Beberapa Cara Untuk Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh di Musim Hujan

Awal tahun begini, beberapa daerah di Indonesia masih dinaungi oleh musim penghujan. Nah selama musim hujan begini, sudah sewajarnya orang-orang mempersiapkan diri agar tidak mudah terkena penyakit. Sistem kekebalan tubuh juga dapat melemah saat cuaca tidak menentu seperti sekarang ini. Hal ini biasanya terjadi karena tubuh kita mencoba untuk menyesuaikan diri dengan cuaca yang sedang berlangsung.

Apabila sistem kekebalan tubuh kita melemah, kita juga akan lebih mudah terjangkit penyakit seperti flu, diare, dan demam. Dan tentu saja jangan sampai malah terkena virus COVID-19 ya. Maka dari itu, kita harus menjadi imun tubuh kita agar tidak mudah terkena penyakit. Di artikel berikut ini kami merangkum beberapa tipsnya.

menjaga kekebalan tubuh di musim hujan

10 Cara Untuk Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh di Musim Hujan

Simak cara-cara di bawah ini yang dapat kamu lakukan agar tidak mudah terkena penyakit saat musim hujan.

1. Memakai masker

Tetap gunakan masker setiap kali kamu pergi keluar rumah, jangan sampai terkena penyakit saat musim hujan. Ingat, pandemi belum berakhir. Malah kita sekarang sudah hampir masuk gelombang ketiga COVID-19.

2. Usahakan melakukan olahraga dengan rutin

Kamu harus tetap berolahraga walaupun sedang musim hujan. Ini dapat membantu tubuh supaya tidak mudah lelah untuk menjalani kegiatan sehari-hari. Tidak usah yang berat-berat, cari yang bisa dilakukan di rumah seperti yoga, senam, atau naik-turun tangga.

manfaat yoga untuk kesehatan mental

3. Tetap terhidrasi dengan cukup

Kurangnya cairan dalam tubuh dapat menyebabkan tubuh melemas dan kehilangan fokus. Maka dari itu, cukupilah kebutuhan cairan dalam tubuh kamu, rajin-rajin minum air putih, ya usahakan kamu bisa minum 2 liter sehari. Namun, hindari juga minum terlalu banyak karena dapat menyebabkan penyakit pada kantung kemih. Pastikan kamu minum dalam jumlah yang sesuai ya!

4. Konsumsi makanan bergizi

Kamu harus menjaga pola makan, pastikan kebutuhan gizi dalam tubuhmu tetap seimbang. Kamu dapat melakukannya dengan mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi, seperti makanan yang berserat dan kaya akan vitamin.

healthy food

5. Minum vitamin dan suplemen secara rutin

Setelah mengkonsumsi makanan yang bergizi, lengkapi kebutuhan nutrisi pada tubuhmu dengan minum vitamin dan suplemen. Utamakan Vitamin C yang paling utama karena dapat menjaga daya tahan tubuh dengan sangat baik. Vitamin C sendiri dapat mencegah tubuh untuk terjangkit penyakit flu dan batuk. Kamu dapat mencari sumber Vitamin C dengan mudah, seperti dari buah jeruk.

6. Minum air hangat dan teh herbal

Air biasa memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, karena itu coba terapkan ini, minum air putih hangat setiap pagi hari. Air putih hangat dapat membantu menghangatkan tubuh dan membantu pembuangan zat yang tidak diperlukan oleh tubuh. Saat kamu terjangkit penyakit flu, air putih hangat juga bisa memperlancar lendir di kerongkongan.

Nah sekarang teh herbal. Teh herbal juga memiliki banyak manfaat untuk tubuh, seperti meredakan batuk, deman, atau radang tenggorokan. Penyakit-penyakit tersebut adalah penyakit umum saat musim hujan tiba karena itu tak ada salahnya mempersiapkan stok teh herbal di lemari dapur kamu. Biar lebih nikmat dan lebih banyak khasiatnya untuk menghangatkan tubuh, teh herbal bisa dikonsumsi dengan tambahan jahe, cengkeh, basil, atau mint.

Baca juga: Kalau Kamu Suka Minum Kopi dan Mencari Campuran Yang Nikmat, Ini Dia.

7. Cukup tidur

Tidur yang cukup dapat memberikan dampak yang besar terhadap tubuh. Dengan kualitas tidur yang baik, pikiran akan lebih jernih dan tubuh akan menjadi lebih segar ketika bangun dan mulai melakukan kegiatan. Maka dari itu, tidurlah yang cukup dengan waktu minimal 7-8 jam setiap harinya. Masih ingat kan dengan posting sebelumnya tentang hal kecil penyebab stres? Ya, salah satunya karena kurang tidur.

8. Selalu bawa payung atau jas hujan

Apabila harus pergi keluar rumah, ingat untuk selalu membawa payung dan jas hujan. Dua benda ini akan menjadi wajib untuk selalu ada di dalam tas kamu selama musim hujan berlangsung. Kita juga tidak dapat memperkirakan kapan turunnya hujan, jadi jangan lupa sedia payung sebelum hujan ya!

9. Memakai pakaian hangat

Selain membawa payung atau jas hujan saat keluar, suhu di musim hujan bisa cenderung lebih dingin, maka memakai pakaian hangat juga penting untuk tetap menjaga suhu tubuh agar tetap hangat dan tidak mudah jatuh sakit.

10. Menjaga kebersihan tubuh

Menjaga kebersihan memang penting, menjaga kebersihan tubuh lebih penting lagi, kamu dapat melakukannya dengan lebih rajin mencuci tangan dan langsung mandi setelah kembali dari bepergian di luar rumah. Dengan membersihkan tubuh, kamu dapat dapat membasmi virus dan bakteri penyakit yang menempel pada tubuhmu.

Nah, di atas adalah cara-cara yang dapat kamu lakukan untuk tetap menjaga kesehatan di musim hujan. Jaga kesehatan karena kita tidak tahu kapan bakteri atau virus dapat menyerang tubuh kita.

Ayo tetap menjaga kebersihan dan kesehatan!

Sharing is Caring
  • 4
    Shares

by

About Zizy Damanik Passionate in travel, photography, and digital content. Drop your email to hello@tehsusu.com to collaborate.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *