Ayo Buang Kebiasaan Pola Makan Tidak Sehat

Spread the love

dampak pola makan tidak sehat

Semua orang tentu ingin menjadi bugar. Umumnya bila orang ingin menjadi lebih bugar, cara yang dilakukan adalah menurunkan berat badan beberapa kilogram atau menambah aktivitas. Dan meski olahraga memang merupakan faktor penting dalam mencapai tujuan menjadi bugar, namun olahraga bukanlah satu-satunya hal yang berpengaruh.

Mengatur pola makan akan berdampak besar pada kesehatan, kesejahteraan, dan tingkat kebugaran kalian. Mencoba berolahraga tapi dengan pola makan yang tetap buruk memang menggoda, terutama bila kalian suka dengan makanannya. Huhuhu… tapi ingat, untuk jangka panjang itu tidak akan berhasil. Ini dia alasannya:

PASTI KAMU AKAN MAKAN LEBIH BANYAK KALORI TANPA DISADARI

Biasanya saat  orang makan makananan yang tidak sehat, mereka cenderung meremehkan kalori yang mereka konsumsi. Jika kamu tergoda untuk menyantap fast food (oke saya juga sering tergoda!), misalnya, jangan hanya melihat lemak, kalori, dan karbohidratnya di bagian utama makanan Anda. Coba lihat makanan pendampingnya, bumbu, dan minumannya yang biasanya soft drink, dan kamu pasti akan langsung menyadari gambaran dari dampak pola makan yang tidak sehat..

KAMU AKAN MERASA CEPAT LELAH

Jika kamu sering merasa lelah atau tidak bersemangat, maka makanan yang kamu konsumsi bisa menjadi penyebabnya. Ketika kamu mencoba catering sehat atau katakanlah memasak sendiri makanan bergizi berdasarkan menu diet ala Victoria Secret seperti di channel SKWAD Fitness, maka kamu dapat memastikan bahwa kamu memberi makan tubuhmu dengan cara yang benar. Yang dikonsumsi akan membuat kamu merasa lebih enerjik dan juga bugar saat di rumah atau di tempat kerja.

Baca juga: 9 Kebiasaan Sehat yang Sebaiknya Diterapkan Sejak Sekarang

KASIHANI KESEHATAN MENTAL KAMU

Pola makanmu tidak hanya berdampak pada kesehatan fisik lho, tapi juga akan mempengaruhi kondisi emosional kamu. Makan makanan yang tidak sehat berarti kamu akan jarang mendapatkan vitamin dan nutrisi yang dibutuhkan otak untuk berfungsi secara optimal. Selain itu, makan makanan yang tidak sehat juga dapat memicu kondisi stress kamu yang membuatmu merasa membenci diri sendiri. Sebaliknya, diet yang sehat akan memberi makan otak kita dengan nutrisi yang dibutuhkan, dan berolahraga rutin akan melepaskan hormon endorfin yang dapat memicu perasaan positif sehingga meningkatkan suasana hati kamu.

Baca juga: Pengen Ngopi Sebelum Olahraga? Intip TIPS-nya.

KAMU GAK MUNGKIN DIBILANG SEHAT

Meskipun kamu bisa mempertahankan berat badan yang stabil, tapi bila tetap mengonsumsi makanan yang tidak sehat, maka hal ini tidak akan memungkinkan kamu untuk dapat mengembankan otot untuk membentuk tubuh dan postur yang lebih baik. Faktanya, pola makan yang tidak sehat malah dapat menyebabkan masalah kesehatan yang tidak langsung terlihat sekarang. Jadi jika kamu ingin meningkatkan kesehatan dan juga membuat bentuk badan lebih baik, maka memperbaiki pola makan sangat penting.

TUBUHMU BISA TERASA TIDAK STABIL

Awalnya saat kamu menikmati makanan cepat saji atau makanan yang manis, ada perasaan senang dirasakan, tapi mostly tidak akan bertahan lama. Makanan yang tidak sehat cenderung dapat membuatmu merasakan meningkatnya energi dan semangat, tapi kemudian akan diikuti oleh penurunan energi juga dengan cepat. Untuk menghindarinya, sebaiknya kamu mengonsumsi makanan yang dapat memberikan aliran energi yang konstan, seperti buah-buahan. Dengan menghindari terjadinya kondisi naik turunnya kondisi (akibat pola diet tak sehat tadi) kamu akan bisa menjaga kondisi gula darah, tekanan darah, dan energi tubuh menjadi lebih stabil.

Baca juga: 5 Tips Hidup Sehat untuk Wanita: Panduan Singkat untuk Hidup Lebih Baik

SAATNYA BERALIH PADA KEBIASAAN MAKANAN SEHAT

Saatnya beralih ke pola makan yang lebih sehat dengan tetap juga rutin berolahraga. Tidak terlalu susah kok membuat makanan sehat dan bergizi sendiri di rumah. Carilah di YouTube resep-resep yang tepat dan juga ada rasa biar kamu bisa mengkonsumsinya dengan nikmat, tanpa merasa rugi dan lelah. Setelah banyak mencoba resep-resep sehat, nantinya kamu pasti jadi lebih kreatif untuk membuat paduan resep sendiri. Kamu juga bisa mengonsumsi suplemen herbal untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh.

Beberapa tautan berikut bisa membantu kamu untuk mencari rekomendasi pola makan yang sehat:

How to Exercise & Diet Correctly for Your Body Type | Joanna Soh

SMOOTHIE BOWL UNTUK SARAPAN / SNACK || Menu Diet Sehat Simple Yulia Baltschun

5 Healthy Low Calorie Recipes For Weight Loss by TheSeriousfitness

Overnight Oats – 5 Easy & Healthy Recipes by The Cooking Foodie

Salam,