Masih Gak Percaya Kalau Kesehatan Mental Itu Penting?

Mari kita ngobrol soal kesehatan mental lagi. Gak boleh bosan ya, karena kesehatan mental adalah masalah global utama yang dapat mempengaruhi orang tanpa memandang usia, latar belakang, pekerjaan, atau ras. Terbukti juga oleh banyaknya suguhan berita oleh media mengenai mereka yang mengalami depresi hingga mengambil tindakan putus asa.

Meskipun ini merupakan masalah yang sudah sering digaungkan di mana-mana, kesehatan mental juga termasuk bidang kesehatan yang kompleks dan termasuk sering disalahpahami, dan tak banyak dibicarakan orang. Artinya, ketika kalian bergumul dengan berbagai masalah kesehatan mental, termasuk depresi, kecemasan, harga diri rendah, atau gangguan mood, tidak mudah untuk mengetahui apa yang harus dilakukan. 

Penting lho yaa menjaga kesehatan mental. Ini tipsnya!

tips menjaga kesehatan mental

Walaupun penting untuk mencari solusi secara profesional, dan juga bahwa setiap metode belum tentu cocok diterapkan pada semua orang, ada beberapa langkah yang dapat kalian lakukan untuk mendapatkan kembali kendali atas kesehatan mental kalian, terutama karena pandemi COVID-19 sekarang jelas membuat orang sangat mudah mengalami depresi.

1. Menjalankan Gaya Hidup Sehat

Agar kalian bisa mendapatkan kembali kendali atas kesehatan mental kalian, maka langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan menjalani gaya hidup sehat. Pepatah “Di dalam tubuh yang sehat, ada jiwa yang kuat” sejak jaman dahulu digaungkan dan ini memang benar.

Mulailah lakukan sedikit perubahan pada gaya hidup kalian, dan lihat perubahan signifikan pada kesehatan mental kalian. Apa saja sih perubahan yang harus dilakukan?

  • Berolahraga secara teratur
  • Melakukan diet yang sehat
  • Banyak minum air putih
  • Cukup tidur dan teratur
  • Kurangi minum alkohol
  • Mulai dengan berhenti merokok

Baca juga: Ayo Buang Kebiasaan Pola Makan Tidak Sehat

2. Menghargai diri sendiri

Setelah sudah selesai dengan mengurus diri sendiri secara fisik, saatnya kalian menjaga diri secara mental. Apa saja yang bisa dilakukan? Melibatkan diri dalam aktivitas yang kalian suka, memberi tantangan pada diri sendiri seperti belajar hal baru, berteman dan bergabung dengan orang-orang yang positif, dan perlakukan diri sendiri dengan baik.

Masalah kesehatan mental sering muncul ketika orang merasa terjebak dalam kehidupannya sendiri. Bersikap spontanlah! Pergi solo traveling, atau langsung keluar dari rumah hari ini dan mampir ke sebuah museum budaya di kota kalian, intinya keluar dari zona nyaman itu penting.

3. Mengelola stres

Setiap orang pasti mengalami stres. Wajar, selama tidak sampai mengganggu kesehatan. Setiap orang sebaiknya mempelajari cara-cara efektif untuk mengelola stres sehingga dapat membantu untuk tetap tenang dan rileks. Beberapa cara berikut ini bisa dicoba:

  • Melakukan yoga
  • Bermeditasi
  • Mendengarkan musik
  • Menulis (membuat blog!)
  • Membaca
  • Beribadah

4. Rutin berkomunikasi, ngobrol dengan mereka yang dekat dengan kalian

Dalam banyak publikasi mengenai mereka yang mengalami masalah kesehatan mental, rata-rata sering memendam masalah. Ini bukanlah pendekatan yang sehat untuk diambil, karena itu seperti memendam bom yang sewaktu-waktu bisa meledak.

Penting untuk secara jujur dan terbuka mengkomunikasikan perasaan kalian kepada orang-orang terdekat, apakah pasangan, orang tua, guru, atau sahabat. Lepaskan semua yang ada di dada, siapa tahu mereka yang ada di lingkaran terdekat bisa memberikan nasihat untuk meredakan gemuruh di dada dan kepala, atau membantu menyelesaikan masalah yang kalian alami.

Baca juga: 5 Rekomendasi Channel YouTube untuk Kesehatan Mental

5. Mencari bantuan profesional

Dan tentu saja, cara lain yang juga efektif untuk mendapatkan kembali kendali atas kesehatan mental adalah dengan mencari bantuan dari seorang profesional. Fasilitas rehabilitasi psikiatri dapat membantu mereka yang sedang menderita masalah kesehatan mental yang serius untuk mengatasi masalah dan membangun masa depan yang lebih cerah. Memang tak mudah dan akan butuh waktu, tapi kesehatan mental adalah masalah umum dan jangan diabaikan. Selalu ada cara kok untuk mencapai keinginan kita memiliki hidup yang lebih bahagia.

Jadi….

Masalah kesehatan mental tidak boleh diabaikan bila kalian mengalaminya, dan penting juga kalian tahu kapan kalian mulai merasakannya, seperti mengalami depresi atau kecemasan. Mencatat apa yang kita alami baik secara fisik maupun jiwa perlu agar sewaktu-waktu dibutuhkan, akan memudahkan untuk mencari bantuan. Jangan malu untuk mencatat, ingat kembali pada poin nomor dua di atas, kita juga perlu menghargai dan mencintai diri sendiri.

Begitu kalian menyadari bahwa oh ada masalah nih sepertinya,  maka kalian akan dapat mulai mengambil tindakan untuk mendapatkan kendali atas kesehatan mental kalian dengan cara-cara di atas, yang memang telah terbukti berhasil meskipun ukurannya tidak sama rata untuk setiap orang.

-zd-

Sharing is Caring
  • 1
    Share

by

About Zizy Damanik Passionate in travel, photography, and digital content. Drop your email to admin@tehsusu.com to collaborate.