6 Tempat Wisata Ini Cocok Jadi Pilihan untuk Refreshing Setelah Pandemi COVID-19

Spread the love

Saya yakin sudah banyak yang merasa butek dan lelah akibat pandemi Covid-19 dan benar-benar butuh penyegaran.

Salah satu teman sudah benar-benar pusing dan bilang, “Haduuu udah mau gila sesungguhnya gw di rumah. Marah-marah mulu senggol bacok. Udah kek sakit jiwa ini.”

Dan seorang teman lagi berusaha menenangkan, “Nikmati aja dulu, coba deh nanem-nanem sesuatu, soalnya masih ngeri kan pergi-pergi dengan kondisi begini. Khawatir banyak OTG yang tidak sadar kalau dia OTG.”

Saya yakin banyak yang sudah nanem-nanem di rumah nih kan, haha…. Tukang bunga laris manis jualannya, yang jualan hidroponik dan bibit-bibit sayuran juga laris manis. Saya pun nanem sayuran dan tanaman di rumah, secukupnya saja, hanya yang dimakan yang ditanam.

Pilihan Tempat Wisata untuk Refreshing Setelah Pandemi

tempat wisata favorit di indonesia

Tapi sebenarnya kalau memang sudah ingin bepergian untuk menyegarkan pikiran dan mental, tak masalah selama tetap mengikuti protokol kesehatan dan melengkapi persyaratan untuk liburan saat new normal. Berikut ini pilihan destinasi wisata di Indonesia yang bisa membantu menyegarkan mental sekaligus juga merupakan tempat wisata favorit di Indonesia.

1. Candi Borobudur

Berkunjung ke Candi Borobudur tak pernah membosankan, karena bukti sejarah yang satu ini masih mampu mengundang decak kekaguman wisatawan. Saya sudah berkali-kali ke sana, dan terakhir kali ke Candi Borobudur adalah untuk menikmati pemandangan matahari terbit langsung dari atas candi. Yang belum pernah mencoba harus coba minimal sekali datang ke sini pagi-pagi sekali, menjadi penonton langit dan matahari. Setelah dari Candi Borobudur, sempatkan diri untuk mampir ke beberapa desa wisata di sekitarnya dan mencoba melakukan kegiatan seperti membuat batik, bertani, hingga menikmati kuliner. Coba nanti mampir kei Desa Wringin Putih yang terkenal dengan kerajinan bambunya.

desa wisata wringin putih

Image credit to : balkondesborobudur.com

2. Danau Toba

Inilah danau kebanggaan Indonesia khususnya orang batak, yang merupakan danau terbesar se-Asia Tenggara. Berada di Sumatera Utara, untuk mencapai Danau Toba memang tidak semudah kita menempuh perjalanan liburan dari Jakarta ke Bandung. Namun perjuangan itu pasti akan terbayar begitu kita tiba di lokasi dan bisa menikmati keindahan yang luar biasa dari Danau Toba. Saran saya bila ingin menginap bersantai-santai bersama keluarga, maka datanglah ke kota wisata Danau Toba di Prapat. Sembari juga menikmati keramahan orang batak asli yang tinggal di situ. Jangan takut dengan suara yang keras, orang batak memang penuh percaya diri, kalau berbicara pasti dengan suara yang keras dan tegas, tapi hatinya lembut.

Female Traveler

Buat yang suka kemping dan ingin mencari udara segar sambil melepaskan penat, bisa memacangkan tenda camping di Bukit Gajah Bobok di Tongging. Bangun pagi dengan pemandangan Danau Toba yang keemasan itu WOW.

3. Pulau Seribu

Mungkin orang di luar Jakarta jarang mau datang ke Kepulauan Seribu, karena kalau mau menyeberang, perjalanannya cukup memakan waktu. Kalian harus sampai dulu ke Jakarta, baru kemudian menyeberang ke pulau yang diinginkan. Itu sebabnya kepulauan Seribu cocok bagi penduduk Jakarta untuk lari sejenak dari kepadatan dan kebisingan Jakarta.

Tapi jangan salah, meski kepulauan ini berada dekat dari Jakarta, tapi rata-rata pantai di sekitarnya yang masih perawan dan penuh banyak biota laut yang unik sehingga juga merupakan surga diving. Saat menyeberang pun kadang bisa beruntung melihat lumba-lumba sedang bermain. Pulau yang bisa didatangi ada banyak, sebut saja Pulau Pramuka, Pulau Pari, Pulau Tidung, Pulau Harapan, Pulau Sepa, sampai Pulau Gosong, yang cuma berupa sepetak pulau di tengah laut.

4. Bali

Jangan melupakan pulau yang cantik ini, yang saya suka bilang, kalau pergi ke Bali rasanya bukan seperti liburan di Indonesia. Bali membuat siapapun bebas menjadi dirinya (atau menjadi orang lain?). Bali memang selalu ada dalam urutan pertama para traveler pecinta pantai dan udara panas. Mau wisata alam atau staycation saja di hotel di Bali, bebas. Semua yang ada di Bali pasti indah, tinggal pilih mau wisata apa saja semua ada, hingga festival budaya yang juga menjadi salah satu alasan wisatawan datang ke Bali. Keunikan Pulau Dewata ini memang membuatnya selalu dirindukan.

Pantai yang menurut saya harus didatangi saat ke Bali, untuk bebas berjemur di tepi pantai sekaligus kemudian bisa berenang dan latihan surfing adalah Pantai Padang Padang Bali atau yang dikenal sebagai pantai di film eat pray love. Sudah nonton kan?

Pantai Padang Padang Bali

5. Lombok

Berada dekat dengan Bali, Lombok adalah sesuatu yang indah dan juga lebih murni. Memiliki banyak pulau kecil atau gili, dengan pantai-pantai rupawan yang menarik wisatawan kelas atas untuk berkunjung. Tiga gili yang sudah terkenal adalah Gili Trawangan, Gili Air, dan Gili Meno, patut jadi pilihan untuk menghabiskan waktu selama seminggu beristirahat menikmati alam. Jangan lupakan Gunung Rinjani, yang merupakan salah satu gunung berapi tertinggi di Indonesia. Saya pernah menginap di sebuah desa di Lombok Utara, dekat dengan kaki Gunung Rinjani. Tempatnya alami dan indah sekali.

Pantai-pantai unik dan eksotis juga banyak di Lombok, seperti Pantai Selong Belanak.  Sungguhhhhhh indahnya Lombok susah dilukiskan dengan sebuah summary singkat seperti ini. 🙂

Pantai Selong Belanak

6. Sumba

“Sumba aku padamu…”

Beginilah seruan mereka yang langsung jatuh cinta pada Sumba begitu sudah menginjakkan kaki di pulau eksotis itu. Pulau ini luar biasa panas ketika kami datang ke sana pada bulan Juli, namun hebatnya sekaligus di beberapa tempat udaranya bisa sangat dingin menusuk. 

Bukit Wairinding Sumba

Sumba bukan pulau yang komplit seperti Bali, namun bila sudah bosan ke Bali dan ingin mencari suasana liburan yang baru dan benar-benar fresh, maka datanglah ke Sumba. Sore hari menjelang sunset di tepi Pantai Walakiri, wowwww bayangkan rasanya. Lalu setelah itu makan ikan bakar menjelang malam. Bagi yang suka bermain dengan air tawar yang dingin menyejukkan, datanglah ke Air Terjun Waimarang.

Air terjun waimarang Sumba

Jangan lewatkan juga bukit paling eksotis di Sumba Timur yaitu Bukit Wairinding yang selalu jadi pilihan utama untuk berfoto pre-wedding di sana.

Jadi, apakah sudah mulai yakin kapan mau berlibur untuk refreshing? Liburan di Indonesia saja juga bisa puas kok, bayangkan saja ada begitu banyak tempat yang pasti belum semua sudah didatangi, jadi mumpung kita punya banyak tempat indah di Indonsia, mari kita liburan di Indonesia saja, sekaligus membantu memulihkan kembali pariwisata Indonesia setelah pandemi.

Salam,

-ZD-

by

About Zizy Damanik Passionate in traveling, photography, and digital content. I have a professional experience as a digital marketer and social media strategist at Telco and OTT. Drop your email to zizydamanik22@gmail.com to collaborate.

One thought on “6 Tempat Wisata Ini Cocok Jadi Pilihan untuk Refreshing Setelah Pandemi COVID-19

  1. Pingback: Tips Traveling Pertama Kali ke Luar Negeri | Life & Travel Journal Blogger Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *