Ini Lho, Rekekomendasi Perlengkapan Kantor untuk Bekerja Dari Rumah

Spread the love

Selama beberapa tahun terakhir ini saya dikatakan bisa ngantor di mana pun berada. Kadang saat meeting dengan orang, pergi ketemu di kedai kopi, atau kalau harus sambil menjemput Vay ke sekolah, saya akan kerja di mobil. Pulang ke rumah orang tua di Medan, tetap juga bisa sambil bekerja karena laptop pasti selalu dibawa.

Di rumah, saya punya ruang kerja sendiri juga, yang sudah saya siapkan sejak saya harus sering mengejar deadline saat berada di rumah. Perjuangan terbesar bekerja dari rumah salah satunya adalah menentukan tempat dan mengatur jam kerja untuk diri sendiri, karena itu penting buat seorang pekerja lepas atau siapapun yang bekerja remote dari rumah untuk bisa menciptakan ruang kantor di rumah yang bisa membantu mengatur suasana hati untuk menyelesaikan pekerjaan.

Baca juga: 5 Tips Manajemen Screen Time Perangkat Selama Pandemi Coronavirus

Karena itu kali ini saya mau membagikan beberapa tips bagaimana cara agar kita bisa bekerja dari rumah dengan produktif, dengan cara membuat perubahan pada ruang kantor di rumah.

rekomendasi perlengkapan kantor

Bikin Ruang Kerja Yang Ideal

Ruang kerja ideal saya adalah tempat yang berada di sudut ruangan dengan pandangan luas ke segala arah. Lalu pasti harus ada meja yang cukup besar dengan kursi, rak untuk meletakkan buku dan lainnya, serta dekat dengan akses internet. Kalau di rumah saya, juga berdekatan dengan layar cctv yang memudahkan saya untuk melihat bila ada orang yang datang.

Di ruang kerja saya, saya memiliki meja yang langsing tapi kokoh, agar bisa leluasa meletakkan property kerja di atasnya. Yang utama meja kerja harus cukup tingginya agar saat meletakkan tangan tidak terasa lelah. Tahu sendiri kan, kadang saat bekerja pun badan suka merosot di kursi, jadi meja dengan ketinggian yang sesuai akan membantu kita untuk memperbaiki postur saat bekerja.

Karena itu, cari solusi meja yang cocok buat kalian. Sebaiknya cari meja yang terbuat dari bahan yang kuat dan tahan banting, sehingga bisa awet bertahun-tahun.

Meja Kantor yang Kuat dan Modern

Kreasi meja-meja kantor sekarang juga sudah mempertimbangkan desain ergonomis. Banyak model yang bisa dipilih sesuai dengan kondisi di rumah, misalnya luas ruangan. Bila sering kerja seharian di rumah, menggunakan meja kantor dari bahan melamine bisa jadi pilihan. Selain tahan panas, bahannya juga lebih kuat.

meja kantor melamine

Kursi Putar yang Dapat Disesuaikan

Duduk lama di depan laptop bisa mengakibatkan sakit pada punggung, karena itu sebaiknya gunakan kursi dengan sandaran ergonomis yang dibuat agar sesuai dengan lekuk alami tulang belakang. Saya menggunakan kursi kantor ergonomis dari Informa karena saat dicoba, cocok dengan tinggi leher, jadi pas dipakai duduk. Eniwei, ada yang menggelitik saat saya akan membeli kursi. Saat saya katakan saya mencari kursi kantor ergonomis dengan harga di tengah-tengah, saya di bawa ke bagian yang katanya, ini adalah kursi staf. Ooooo jadi ternyata di sana itu kursi-kursi itu diberi nama; kursi direktur, kursi manager, kursi staff. Masuk akal, sih, agar memudahkan buat procurement kantor saat mencari kebutuhan kantor ya. Beda buat kita yang kerja di rumah, merangkap direktur, manager, dan juga staff, semua kursi tidak pakai nama, asalkan enak dan tidak bikin sakit punggung. Itu kuncinya.

Laptop Stand

Penyangga laptop juga diperlukan agar laptop bisa diangkat setingga mata, jadi kita tak perlu membungkukkan bahu dan tidak terlalu mengalami leher pegal-pegal saat bekerja. Kalau tak pakai laptop stand pasti jadi mendadak merosot duduknya.

Smartphone holder atau Dudukan Ponsel

Ini pun tak kalah penting agar memudahkan kita untuk menerima panggilan. Mungkin semua sudah punya smartphone holder ya, tapi memang ini salah satu barang penting penunjang produktivitas.

Setting dulu Mood-nya

Sekarang urusan untuk kebutuhan ruang kerja sudah beres, lalu tinggal bagaimana kita membuat moodnya jadi lebih nyaman. Pertama, tentang pentingnya suasana alami terhada mood. Setiap orang pasti menyesuaikan tempat kerja dengan space yang tersedia di rumahnya, namun pastikan ada cahaya yang cukup di ruang kerja.

Baca juga: Cara Tetap Kreatif Saat “Work from Home”

Kalau bisa mendapatkan lokasi yang dekat dengan natural light itu akan sangat baik, tapi tak semuanya bisa seberuntung itu kan? Tempat kerja saya di rumah tidak bisa saya letakkan dekat natural light karena satu dan lain hal, seperti suara berisik dari kendaraan yang lalu lalang hingga cahaya matahari yang akan terlalu panas ketika siang hari. Namun biasanya saya suka pindah-pindah kerja. Kalau butuh lihat yang hijau-hijau, saya kerja sebentar di luar saat pagi hari. Ketika sudah siang atau malam hari, saya lanjut kerja di ruang kerja saya.

Kemudian tips lainnya adalah, membuat daftar pekerjaan pada malam harinya sebelum mulai bekerja esok pagi. Dan yang tak kalah penting, adalah blokir waktu khusus yang mana kita memang harus kerja, dan bukan menonton TV atau main social media.

Barang Penunjang Produktivitas selama #workfromhome

Karena sekarang semua harus dilakukan online, barang-barang pendukung seperti kertas to-do list dan agenda harus saya sediakan agar tidak ada yang terlewat karena lupa dicata.

Namun meski sudah serba digital, saya tetap merasa lebih suka ada benda fisik yang bisa dicoret-coret dan ditandai. Kalian begitu juga gak?

Magnetic wall kalender

Berguna sekali rasanya pakai magnetic wall kalender karena jadi lebih mudah mencatat apa saja tugas selama seminggu bahkan sampai sebulan. Lumayan juga buat yang anaknya school from home, terbantu untuk memantau tugas-tugas anak.

magnetic wall calendar

Planner (Agenda)

Meski sekarang semua sudah serba digital, mencoret dan mencatat di buku pasti lebih memuaskan. Lengkapi meja kerja dengan planner yang disukai agar bisa meningkatkan mood kerja. Favorit saya adalah planner dengan ekstra sticker untuk melengkapi catatan-catatan kecil.  Saya juga biasa mencatatkan gagasan-gagasan yang muncul di planner, sebelum terlupakan.

Planner

Headphone

Headphone paling penting agar bisa meredam segala suara yang masuk yang mungkin akan merusak konsentrasi bekerja. Agar lebih efisien tanpa banyak kabel yang melilit ke mana-mana, pilihlah headphone bluetooth.

rekomendasi headphone bluetooth

 

Charging Station

Hari gini rata-rata orang kerja dengan smartphone dan juga tablet, karena itu butuh punya charging station biar mudah untuk mengisi daya dari gadget-gadget yang dimiliki. Rapi dan teratur semua di meja!

charging station

Oke! Sudah semua. Belum, masih ada satu lagi!

Pakaian untuk kerja! Iya, dong, meskipun kerja dari rumah, bukan berarti hanya mengenakan piyama saja sepanjang hari atau baru mandi saat siang. Saya paling gak bisa begitu. Setiap hari bila memang harus bekerja, maka saya pasti menyiapkan pakaian untuk menunjang mood bekerja dari rumah. Ya pastinya bukan pakai blazer juga ya, tapi mengenakan pakaian yang rapi dan nyaman seperti kalau saya mau pergi jalan-jalan beli kopi. Tapi apapun pilihan kalian, bebaslah selama rasanya nyaman dan produktif!

Salam saya,

by

About Zizy Damanik Passionate in traveling, photography, and digital content. I have a professional experience as a digital marketer and social media strategist at Telco and OTT. Drop your email to zizydamanik22@gmail.com to collaborate.

6 thoughts on “Ini Lho, Rekekomendasi Perlengkapan Kantor untuk Bekerja Dari Rumah

  1. Pingback: 10 Best Halloween Gifts Ideas for Teens | Life & Travel Journal Blogger Indonesia

  2. Pingback: matriphe! personal blog

  3. hehe gua kerja di rumah tiap hari pake baju rumah doang.
    kadang jadi sedih ngeliatin kemeja2 dan celana2 kerja di lemari. tapi mau pake kok ya males 😛

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *