Pengen Ngopi Sebelum Olahraga? Intip TIPS-nya.

Spread the love

Belakangan ini saya (agak) rajin olahraga. Di rumah saja pastinya, gak ke gym atau keluar. Meskipun bisa ke taman depan rumah yang sudah busuk itu, tapi karena biasanya ramai dengan penjual, jadi rasanya saya lebih aman dan nyaman kalau sekadar menggerakkan badan di rumah.

Olahraga yang gak berat-berat dan yang gak bikin bosan. Jadi diselang-seling misalnya hari ini yoga, maka besok atau lusa, jalan mengelilingi halaman dari belakang ke depan ke belakang lagi sampai capek.

Kebiasaannya itu pagi hari sebelum si Vay mandi. Jadi bangun pagi, keluar sebentar ke samping yang diikuti dengan kucing kami yang kepo banget (pengen ikutan keluar aja tuh sambil ngeong-ngeong) lalu berolahraga. Eniwei ini khusus Vay saja, yang saya paksa untuk bergerak, olahraga kecil dan juga senam pagi, sekalian bok ada tugas juga dari sekolahnya disuruh senam SKJ, makanya terus saya coba dia jadikan kebiasaan. Eh senam anak-anak sekolah masih senam SKJ gak sih namanya. Hahaha..

Lalu kalau saya ya pagi itu ngopi dulu. Seperti biasa, secangkir kopi hitam tanpa gula, kalau pagi saya biasanya minum kopi robusta dengan metode tubruk kalau lagi malas bikin kopi pakai alat seduh manual. LOL. Siang hari juga pakai metode tubruk. Nah, sorenya baru bikin kopi pakai moka pot

Baca ini: Sudah Coba Bahan-bahan ini untuk Campuran Kopi Pagimu?

Memangnya kalau sebelum berolahraga minum kopi gpp? Ya, saya pernah menuliskan tips sehat minum kopi dan juga pernah merasa kebanyakan ngopi, jadi sekarang akhirnya setelah rutin minum kopi dan sudah mengenali reaksi tubuh terhadap kafein, saya pun tetap banyak mengonsumsi kopi, hahah… Ya kan kita sendiri yang tahu sejauh mana toleransi kafein untuk tubuh kita kan?

Dan karena ada begitu banyak manfaat baik dari minum kopi setiap hari, jangan ragu untuk minum kopi sebelum berolahraga.

Manfaat Minum Kopi Sebelum Berolahraga

Menambah kecepatan berlari

Begini, sebuah penelitian menemukan fakta bahwa bila kita mengonsumsi 5 mg kafein, maka kita akan mampu menambah kecepatan berlari. Karena saya bukan runner dan tidak pernah ikut lomba jadi belum bisa membuktikan benar apa tidak. 

Menambah stamina

Kok bisa? Tentu, begitu mengonsumsi kopi, stamina akan bertambah dan kita mampu untuk melakukan olahraga tanpa cepat merasa lelah.

Jadi lebih fokus

Bukan hanya jadi lebih fokus dalam pekerjaan, tapi begitu juga dalam berolahraga. 

Melancarkan peredaran darah

Semua sel di dalam tubuh kita membutuhkan oksigen yang cukup, karena itu peredaran harus lancar agar bisa mengantarkan oksigen dengan baik. Studi yang dilakukan oleh American Heart Association menemukan bahwa kafein bisa meningkatkan aliran darah sampai 30% dalam waktu satu jam setelah konsumsi.

Mampu mengurangi nyeri otot saat berolahraga

Nah, pas kan? Peneliti juga mendapatkan data bahwa konsumsi sampai dua cangkir kopi sebelum berolahraga bisa mengurangi rasa nyeri otot ketika berolahraga.

Tips Ngopi Sebelum Berolahraga

Tapi, biar bagaimanapun yang paling pasti adalah, jangan berlebihan mengonsumsi kopi sebelum berolahraga. Tips minum kopi sebelum berolahraga bisa dilihat di gambar berikut ini. Salah satu tipsnya adalah, minum kopi hitam tanpa gula, dan sebaiknya pakailah biji kopi yang enak. Sudah pernah minum kopi arabika simalungun belum? Coba deh, sedikit strong tapi  gak keras. Eh gimana itu maksudnya? Ya begitulah. 🙂 Kopi Arabika Simalungun rasanya lebih banyak rasa kayu dan bumi, nikmat karena bijinya memang kualitas premium.

tips minum kopi sebelum olahraga

 

Akhir kata, adakah saran, olahraga apa lagi ya yang bisa dilakukan di rumah?

Salam,

ZD

by

About Zizy Damanik Passionate in traveling, photography, and digital content. I have a professional experience as a digital marketer and social media strategist at Telco and OTT. Drop your email to zizydamanik22@gmail.com to collaborate.

8 thoughts on “Pengen Ngopi Sebelum Olahraga? Intip TIPS-nya.

  1. Aku suka minum kopi, tapi belum pernah minum kopi sebelum olahraga. Mungkin kapan-kapan tips ini perlu dicoba ketika mau bersepeda. Kebetulan aku suka bersepeda.
    Oyaa, setelah ngopi atau berolahraga emang dianjurkan untuk banyak minum air putih 😀

  2. Ternyata minum kopi sebelum olahraga bisa menambah stamina dan kecepatan yambak, aku cobain ah. Aku bukan maniak kopi tapi kan enak juga kalau bisa nambah stamina gitu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *