5 Rekomendasi Channel YouTube untuk Kesehatan Mental

Spread the love

Beberapa waktu lalu saya menulis tentang pentingnya kita menjaga kesehatan mental selama pandemi COVID-19. Itu sudah beberapa bulan yang lalu, dan ternyata sampai sekarang kita memang masih dalam kondisi pandemi, dan tak heran kalau selama beberapa bulan terakhir ini gaung tentang kesehatan mental begitu kuat.

Meski demikian, ternyata meski sebagian besar orang sudah menunjukkan indikasi mengalami masalah kesehatan mental, mereka masih ragu untuk mendatangi terapis demi mendapatkan pertolongan. Padahal, dilansir dari Our World in Data, pada tahun 2017 saja, sudah ada sekitar 792 juta orang yang mengalami gangguan kesehatan mental, dengan persentase tertinggi disumbangkan oleh perempuan.

Mungkin masih banyak yang kurang percaya diri dan masih malu kalau harus langsung mengunjungi psikolog atau psikiater.

rekomendasi youtube channel kesehatan mental

Namun sebenarnya ada satu alat yang bisa membantu memberi edukasi pada kita tentang kesehatan mental. Yaitu YouTube. Mulai dari terapis profesional sampai YouTuber yang memang sangat perhatian, di sana ada banyak channel yang mempromosikan cara menjaga kebugaran tubuh dan juga kesehatan mental, yang bisa kita tonton saat sarapan pagi.

Karena itu, saya akan membagikan beberapa channel YouTube yang saya temukan yang bisa manjadi terapis online bagi diri kita. 

1. Kati Morton

Kati Moron adalah seorang terapis yang memiliki lisensi, videonya rata-rata berdurasi 10-20 menit, dan dia sering membahas detail segala tentang gangguan kesehatan mental. Sebut saja tanda-tanda Anda mengalami depresi, lalu bagaimana tips menyembuhkan diri dari narcisstic relationship, hingga tips lain yang pasti mewakili apa yang kita hadapi setiap hari.

2. Rowena Tsai

YouTuber yang satu ini bukan hanya inspiratif, tapi juga memiliki ciri sangat ramah dan penyayang ketika menyampaikan pesan. Dia rutin membuat video inspiratif tentang bagaimana seseorang dapat memandang kehidupannya dengan cara berbeda yang positif. Video-videonya banyak mengambil case yang terjadi di keseharian, bagaimana kita merawat diri dan pikiran kita.

3. Jodi Aman – Psychospiritual Healing

Ia adalah psikoterapis yang sudah berpengalaman lebih dari 20 tahun. Yang menarik adalah, Jodi sendiri pernah mengalami stress dan depresi yang dalam yang ia tuangkan dalam bukunya, “You 1, Anxiety 0, Win your life back from fear and panic”.

Video-videonya menarik karena diangkat dari permasalahan sehari-hari, katakanlah bagaimana kita menghadapi tragedi, bagaimana bila kita mengalami masalah dengan ketakutan pada publik, hingga masalah umum yang terjadi pada orang tua yang memiliki anak remaja. Semuanya genuine, karena itu saya suka menontonnya.

4. Psych2Go

Channel YouTube yang satu ini dibuat oleh organisasi kesehatan mental, dengan menyediakan banyak banget video edukasi singkat tentang relationship dan kesehatan mental.

Mereka menggunakan animasi semacam doodle, sederhana namun voice overnya sangat sangat menenangkan. Saya pikir inilah yang membuat saya betah menonton dan mendengarkannya, karena suara yang ramah, menenangkan, secara tidak langsung sudah memberikan kesembuhan pada pendengar.

5. Dr. Tracey Marks

Tracey Marks adalah seorang psikiater umum dan forensik dengan pengalaman 20 tahun. Dokter ini memiliki misi meningkatkan kesadaran dan pemahaman kesehatan mental dengan mendidik orang tentang gangguan kejiwaan, kesejahteraan mental, dan peningkatan diri.

Channel YouTubenya berisi video-video edukasi yang sangat membantu untuk kita mencari tahu lebih lanjut tentang kesehatan mental.

 

Tentu saja ada banyak channel YouTube edukasi yang juga membicarakan tentang kesehatan mental. Monggo silakan dicari yang sesuai dan dirasa cocok, bisa menemani kita saat pagi lagi ngopi, atau siang hari ketika rehat sejenak dari pekerjaan. Karena bagaimanapun, urusan kesehatan mental tidak boleh dianggap sepele.

Bila kalian punya rekomendasi channel lainnya, let me know ya!

Salam saya,
-ZD-

by

About Zizy Damanik Passionate in traveling, photography, and digital content. I have a professional experience as a digital marketer and social media strategist at Telco and OTT. Drop your email to zizydamanik22@gmail.com to collaborate.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *