5 Tips Hidup Sehat untuk Wanita: Panduan Singkat untuk Hidup Lebih Baik

Spread the love

Hi halo apa kabar?

Bicara soal menjaga kesehatan, ada banyak cara yang bisa dilakukan oleh wanita tanpa harus membuat perubahan besar-besaran. Panduang tentang kesehatan wanita berikut ini akan memberikan lima tips kesehatan untuk wanita.

Kalau pembaca tertarik untuk mengembangkan gaya hidup yang lebih sehat, maka itu sudah tepat, karena hampir semua orang saat ini berusaha membangun gaya hidup sehat, namun banyak yang tidak berhasil karena pilihan yang kurang tepat dan kewalahan terhadap banyaknya informasi kesehatan.

Berita baiknya adalah, ada kok caranya agar bisa memulai gaya hidup yang sehat tanpa kerumitan. Yuk tetap dibaca untuk mengetahui 5 tips kesehatan bagi wanita yang akan membantu Anda menuju kehidupan yang lebih baik.

Tips Hidup Sehat untuk Wanita

MENJAGA POLA DAN MENU MAKAN

Bagaimana cara menjadi sehat? Yang pertama adalah memulai dengan menata kembali menu makanan kita. Melakukan perubahan baik perubahan kecil atau yang cukup signifikan dapat segera berdampak positif pada kesehatan Anda.

Cobalah dengan menghindari makanan penuh lemak jenuh dan juga makanan olahan. Perbanyak mengonsumsi sayuran dan buah-buahan, yang memiliki nutrisi pelawan kanker.

Hindari konsumsi gula, bisa dimulai dengan minuman. Saya dulu mengurangi gula dengan memangkasnya perlahan-lahan, gula dua sachet untuk cappucino kemudian berkurang jadi satu setengah sachet, lalu berkurang lagi jadi satu sachet, dan kemudian tanpa gula sama sekali, baik untuk cappucino, teh, dan kopi hitam super pekat! Gula yang berlebihan dapat menyebabkan obesitas dan peradangan, meningkatkan tekanan darah dan gula darah.

Mungkin Anda tak terlalu suka memasak, tapi meskipun tidak memasak sendiri, buatlah jurnal mengenai menu makanan yang dimakan tiap hari, agar kita tahu apa saja yang masuk ke dalam tubuh. Bila Anda menyukai minuman rempah sebagai tambahan, boleh juga mencoba suplemen herbal, minum dengan air hangat tanpa gula sama sekali.

PERBANYAK BEROLAHRAGA

Rata-rata para ahli sepakat bahwa berolahraga paling sedikit 20-30 menit sehari adalah kunci menjadi lebih sehat. Tak usah buru-buru mendaftar untuk ikut lomba lari, tapi setidaknya berinvestasi pada pakaian dan sepatu lari yang nyaman sudah tepat untuk memulai dan berkomitmen untuk rutinitas mingguan.

Bila tak sempat bergabung di gym, cobalah berjalan kaki setiap hari, boleh pagi atau malam hari. Rasakan langsung bedanya setelah beberapa hari.

MELAKUKAN PEMERIKSAAN KESEHATAN SECARA RUTIN

Jangan malas untuk melakukan pemeriksaan kesehatan tahunan. Penting buat kita mendapatkan masukan secara profesional mengenai kesehatan diri, jadi biarkan dokter memeriksa apakah ada perubahan yang mungkin akan menjadi masalah di kemudian hari. Wanita sangat rentan dengan penyakit terutama seputar reproduksi, oleh sebab itu lebih baik melakukan pencegahan atau perawatan untuk mencegah sebelum nantinya menjadi berbahaya. Dan yang tak kalah penting adalah, menyampaikan semua yang mungkin dirasakan secara terbuka kepada dokter.

MENJALIN PERSAHABATAN YANG POSITIF

Persahabatan yang awet tidak hanya dibutuhkan saat masih remaja. Justru ketika usia semakin bertambah, penting bagi wanita untuk mempertahankan persahabatan yang ada dan juga membangun lagi yang baru. Kita akan mendapatkan banyak wawasan, cinta, dan tentu saja perhatian yang kita butuhkan setiap kali kita bertemu dengan seorang sahabat baru.

Buatlah jadwal ketemuan untuk sekadar minum kopi atau ladies night khusus dengan teman-teman biar bisa tetap dapat ide-ide baru. Bila tak sempat bertemu dengan teman lama karena sekarang masih pandemi, bisa juga dengan rutin berkirim email, atau join juga ke komunitas baru. Semua bisa dilakukan untuk memperbanyak sahabat.

Baca juga: Cara Tetap Kreatif Saat “Work from Home”

TIPS KESEHATAN TERBAIK UNTUK WANITA: BERANI BILANG TIDAK

Wanita seringkali penuh dengan sikap sangat toleran pada grup, tapi sebaiknya belajarlah untuk bilang tidak bila di dalam hati rasanya tidak sreg atau Anda hanya sedang terlalu lelah untuk melakukannya. Terlalu memaksakan diri mengikuti semua kegiatan bisa membawa efek buruk pada kesehatan, karena ada stress. Stres dapat menyebabkan kecemasan, sakit kepala, lesu, dan sejumlah masalah lainnya.

Jangan buat jadwal terlalu padat, dan jangan terima semua undangan. Percaya deh, menolak satu dua undanga akan sangat membantu kesehatan fisik dan mental Anda.

KESIMPULANNYA?

Jika menyangkut kesehatan diri, maka kita yang bertanggung jawab untuk menjaganya. Buat dan tulislan daftar perubahan yang dapat Anda lakukan dan cari seorang teman yang akan membantu agar Anda tetap berkomitmen. Semoga dengan mengikuti tips kesehatan untuk wanita ini, Anda bisa langsung merasakan peningkatan.

Salam,

One thought on “5 Tips Hidup Sehat untuk Wanita: Panduan Singkat untuk Hidup Lebih Baik

  1. Pingback: 9 Kebiasaan Sehat yang Sebaiknya Diterapkan Sejak Sekarang | Life & Travel Journal Blogger Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *