Menjaga Tubuh Tetap Sehat selama Pandemi COVID-19 dengan Essential Oil

Spread the love

Enam bulan terakhir ini kita semua pasti pernah mengucapkan kalimat doa pada keluarga dan teman kita, “Stay safe and stay healthy.” dan mereka juga mengucapkan doa yang sama buat kita. Pandemi ini memang belum berlalu, dan meski kita tidak boleh khawatir dan parno berlebihan, bersikap waspada dan patuh pada peraturan adalah keharusan. Terutama, yang sangat vital adalah jangan menyepelekan kondisi dengan tidak mau memakai masker kain saat keluar. Saya masih ingat betapa kagetnya saya ketika suatu hari sedang membawa kucing kami ke vet, mendadak di belakang saya ada anak muda besar mau membayar makanan kucing ke kasir dan dia sedikit menyenggol lengan saya, lalu saya menoleh dan melihatnya tidak mengenakan masker! Hellooww!

Belum beli masker? Baca di sini: tips memilih masker non medis.

Maka, saatnya kita semua menjaga diri selama #dirumahaja agar tetap sehat dan fit, dengan cara mengonsumsi makanan sehat dan  bergizi, rajin minum vitamin, dan menyediakan starter pack di rumah, sebagai pertolongan pertama bila mendadak ada anggota keluarga atau kita sendiri merasa badan tidak fit.

Kami di rumah menyediakan essential oil. Sudah sejak lama saya punya beberapa botol di rumah, tapi setelah pandemi COVID-19 melanda, saya pun mulai merestock kembali dengan menambah beberapa aroma lain. Beberapa orang mungkin punya persediaan minyak rempah lainnya, tapi saya pribad memang lebih suka menggunakan ekstrak minyak alami ini sebagai P3K (pertolongan pertama pada kondisi apapun).

manfaat essential oil

Yuk baca lanjut tentang apa itu essential oil dan bagaimana manfaatnya bagi kesehatan.

Apa Itu Essential Oil

Essential oil adalah minyak alami yang dihasilkan dari jenis tanaman tertentu yang melalui proses ekstraksi. Umumnya minyak hasil ekstrak ini diperoleh dari buah-buahan, bunga, daun bahkan sampai batang dan akar. Sudah sejak lama penggunaan essential oil ini menjadi tren dunia, karena memang dipercaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.

Cara Menggunakan Essential Oil

Menggunakan minyak essensial sama mudahnya dengan menuang segelas susu ke kopi hitam, bedanya tentu saja minyak yang dituang bukan segelas (LOL!). Cukup satu dua tetes saja, bisa dituangkan ke difusser untuk aromaterapi.

Namun sebenarnya menggunakan essential oil tidak melulu untuk aromaterapi saja, tapi juga bisa dengan cara mengoleskannya di kulit, dan ada beberapa merek yang aman untuk dicampur dengan minuman. Manfaatnya biasanya akan langsung terasa, seperti memberi rasa hangat pada tubuh, menghilangkan rasa gatal akibat gigitan serangga, sampai menurunkan demam.

Apa Manfaat Essential Oil

Selain memiliki manfaat menenangkan, essential oil juga bisa digunakan untuk pertolongan pertama ketika badan sedang kurang sehat, misalnya ya, ketika kulit gatal dan iritasi akibat digigit serangga, bisa usapkan sedikit minyak esensial pada bagian yang sakit tadi. Setiap ekstrak minyak memiliki khasiat masing-masing, bahkan bukan tidak mungkin untuk mengkombinasikan beberapa essential oil. Jangan Namun karena essential oil ini adalah benar-benar ekstrak murni, maka pada beberapa merek dibutuhkan carrier oil atau minyak pencampur, yang bertujuan mencairkan sedikit konsentratnya tapi tidak mengurangi khasiat. Tujuannya adalah agar ketika digunakan pada kulit yang sensitif.

Ini Pengalaman Saya Menggunakan Essential Oil.

Untuk menghilangkan pegal-pegal pada kaki dan badan.

Saya sering menggunakan essential oil untuk menghilangkan pegal-pegal di betis dan paha, biasanya kalau habis pulang motret. Caranya dengan mencampur dua tiga tetes essential oil peppermint tambah dua tetes essential oil lemon campur telon, ditambah Zambuk. Dioles ke telapak kaki, betis sampai paha, lalu bungkus dengan kaos kaki atau celana panjang katun. Oleskan tiap malam selama dua hari, pegal hilang lho! 

Untuk menurunkan demam.

Lalu pernah ketika anak saya demam, suhu badan sudah terasa hangat dan dia mulai ada riak di leher, langsung saya bikin campuran essential oil. Campurannya dua tetes essential oil peppermint dicampur minyak kayu putuh dan Zambuk. Gosok di telapak kaki saja, bungkus dengan kaos kaki. Kenapa tidak dioleskan ke badan? Karena efek peppermint dicampur minyak kayu putih itu sudah panas sekali, jadi kalau digosok ke punggung, anak akan merasa kurang nyaman.

Untuk mengobati gejala flu.

Tuangkan setetes essential oil lemon (kalau mau tambahka peppermint juga boleh) ke dalam segelas teh panas. Minum saat masih hangat. Tapi kalau yang kalian punya adalah minyak esensial eukaliptus bisa  dituang ke air panas di gelas atau mangkok dan hirup aromanya. Basically, metode ini sama dengan mencampur satu sendok makan Vicks ke dalam air panas di mangkok dan hirup dalam-dalam.

Karena saya lebih suka yang minum maka saya menggunakan lemon dan pepperminta. Tapi tidak semua essential oil aman untuk dicampur ke minuman ya. Sebaiknya baca dengan detail kandungan dari merek essential oil yang akan dibeli. 

Saya pernah tulis di artikel ini: Sudah Coba Bahan-bahan ini untuk Campuran Kopi Pagimu? tentang beberapa campuran yang saya gunakan untuk kopi hitam, dan itu adalah essential oil.

Untuk mengurangi nyeri saat PMS.

Sebagai penderita adenomiosis, ramuan yang diminum atau dioleskan pada dasarnya tidak terlalu memberikan efek penyembuhan instan (seperti sakit langsung hilang gitu), tapi entah bagaimana essential oil memang bisa membantu mengurangi sedikit rasa nyeri dan juga menenangkan. Saya pakai peppermint oil dan lavender, satu dua tetes digosokkan ke perut setelah selesai mandi dan sebelum tidur. Lalu masih dibantu juga dengan minum teh panas dicampur essential oil lemon. 

Untuk melindungi dari gigitan nyamuk.

Untuk ini saya pakai lemongrass dicampur dengan VCO (Virgin Coconut Oil) sedikit ke lengan agar nyamuk gak mampir. Lalu untuk bekas gigitan nyamuk di kaki, saya gunakan campuran Lavender dan Frankincense.

Ada juga begone bug, minyak esensial yang sudah dibuat dalam bentuk spray, yang biasa saya bawa di dalam tas dan disediakan juga di rumah. Praktis untuk disemprot ke betis dan diratakan ketika sedang duduk agar nyamuk tidak datang. Spray ini juga bisa untuk disemprot ke ruangan. Intinya untuk membuat nyamuk menghindar karena baunya.

Rekomendasi Brand Essential Oil

rekomendasi essential oil

Di pasaran ada banyak brand essential oil baik buatan luar ataupun lokal. Saya akan merekomendasikan hanya yang sudah saya coba dan saya rasakan khasiatnya.

  1. Utama Spice. Buatan lokal, harganya cukup terjangkau dan bisa kamu dapatkan online di mana saja. Kalau baru pertama kali mencoba essential oil atau sudah pernah coba merek lain tapi belum mencoba merek ini, maka Utama Spice bisa jadi pilihan. Beli di sini deh Utama Spice.
  1. Young Living. Ini merek yang cukup banyak disukai orang, at least inner circle saya pasti punya merek ini. Harga essential oil Young Livin memang lebih mahal dari Utama Spice, saya biasa membeli ketengan 1-2 botol sesuai aroma yang diinginkan.
  1. doTERRA. Nah ini juga brand essential oil favorit saya. Untuk yang saya campurkan dengan minuman, saya menggunakan merek Dottera. Harganya memang lumayan mahal, tapi ternyata pemakaiannya juga lumayan hemat. Saya merekomendasikan membeli doTERRA introduction kit untuk yang baru pertama kali mencoba.

 

Jadi, itu sedikit sharing singkat dari saya. Akhir kata, apapun yang ada di rumah kalian, mau essential oil, minyak kutus-kutus, minyak kelapa, tak masalah selama bisa digunakan untuk menjaga kesehatan tubuh. Stay safe and stay healthy ya! 🙂

Salam saya,

ZD

by

About Zizy Damanik Passionate in traveling, photography, and digital content. I have a professional experience as a digital marketer and social media strategist at Telco and OTT. Drop your email to zizydamanik22@gmail.com to collaborate.

6 thoughts on “Menjaga Tubuh Tetap Sehat selama Pandemi COVID-19 dengan Essential Oil

  1. Sering banget dengar kalau essential oil itu bisa nyembuhin demam, batuk pilek, terus ternyata pegal-pegal juga bisa yah. Saya selama ini pakai memang hanya untuk diffuser sama buat aroma-aromaan saja salah satunya peppermint di pasta gigi buatan. Oh sama YL yang white dahlia apa ya, itu wanginya enak banget! Bisa bikin mood naik!

  2. Saya dulu tidak percaya dengan khasiat esensial oil ini, waktu istri saya minta dibelikan plus diffusernya. Soalnya kan lumayan juga harganya, kak.
    Setelah membaca-baca artikel, testimoni orang, dsb, saya mau mencoba dan ternyata lumayan juga, walaupun tidak sepenuhnya berhasil untuk saya.
    Sampai sekarang saya masih belum hafal nama-nama oilnya dan suka kelebihan kalau tetesin ke diffuser, yang bikin istri saya ngomel-ngomel karena setetesnya berharga mahal. Hehehe.

    • Zizy Dmk

      Haha… memang kalau mau netesin butuh trik biar gak bablas berlebih meskipun sudah pakai pipet juga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *