Pengen Liburan Saat Pandemi? Gak Usah Jauh-jauh, Staycation Aja di Hotel.

Spread the love

Ketika pemerintah mengharuskan setiap orang untuk kerja dari rumah, beribadah dari rumah, sekolah dari rumah, semua orang tentu harus patuh agar bisa mengurangi resiko penyebaran COVID-19.

Namun, setelah berbulan-bulan di rumah, pastinya menimbulkan kebosanan. Tak sedikit yang kemudian memutuskan untuk keluar rumah mengunjungi tempat wisata, meski masih kondisi pandemi.

Yakin deh sebagian besar orang setuju bahwa liburan saat pandemi sebaiknya ditahan dulu. Tapi bagaimana dong kalau kita sudah benar-benar stress dan lelah akibat kelamaan mendekam di rumah, dan butuh penyegaran? Beberapa teman penulis yang sebagian adalah pekerja kantoran dan juga traveler mencoba mengambil solusi dengan melakukan staycation di hotel saja.

solusi liburan saat pandemi

Apa itu Staycation?

Ini adalah gabungan dari dua kata dalam bahasa Inggris yaitu stay dan vacation. Stay artinya ‘tinggal’ lalu ‘vacation’ mempunyai arti ‘liburan. Ketika digabungkan dan artikan secara singkat dan sederhana, maka staycation artinya adalah liburan dengan tinggal di satu tempat. Staycation ini bisa merujuk pada kegiatan liburan yang dilakukan hanya di rumah saja tanpa pergi keluar-keluar atau juga bisa hanya di hotel, tidak keluar kota.

Solusi Liburan Saat Pandemi, Staycation di Hotel

“Pandemi mungkin masih lama berakhir, tapi biar otak lebih fresh karena kelamaan di rumah, escape sejenak ke hotel bolehlah,” demikian kata Hanifah.

“Anak gue sudah minta liburan, katanya bosan di rumah terus. Akhirnya kita menginap di hotel saja, ya biar ganti suasanalah,” cerita Aloysius.

Apa sebenarnya alasannya kenapa lebih baik staycation di hotel? Ini dia alasannya.

Dapat Suasana Baru

 

kamar luas buat staycation bareng keluarga

Siapapun pasti penat karena terlalu lama berada di rumah dengan suasana yang sama setiap hari. Dengan staycation di hotel, kamu bisa mendapatkan suasana yang benar-benar baru, mulai dari ruangan kamar, tempat tidur, sampai pemandangan yang bisa didapatkan. Kalau kamu menginap di hotel dengan view pegunungan atau sawah, bayangkan saja betapa nikmatnya. 

Lalu kalau hotel pastinya punya banyak fasilitas. Nah pastikan kamu menikmati semua fasilitas agar liburan lebih maksimal.

Bisa Istirahat dari Pekerjaan Rumah

Ini penting. Selama di rumah kamu pasti merasa kok pekerjaan rumah gak habis-habis, padahal kamu juga punya tanggung jawab pada pekerjaan kantor atau pekerjaan dari klien. Bahkan ketika kamu mau santai menikmati secangkir kopi atau baca buku, langsung kepikiran kalau belum masak buat makan siang, atau kepikiran cucian yang belum dijemur.

Dengan staycation di hotel, kamu bisa istirahat dari semua tetek bengek pekerjaan di rumah. Pikiran juga butuh dilemaskan lho, nah kalau sudah ganti suasana otomatis badan dan pikiran pun bisa rileks. Jangan lagi mikirin pekerjaan rumah, karena saat itu kamu sedang liburan.

Jadi Wisatawan Lokal, alias Turis di Kota Sendiri

Iyes, benar banget. Selama ini kalau kamu pergi berlibur ke kota orang, kamu pasti begitu menikmati tempat wisata dan kuliner di kota itu, tapi bisa jadi kamu lupa dan tidak sadar bahwa di kota sendiri pun ada banyak hal menarik yang bisa dilihat.

Saat staycation di hotel, kamu bisa melihat situasi sekitar hotel dan mencari tempat yang bisa dan aman untuk dikunjungi selama pandemi. Jangan lupa bila kamu memutuskan untuk keluar dari hotel, kamu dalam kondisi sehat, selalu memakai masker non medis yang sesuai rekomendasi pemerintah, dan menghindari kerumunan. Jangan memaksakan diri ke tempat wisata yang terlalu ramai ya.


Baca juga: 6 Tempat Wisata Ini Cocok Jadi Pilihan untuk Refreshing Setelah Pandemi COVID-19


Bisa Quality Time dengan Keluarga

Seperti yang sudah disinggung di awal artikel, anak-anak pun bisa stress karena kelamaan terkungkung. Dengan membawa keluarga staycation, maka kamu akan punya waktu yang benar-benar berkualitas saat berkumpul. Berenang bersama, makan malam bersama, sampai nonton film favorit di kamar bersama, tentu tidak sama rasanya kalau dilakukan di rumah.

Namun kamu juga jangan lupa untuk menjaga social distancing dengan tamu lain saat beraktivitas di luar kamar ya.

Biaya Liburan  Jadi Lebih Hemat

Kenapa lebih hemat? Selain karena kamu tidak perlu mengeluarkan biaya transportasi seperti tiket pesawat atau tiket kereta api, di masa pandemi ini hotel-hotel biasanya punya paket hemat menginap untuk staycation.

Dengan harga paket khusus yang biasanya jauh lebih murah daripada harga normal, kamu bisa menikmati liburan puas dengan semua fasilitas yang ada di hotel, seperti fasilitas kolam renang, sauna, spa, hingga mendapatkan breakfast tanpa harus membayar lagi.

Oh iya, bicara soal liburan hemat, sebenarnya selain staycation di hotel, kamu juga sah-sah saja kalau mau mencari akomodasi lain yang lebih affordable, misalnya apartemen yang bisa sewa harian.

Baca referensi ini: Pilih Sewa Apartemen atau Hotel? Cari Tahu Plus Minusnya

Nah itu dia tips buat kamu yang sudah pengen banget melepas penat dengan traveling tapi belum bisa keluar kota. Semoga membantu.


by

Hello, I'm Rina. 20-something, a dreamer and a writer-wannabe/ Currently I am trying to pursue my dream of becoming a true traveler

One thought on “Pengen Liburan Saat Pandemi? Gak Usah Jauh-jauh, Staycation Aja di Hotel.

  1. Pingback: Panduan Agar Bisa Liburan Aman Saat Pandemi | Life & Travel Journal Blogger Indonesia

Comments are closed.