Sudah Coba Bahan-bahan ini untuk Campuran Kopi Pagimu?

Spread the love

Saya selalu yakin bahwa sebagian besar dari kita sangat suka minum kopi pada pagi hari. Nah, selain minum kopi hitam, atau kopi dengan tambahan susu dan gula, tak banyak dari kita yang mau mencoba menambahkan rasa lain. Paling top adalah pakai pemanis buatan dan krimer, padahal sebenarnya ada banyak bahan makanan untuk campuran kopi yang mesti kita coba sebagai pecinta kopi.

So, meskipun saya seorang penggemar kopi hitam, saya juga suka  menambahkan beberapa rasa dan rempah ke dalam kopi hitam saya pada pagi hari. Lumayan untuk meningkatkan mood enak di pagi hari.

Karena itu, berikut ini beberapa flavor dan rempah terbaik yang bisa dicoba buat kopi pagimu, ya. Namun harap diingat, kalau yang ada manisnya, jangan terlalu banyak.

bahan makanan untuk campuran kopi

KAYU MANIS

Kayu manis adalah cara paling umum untuk menambahkan rasa di cangkir kopi, dengan rasa manisnya yang unik dan harum. Biasanya saya cukup cemplungin satu batang kayu manis ke dalam kopi hitam yang masih panas dan dibiarkan meresap selama beberapa menit. Manfaat kayu manis yang memiliki antioksidan tinggi banyak untuk kesehatan seperti menurunkan kolesterol, gula darah, hingga tekanan darah, so it’s a good choice lho untuk menyimpan kayu manis secukupnya di lemari. Jangan lupa disimpan di tempat yang sejuk dan kering.

VANILLA

Sirup vanila adalah pilihan yang cocok buat penikmat kopi yang doyan dengan rasa gula dan krimer. Kalau mau mengurangi kalori yang didapat dari gula dan krimer, sirup bisa jadi pilihan, namun tetap harus ditakar secukupnya. Sebaiknya tidak mencoba langsung dengan jumlah yang banyak agar lidah kita bisa menyesuaikan dengan rasanya saat dicampur ke kopi. Bisa dicoba dari setengah sendok teh hingga satu sendok teh cukup untuk secangkir kopi ukuran 7 oz.

PEPPERMINT

Bukan hanya teh yang enak dicampur dengan peppermint. Rasa dingin dan segar dari peppermint akan menciptakan cita rasa yang unik pada kopi hitam kita. Kalau punya bubuk ekstrak peppermint dalam bentuk bubuk, bisa gunakan kurang lebih 1 sdm. Tapi sekarang sudah banyak yang menjual essential oil yang aman untuk dikonsumsi sebagai rempah tambahan pada makanan atau minuman. Kalau pakai yang seperti itu, 1-2 tetes saja sudah cukup. Bisa juga pakai sirup peppermint kalau mau lebih praktis.

PALA

Campuran rempah pada kopi lainnya yang bisa dicoba adalah pala. Pala punya manfaat mirip dengan jahe tapi bisa memberikan cita rasa manis dan unik bila dicampur dengan kopi. Kandungan senyawa antiemetik pada pala bisa membantu meredakan segala kondisi nyeri, termasuk nyeri haid. So, ini adalah salah satu andalan saya sebagai minuman pengurang rasa nyeri saat haid tiba.

COKLAT LELEH

Bikin moccacino sendiri di rumah, kenapa tidak? Untuk campuran kopi, gunakan coklat hitam atau coklat dengan kadar paling sedikit 70%. Takaran yang pernah saya coba adalah dalam 1 cangkir kopi, takaran coklat lelehnya adalah maksimal 1/2.

LAVENDER

Sudah pernah coba kopi lavender? Bikin sendiri saja di rumah. Kopi dengan campuran rempah memang bisa membuat badan jadi lebih berstamina, salah satunya dengan bubuk lavender ini. Ekstrak bunga lavender memang punya khasiat untuk menenangkan pikiran dan menaikkan suasana hati, namun jangan terlalu banyak karena nanti malah cita rasa kopi jadi kurang terasa. Metode seduh manual dengan biji kopi yang rasanya lebih ringan dan fruity cocok ditambahkan dengan bubuk lavender, agar rasanya bisa keluar merata. Takarannya, kalau saya, 1 sdt bubuk lavender untuk secangkir kopi hitam ukuran 150 ml.


Baca juga cara memilih alat seduh kopi manual di postingan ini: Seduh Kopi Sendiri di Rumah? Bisalah! Kenapa Pulak Gak Bisa?


LEMON

Mungkin ini adalah campuran rasa paling sederhana untuk secangkir kopi. Coba singkirkan gula, susu atau krimer, dan ganti dengan perasan lemon. Apa manfaat minum kopi dengan campuran lemon? Kontribusi manfaat pastinya lebih besar dari minuman kopinya, karena campuran lemon pada kopi sebenarnya lebih pada untuk tambahan rasa, sebab aroma citrus yang segar dapat cepat meningkatkan mood saat pagi hari, dan bermanfaat juga untuk menyegarkan badan. Penambahan lemon pada kopi juga tidak boleh terlalu banyak, karena sifat asam pada lemon ketika bercampur dengan kopi arabika yang juga tingkat acid-nya tinggi, bisa saja menyebabkan lambung jadi tidak enak. Pada dasarnya, coba dulu sedikit demi sedikit sampai mendapatkan rasa yang sesuai. Saya selain menggunakan irisan lemon biasa, juga kadang menggunakan essential oil lemon. Tidak masalah menggunakan essential oil, asalkan memang aman dikonsumsi sebagai bahan tambahan bagi makanan.

Bagaimana? Sudah dapat ide untuk menambahkan rasa apa pada minuman kopi esok pagi? Sebenarnya ada banyak sekali flavor yang bisa dicoba sebagai campuran pada kopi, mesti sering-sering mencoba agar bisa menemukan rasa yang paling perfect buat kopi kita.


Baca juga: Cara Bikin Kopi Hitam Enak dengan Moka Pot


Salam,

ZD

 

TehSusu may earn a commission when you buy through links on our site.


by

About Zizy Damanik Passionate in traveling, photography, and digital content. I have a professional experience as a digital marketer and social media strategist at Telco and OTT. Drop your email to zizydamanik22@gmail.com to collaborate.

6 thoughts on “Sudah Coba Bahan-bahan ini untuk Campuran Kopi Pagimu?

  1. Pingback: "Kayaknya Saya Kebanyakan Ngopi, Nih!" | | Life & Travel Journal Blogger Indonesia

  2. Yg pernah aku coba palingan kayu manis :). Yg lainnya blm prnh.

    Eh tapiii, aku prnh coba kopi yg dicampur Ama durian mba :D. Di Sibolga sering itu hahahaha. Kalo sdg musim durian, cemplungin 1 biji durian yg msh ada dagingnya yaaa ke dalam kopi.nikmaaat :D. Tp ga mau sering2, takut bahayaa hahahahah

  3. Pingback: Alasan Memilih Moka Pot | Life & Travel Journal Blogger Indonesia

  4. Zam

    saya juga gemar minum kopi di pagi hari. saya pernah mencampur coklat dan kopi, dan rasanya memang enak! tambahan, bagi yang suka hangat-hangat, selain kayu manis dan pala, bisa menambahkan jahe. kalo di Ambon, selain ada tambahan pala, kopi dicampur dengan kenari yang dibakar tipis-tipis, namanya kopi rarobang..

    • Zizy Dmk

      Aku belum pernah sih coba kenari dicampur ke kopi. Biasa kalo dapat kiriman dari Om di Ambon, dimakn gitu aja buat cemilan. Bolehlah nanti kucoba… tq ya..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *