Kamu Ingin Solo Traveling Saat Pandemi, Simak Tipsnya.

Spread the love

Bicara liburan saat pandemi bukan berarti tak bisa. Bahkan sekarang diprediksi bahwa orang-orang akan lebih memilih untuk solo traveling selama masa pandemi. Ya, benar. Setiap orang dituntut untuk dapat melakukan perubahan demi bisa liburan aman saat pandemi tapi juga tetap menjaga kesehatan.

Pertimbangan atas faktor kebersihan, kesehatan dan keselamatan adalah yang utama ketika orang memutuskan untuk liburan di tengah pandemi. Pilihan wisata yang tidak melibatkan banyak orang adalah solo traveling, baik jalan sendiri mengunjungi tempat wisata favorit yang sudah buka, atau juga staycation di hotel

Sebelum kamu berangkat traveling, sebaiknya simak tips berikut ini yang bisa menjadi panduan amanmu buat berlibur.

tips solo traveling saat pandemi

1. Selalu menjaga jarak dengan orang lain

Kamu biasanya akan lebih dekat dengan orang-orang selama aktivitas liburan. Mungkin kedekatan fisik saat kegiatan liburan. Tetapi, kita tidak boleh berdekatan saat pandemic. Salah satu cara untuk menjaga jarak adalah jika kalian ingin pergi ke suatu tempat, mungkin naik kendaraan pribadi atau menyewa mobil. Bila terpaksa harus naik transportasi umum usahakan tidak menyentuh permukaan, dan juga tetap menjaga jarak minimal 2 meter.

Baca juga: 6 Tempat Wisata Ini Cocok Jadi Pilihan untuk Refreshing Setelah Pandemi COVID-19

2. Kurangi interaksi dengan orang

Kegiatan liburan tentunya mengalami perubahan signifikan karena pandemi Covid-19. Saat ini, kamu sebaiknya mengurangi berinteraksi secara langsung dengan orang lain saat berlibur.

Kamu harus memastikan diri kamu dan juga orang lain terlindungi dan tidak saling menularkan. Memang, tak ada yang menjamin bahwa kita akan tertular virus, tetapi setidaknya kamu harus usaha.

3. Jaga kebersihan tangan

Kita juga harus menjaga kebersihan tangan. Tapi bagaimana caranya? Kita harus sering mencucinya, maupun setelah dan sebelum makan atau setelah pulang dari suatu tempat. Tetapi biasanya jika sedang di luar rumah, selain mencuci tangan, kamu juga bisa membawa hand sanitizer. Ini adalah protokol kebersihan diri sendiri selama masa pandemi. Dan kita juga tentu saja harus ikut berpartisipasi dalam melindungi orang-orang lain.

Jad, sebelum berpergian, jangan lupa untuk mencuci tangan dan pastikan hand sanitizer sudah tersedia.

4. Membawa tas berisi peralatan kebersihan serta peralatan pribadi

Membawa peralatan kebersihan adalah salah satu protokol kesehatan selama masa pandemi ini. Walaupun pergi sendiri, kamu tentunya tidak boleh melewatkan untuk tetap menerapkan protokol kesehatan selama liburan.

Mengapa hal ini penting? Tentu saja untuk menjaga diri dari kuman-kuman dan virus. Dan supaya diri kita tetap sehat dan bersih selama berpegian. Kamu bisa membawa satu tas khusus untuk protokol kesehatan. Contoh protokol-protokol kesehatan adalah masker, masker cadangan, hand sanitizer dan disinfektan. Pastikan protokol kesehatan traveling kamu sudah di dalam tas sebelum bepergian.

5. Peralatan makan dan mandi pribadi

Baik bepergian sendiri atau beramai-ramai, di masa pandemi ini wajib bagi kamu untuk membawa peralatan makan dan mandi pribadi. Karena kamu traveling sendirian, maka artinya kamu harus bertanggung jawab pada semua kebutuhan pribadi kamu. 

Apalagi bila kamu akan mengunjungi tempat wisata, maka akan lebih aman bila kamu menggunakan hanya barang-barang pribadi saja. Sediakan selalu di dalam tasmu ya, dan tentu saja selalu bersihkan barang-barang tersebut setelah selesai dipakai.

6. Lengkapi dirimu dengan dokumen rapid test atau swab test

Ini adalah salah satu syarat atau peraturan penting saat kamu ingin bepergian. Yaitu surat keterangan bebas COVID-19 atau bisa dikatakan rapid test atau swab test. Jika kamu ingin bepergian jarak jauh, wajib untuk membawa dokumen ini sebagai syarat untuk mendapatkan ijin menggunakan transportasi umum untuk bepergian jauh seperti kereta api atau pesawat. Dan masa rapid test berlaku 14 hari ya.

Syarat dokumen bebas coronavirus memang sudah jadi ketentuan dari pemerintah, tujuannya agar para traveler bisa menjaga diri dan melindungi orang lain dari virus.

Bila kamu memutuskan untuk solo traveling di masa pandemi, sebaiknya berlibur hanya di tempat yang dekat-dekat saja. Dan meskipun kamu cukup mandiri untuk berlibur sendirian, kabari keluarga atau teman dekatmu secara teratur saat kamu ada di tempat liburan, agar kamu pun senantiasa merasa aman.

by

Hello, I'm Rina. 20-something, a dreamer and a writer-wannabe/ Currently I am trying to pursue my dream of becoming a true traveler

One thought on “Kamu Ingin Solo Traveling Saat Pandemi, Simak Tipsnya.

  1. Pingback: Bukit Bawang di Terasering Panyaweuyan Itu Indah Banget! | Life & Travel Journal Blogger Indonesia

Comments are closed.