Panduan Agar Bisa Liburan Aman Saat Pandemi

Spread the love

Tak terasa nih libur panjang sudah di depan mata. Pasti Anda sudah memiliki rencana untuk berlibur, baik sendiri ataupun bersama keluarga. Meski saat ini masih pandemi COVID-19, sebenarnya tidak ada salahnya merencanakan liburan untuk satu dua bulan lagi, asalkan Anda terus mengikuti protokol kesehatan.

Bagaimana biar bisa aman dan nyaman berwisata, liburan di tengah pandemi? Tentu saja cara terbaiknya adalah dengan melakukan persiapan secara matang, mulai dari mencari informasi sebanyak-banyaknya tentang destinasi liburan yang mau dituju, juga bagaimana daerah itu menerapkan kebijakan dan protokol kesehatan.

8 Tips Liburan Aman Saat Pandemi

panduan liburan saat pandemi

Di sini kami mencoba membuat rangkuman tentang panduan dan tips liburan aman saat pandemi COVID-19, sebagai panduan bagi Anda yang sudah ingin liburan sebentar lagi.

Cek bagaimana protokol kesehatan di destinasi tujuan

Beberapa daerah tujuan mempunyai kebijakan protokol kesehatan yang berbeda-beda, belum tentu sama dengan kebijakan di daerah Anda. Karena itu carilah sebanyak-banyaknya informasi tentang panduan kesehatan di sana.

Baca juga: Mau Liburan ke Bali Saat New Normal? Lengkapi dulu Syaratnya

Kemudian Anda juga harus membuat catatan khusus mengenai objek wisata yang buka apa saja, jam operasionalnya, lalu pilihan restoran dan hotel yang ada di sana, yang pasti akan Anda pertimbangkan sebelum pergi liburan.

Baca lebih detail peraturan hotel sebelum melakukan reservasi

Bahwa industri pariwista dan perhotelan mengalami dampak lumayan hebat saat pandemi, itu adalah fakta yang memang terjadi. Seperti yang kami tulis di artikel sebelumnya, banyak hotel menawarkan paket menginap untuk tamu yang ingin staycation di hotel selama pandemi.

Namun sebelum Anda memutuskan untuk reservasi, carilah informasi di situs resmi hotel yang akan dipilih, kulik dan catat apa saja syarat khusus yang harus dipenuhi oleh tamu yang akan menginap. Buka juga akun media sosialnya, biasanya hotel suka memberikan informasi upaya apa saja yang sudah mereka lakukan untuk mencegah terjadinya penularan virus COVID-19 

Cari tempat wisata yang punya layanan reservasi tiket online

Selama pandemi, rata-rata tempat wisata beralih pada layanaan reservasi tike secara online. Ini tentunya baik buat Anda, karena akan lebih aman, nyaman, dan hemat waktu. System online juga menjaga Anda dari kontrak langsung dengan petugas di tempat wisata.

Selain itu, system reservasi online adalah satu jaminan bahwa kapasitas tempat wisata sudah dikurangi sesuai anjuran pemerintah, yang mana mereka hanya akan menyediakan slot tiket yang terbatas perharinya sehingga kecil kemungkinan ada kejadian wisatawan membludak.

Pilih jadwal keberangkatan paling awal

liburan saat pandemi naik pesawat

Bila Anda memilih untuk bepergian dengan transportasi umum, maka mulailah hunting tiket untuk mendapatkan jadwal keberangkatan paling awal. Dengan demikian kondisi transportasi seperti kursi dan gagang kursi setidaknya belum banyak tersentuh oleh banyak orang.

Selain itu, sebisa mungkin kurangi menyentuh benda-bedan atau permukaan di dalam transportasi umum.

Bawa perlengkapan traveling new normal Anda

Kami sudah pernah menuliskan tentang starterpack new normal. Pada dasarnya Anda harus membawa semua perlengkapan pribadi Anda sendiri agar tidak perlu menggunakan barang-barang umum di destinasi.

Starter Pack New Normal

Stok masker yang cukup. Selama liburan tentu kita harus mengganti masker beberapa kali dalam sehari, karena itu pastikan Anda punya bekal masker non medis yang cukup di dalam backpack traveling.

Toilettries seperti: sabun cair dan hand sanitizer. Memang di tempat wisata juga sudah disediakan tempat untuk mencuci tangan, tapi lengkapi juga hand sanitizer, sabun cair untuk kebutuhan pribadi Anda.

Jaket tipis, tisu disinfektan dan tisu kering, pastikan juga membawanya selama liburan. Dan jangan lupakan obat-obatan pribadi dan vitamin. Selama liburan, kekuatan dan stamina tubuh harus dijaga agar tetap fit.

Bawa bekal makanan dan alat makan sendiri

Dengan membawa bekal makanan sendiri, Anda dan keluarga bisa memastikan kebersihan dari makanan yang dimakan. Kemudian bila Anda membawa alat makan sendiri, Anda juga tak perlu repot berbagi peralatan makan dengan pengunjung lainnya.

Bila ingin membeli makanan di tempat wisata, selalu pastikan untuk memperhatikan proses penyajian dan pengemasannya juga.

Liburan Menggunakan Kendaraan Pribadi

Kalau tadi di atas kita sudah menyinggung soal bepergian dengan transportasi umum, sekarang saatnya Anda memikirkan pilihan lainnya yaitu traveling menggunakan mobil atau kendaraan pribadi. Tentunya pilihan ini jauh lebih aman dan nyaman karena Anda sekeluarga berarti tidak perlu banyak menyentuh permukaan di transportasi umum. Selain itu bila naik kendaraan pribadi, Anda juga lebih leluasa mengatur jadwal.

Satu lagi sebelum Anda memutuskan untuk liburan saat pandemi.

Cek Mandiri Kondisi Kesehatan Anda dan Keluarga

Bila di antara keluarga ada yang sudah berusia lanjut dan juga memiliki penyakit penyerta, maka pertimbangkan kembali bila hendak diajak bepergian. Selain itu, semua anggota keluarga yang akan bepergian juga haruslah dalam inner circle yang selama sudah mengisolasi di rumah bersama-sama. Hindari dulu liburan ramai-ramai dengan keluarga lainnya yang tinggal terpisah.

..

Akhir kata, bila rencana liburan sudah matang, ingat selalu untuk tetap waspada saat berada di tempat umum. Selalu jaga jarak aman dengan orang lain karena siapapun memiliki possibility untuk menyebarkan virus corona, meskipun tidak menunjukkan gejala. Sekian travel tips dari kami, semoga bermanfaat!


by

Hello, I'm Rina. 20-something, a dreamer and a writer-wannabe/ Currently I am trying to pursue my dream of becoming a true traveler