm Rina. 20-something, a dreamer and a writer-wannabe/ Currently I am trying to pursue my dream of becoming a true traveler

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *