Ingin Traveling Tapi Minim Anggaran? Yuk Simak Tips Liburan Low Budget Di Sini

Melakukan traveling bersama orang tersayang di kala musim liburan tiba memang terasa sangat mengasyikkan. Namun bagaimana jika budget yang dimiliki sangatlah minim, apakah masih bisa berlibur dengan tenang? Pasalnya, ada kalanya liburan membutuhkan uang yang cukup banyak untuk memenuhi segala kebutuhan di sana. Jangan khawatir, artikel ini akan memberikan tips liburan low budget.

Tips Traveling Low Budget

Tips Traveling Low Budget

  1. Melakukan Riset Terlebih Dahulu

Sebelum berlibur dengan low budget, alangkah baiknya bila Anda melakukan riset terlebih dahulu. Pastikan tempat manakah yang menjadi tujuan berlibur Anda bersama orang tersayang. Bukan hanya sekedar tempat semata, Anda pun harus mencari informasi mengenai harga, fasilitas, jarak yang ditempuh, penginapan, dan lain sebagainya.

Untuk memudahkan Anda, silahkan mencari segala informasi tersebut melalui internet. Lazimnya, pihak dari tempat wisata akan memberikan informasi yang sangat lengkap untuk Anda ketahui. Bila informasi masih kurang, Anda juga masih bisa menanyakan kepada orang terdekat yang sebelumnya pernah bertandang ke tempat wisata yang akan dikunjungi.

  1. Melakukan Traveling Ketika Low Season

Tips liburan low budget yang selanjutnya yakni melakukan traveling di kala low season. Mungkin sebagian besar orang akan melakukan traveling di kala high season atau saat musim liburan. Akan tetapi di musim seperti itu, bisa dipastikan bahwa harga tiket serta penginapan akan naik secara drastis karena banyaknya pemesanan. Untuk itu, tidak ada salahnya mencoba berlibur di kala low season.

Di mana pada low season, sebagian besar orang tidak banyak berlibur dan disibukkan dengan dunia mereka. Hebatnya lagi, di kala low season ini harga tiket transportasi, tempat wisata, dan lain sebagainya tidak semahal dibandingkan high season. Bahkan jika perlu, Anda pun bisa berangkat traveling pada hari biasa guna menghemat segala pengeluaran untuk liburan.

liburan hemat ke danau toba

  1. Membuat Perincian Biaya yang Diperlukan

Satu hal yang sangat penting dalam tips liburan low budget yakni dengan membuat perincian biaya perjalanan. Hal ini perlu dilakukan untuk mengontrol segala pengeluaran yang tidak dibutuhkan. Tentukan anggaran minimal yang dibutuhkan mulai dari transportasi, akomodasi, dan biaya makannya. Bila sudah, selanjutnya lebihkan anggaran seperlunya untuk dana jaga-jaga.

Berkat adanya anggaran yang dibuat di awal perjalanan, Anda bisa mengontrol serta membatasi pengeluaran. Alhasil, Anda akan terhindar dari segala biaya yang tidak diperlukan. Untuk bisa membuat rincian dana liburan ini, Anda bisa menuliskannya langsung di buku jurnal. Atau dengan mengunduh salah satu aplikasi keuangan yang menyediakan fitur semacam ini.

  1. Menghindari Menginap di Hotel yang Berbintang

Bila Anda termasuk orang yang terbiasa menginap di hotel berbintang, maka untuk saat ini cobalah menghindarinya. Pasalnya jikalau menginap di hotel berbintang, biaya yang dikeluarkan tidaklah sedikit sehingga nantinya akan membuat pengeluaran Anda membengkak. Ada baiknya bila Anda melakukan tips liburan low budget ini dengan memilih penginapan yang sekiranya menawarkan harga sesuai budget.

Baca juga: Pengen Liburan Saat Pandemi? Coba Staycation.

  1. Persiapkan kondisi tubuh dan hal lainnya

Seringkali orang mengabaikan persiapan tubuh mereka sebelum bepergian. Kondisi tubuh yang prima bisa membantu Anda menikmati setiap perjalanan yang anda lakukan. Jangan sampai acara liburan Anda terganggu karena Anda tiba-tiba merasa tidak enak badan karena tubuh yang kurang fit.

Liburan menjadi salah satu rutinitas wajib kala waktu senggang tiba. Hal ini tidak lain guna melepaskan penat dari kesibukan dunia kerja atau yang lainnya. Namun bila Anda memiliki anggaran yang sangat terbatas, maka cobalah menerapkan beberapa tips yang telah disebutkan di atas. 

Bahkan bila perlu, tekankan pada diri sendiri untuk menghemat segala pengeluaran selama liburan. Namun, Jika Anda memiliki budget lebih tentu juga tak ada salahnya untuk membeli produk asuransi perjalanan.

Asuransi perjalanan biasanya menawarkan beberapa manfaat yang bisa dinikmati seperti jaminan ganti rugi ketika terjadinya pembatalan jadwal, delay, kecelakaan dan banyak lainnya. Hal ini tentu bisa memberikan kenyamanan ekstra dalam liburan Anda.

Sharing is Caring
  • 1
    Share

One thought on “Ingin Traveling Tapi Minim Anggaran? Yuk Simak Tips Liburan Low Budget Di Sini

  1. Pingback: Apa Yang Harus Kamu Ketahui Tentang Traveling di 2021 | Life & Travel Journal Blogger Indonesia

Comments are closed.