Cara Tetap Kreatif Saat “Work from Home”

Spread the love

Bisa bekerja dari rumah itu seperti impian buat sebagian banyak orang. Kita bisa menentukan jam kerja sendiri, menghabiskan waktu dengan keluarga, kerja dengan pakaian rumah saja, dan kapan saja bisa cuti. Tapi biarpun nampaknya begitu menyenangkan, bekerja dari rumah juga bisa memberi pengaruh serius terhadap kreativitas di saat yang sama.

Kerja seharian di rumah, baik yang kerja sendirian atau yang harus membagi waktu mengurus keluarga, hari ke hari pasti akan membuat otak kram. Ditandai dengan saat kita menyadari kalau kita susah sekali berkonsentrasi, lalu kualitas pekerjaan mulai berkurang, dan ide yang muncul seringkali kok rasanya basi ya. Singkatnya, hilang sudah sense of creativity. Saya juga mengalami ini, mulai dari semangat karena akhirnya bisa di rumah saja, lalu lama-lama juga merasa mulai buntu.

So, berikut ini adalah beberapa cara yang bisa dicoba untuk mengasah pikiran kita yang work from home agar tetap kreatif.

tips tetap kreatif saat work from home

Coba kerja di luar ruangan

Bila terasa ada blocking yang menghalangi saat berusaha untuk berkonsentrasi, maka bisa jadi ini saatnya ganti pemandangan. Pindah ke halaman belakang misalnya, atau ke teras depan, atau bisa di balkon. Bagi yang tinggal di apartemen yang mungkin balkonnya sempit, turun ke bawah dan kerja di samping kolam renang apartemen pasti bisa boosting kreativitas.

Bahkan kalau mau mampir ke coffee shop terdekat pun bisa, agar bisa mendapatkan pemandangan lebih beragam yang bisa memunculkan ide-ide baru di kepala.

Susah untuk menghindar dari anak? Memang ini pe-er, tapi anak pasti punya jadwal sendiri. Selama kita bisa menyesuaikan jadwal kita untuk bekerja, maka escape sejenak ke balkon atau halaman belakang mestinya tidak terlalu repot.

Baca juga: Saatnya School from Home (Lagi)

Latihan tangan

Duduk lama di kursi, menatap komputer dan jari-jari sibuk memencet keyboards, entah menulis, mengedit, mendesain, pasti bikin mumet dan mendadak berhenti, lalu tak tahu lagi harus ngapain. Kalau sudah begitu, maka itu tandanya agar mulai beristirahat dan menjauh dari komputer.

Gunakan waktu untuk melatih otot dan indera pada tangan, seperti menggambar sesuatu di kertas dengan pensil, atau bagi yang punya peliharaan di rumah, bermain dan mengelus-ngelus pet lumayan bisa mengembalikan udara segar ke kepala. Bila punya sedikit kebun di halaman, cobalah sisihkan waktu setiap hari mungkin sekitar 30 menit untuk menyiram dan merawat tanaman. It works for me, beneran. Setelah menyiram beberapa tanaman dan sayuran dalam pot, duduk di belakang sambil mengelus pet, langsung terisi penuh lagi baterainya. 

work from home

Bikin personal project aja

Enaknya work from home pastinya karena kita bisa mengatur sendiri waktu kita. Meski kadang deadline di depan mata, make sure untuk membuat sebuah personal project untuk diri sendiri. Kita semua pasti punya ide-ide yang selama ini cuma ada di kepala tapi berharap bisa dijalankan kalau ada waktu. Padahal seharusnya sediakan waktu untuk itu, karena project-project yang kita jalankan sebagai pengisi waktu akan lumayan membantu menancapkan ide-ide kreatif baru di kepala.

Saya akan membagikan contoh project yang dikerjakan seorang teman. Merapikan rooftop rumah tempat dia selalu mencari ide dengan membuat taman mini dilengkapi dengan meja kursi kayu unik. Dimulai dengan membuat mood designnya, mencari kayu, memilih tukang, memilih dan merawat sendiri taman mininya.

Seperti halnya proyek pada umumnya, tetapkan timeline. Karena ketika kita melakukan sesuatu yang kita suka dan progressnya terlihat, efeknya akan sangat positif ke energi dan ide-ide kreatif.

(Mencoba) Berolahraga

Rutin berolahraga atau at least bergerak sampai berkeringat memang terbukti efektif menjaga kesehatan fisik dan mental secara keseluruhan. Memang tak gampang menyemangati diri untuk olahraga, apalagi kalau sendirian. Sebab olahraga nyatanya bisa lebih menyenangkan kalau dilakukan bersama teman.

Yang paling gampang untuk memulai adalah dengan lari atau jalan pagi menikmati udara segar, ditemani musik favorit. Bisa juga dengan melakukan yoga singkat saat siang atau bersepeda saat sore hari ketika otak sudah mumet. Saat tubuh bergerak, tubuh akan melepaskan hormon endorfin yang akan membuat tubuh jadi merasa lebih rileks, sehingga hati juga lebih bahagia. Pikiran pun terbuka, dan ide-ide kreatif datang.

Tidur sebentar

Rasa lelah yang diakibatkan kurang istirahat memang bisa mengakibatkan sulit konsentrasi, dan akibatnya tak mudah mencari ide-ide baru ketika akan bekerja. Karena work from home, kenapa tidak mencoba tidur siang sebentar, mungkin setengah sampai satu jam sudah cukup. Ketika bangun, minum jus atau makan buah yang segar maka tubuh dan pikiran sudah recharged kembali.

Membaca buku atau komik

Iyes bener banget. Membaca buku-buku bagus akan membuat pikiran jadi segar sekali, dapat inspirasi pula.

Baca juga:

6 Rekomendasi Buku untuk Dibaca Saat Social Distancing

Menonton film

Masa siang-siang nonton film? Kan tidak setiap hari. Menonton film bisa memberi banyak sekali ide di kepala, selain mengisi hati dan pikiran dengan sesuatu yang fresh. Cari film-film yang bisa memberikan inspirasi dan membuat kita senang ketika menontonnya. Film-film favorit yang menurut saya bisa menjadi teman setia yang membuat kita tersenyum, trenyuh, tertawa dan juga menjadi fresh adalah Pretty Woman (1990), The Devils Wear Prada (2006), The Internship (2013), The Intern (2015) dan Jumanji (1995) dan The Terminal (2004). Beberapa juga suka membuka YouTube, tapi saya tidak merekomendasikan itu, karena biasanya kita akan cenderung ketagihan menonton dan lupa pada deadline pekerjaan. Dan seringkali kita dapat rekomendasi tontonan yang gak jauh dari gosip, yang justru bikin aura jadi negatif, from my opinion ya.

Tips di atas mungkin hanya sebagian, karena itu berdasarkan apa yang sudah saya lakukan dan rasakan untuk menolong saya menghindari kebuntuan sejak work from home, huhuhu…

Bila ada yang punya tips lain, yuk berbagi dengan saya.

Salam,

-ZD-

 

by

About Zizy Damanik Passionate in traveling, photography, and digital content. I have a professional experience as a digital marketer and social media strategist at Telco and OTT. Drop your email to zizydamanik22@gmail.com to collaborate.

8 thoughts on “Cara Tetap Kreatif Saat “Work from Home”

  1. Nonton film emang beda ya dengan nonton youtube mbak. Kalau film ada habisnya, kalau youtube emang ada terus jadi nonton terus, hahahaha.

    Kalau aku karena masih WFO, jadi di rumah setelah semua kegiatan beres aku maunya leha-leha aja gitu, capek mau kerja lagi, hahahaha

  2. Pingback: Cara Menghemat Kuota Internet saat Video Conference | Life & Travel Journal Blogger Indonesia

  3. Pingback: Tips Hidup Sehat untuk Wanita | Life & Travel Journal Blogger Indonesia

  4. Semenjak WFH beberapa bulan ke belakang, ada hal-hal yang lebih rutin saya lakukan, mba ? diantaranya, jadi lebih rajin olahraga, especially stretching badan setiap pagi datang hehehe. Kadang cari referensi dari Youtube, dan lumayan membuat saya jadi fresh memulai hari ke depan ?

    Terus, saya juga jadi lebih sering menonton film / series hehehehehe. Dan jadi suka tidur siangggg ? nggak sangka tidur siang bisa sangat nikmat karena selama ini, semasa sebelum ada Corona dan kerja normal, tidur siang bukan sebuah pilihan yang bisa dilakukan. Jadi sekarang saat bisa tidur siang, langsung dipuaskan ?

    • Zizy Dmk

      Aduhhhh dulu pas sy baru wfh juga begitu, enak bener. Sekarang udah mulai butek yaa ahahahahaa..

  5. aku paling sering buat konten nih sementara mba..malah kadang waktu sepertinya pas bangeet dan perlu extra, soalnya WFH malah membuat beban pekerjaan jadi banyak bertambah juga

    • Zizy Dmk

      Iya kayak temenku tuh, kerja kantoran begitu pindah ke rumah malah jadi lebih banyak, meeting gak berhenti2..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *