5 Tips Menjaga Kesehatan Buat Yang Ngantor

Siapa di sini yang sudah merasa keenakan wfh sehingga begitu harus wfo langsung kelelahan? Saya begitu. Itu sebabnya saya selalu menentukan hanya satu kali saja dalam satu minggu saya datang ke kantor untuk koordinasi, selebihnya di rumah saja, soalnya kalau harus ke kantor, terasa sekali effortnya luar biasa, betapa banyak waktu terbuang untuk di jalan.

Tapi, mau bekerja di kantor atau bekerja dari rumah, kita semua pasti menghabiskan waktu lebih banyak di depan komputer dan meja, dan mungkin saja banyak yang merasa kurang menjalani gaya hidup sehat saat bekerja.

Ada langkah praktis bagaimana kita dapat menciptakan lebih banyak keseimbangan dalam hal menyeimbangkan antara kerja dan kesahatan, karena ujung-ujungnya adalah agar bisa tetap produktif dan efisien dengan apa yang dilakukan.

Lakukan upgrade pada tempat kerja

Meja dan kursi biasa tidak direkomendasikan untuk digunakan sepanjang waktu. Bila kita menghabiskan waktu lama di depan laptop, kita butuh minimal kursi egronomis yang serasi dengan meja. Meja kerja sendiri juga harus memilik standar ketinggian dan luas yang sesuai dengan kebutuhan bidang kerja, agar saat kita duduk dan bekerja, tidak terlalu kesempitan atau terlalu pendek, sehingga susah untuk bergerak.

Mengurangi kafein

Selanjutnya, sebaiknya mengurangi konsumsi kopi dan teh saat bekerja dan sebagai gantinya memilih minum air putih biasa. Memang benar, kopi memiliki manfaat untuk meningkatkan konsentrasi saat bekerja, namun ketergantungan pada kafein tidak baik juga untuk kesehatan.

Air putih? Ya memang tidak ada rasanya, sih. Tapi air tidak mengandung kalori dan tidak akan membuat peminumnya bertambah berat badan. Justru saat bekerja sepanjang hari, asupan air putih akan membantu mengeluarkan racun dari tubuh, sebab air akan sangat membantu melawan dehidrasi. Hasilnya bisa meningkatkan produktivitas di tempat kerja!

Bawa bekal makan siang sendiri 

Bagi yang kerja di kantor, saat waktu makan siang tiba, hindari godaan untuk makan makanan cepat saji yang disediakan kantin, atau order delivery food sering-sering. Bawalah makanan dari rumah, sehingga kita bisa mengatur sendiri gizi dan porsi yang masuk.

Aga tidak kerepotan harus memasak setiap hari, masaklah sekaligus untuk kebutuhan beberapa hari simpan di dalam kotak-kotak untuk sekali makan, dan bisa dibawa sebagai bekal ke kantor. Untuk yang kerja dari rumah pun, kalian bisa langsung makan tanpa perlu lagi repot memasak buru-buru.

Selain badan jadi lebih sehat karena diberi asupan gizi yang terjadi, jadi lebih hemat juga dibandingkan menghabiskan uang untuk beli makanan dari luar.

Perbanyak jalan kaki di waktu istirahat

Apakah di kantor ataupun di rumah, jangan menunggu ada waktu khusus untuk dapat pergi keluar berolahraga di gym. Bisa kok menggunakan jam makan siang sepuluh lima belas menit untuk berjalan kaki di sekitar kantor, atau mengelilingi rumah.

Berkaca pada pengalaman pribadi, berolahraga singkat di waktu makan siang sangat membantu untuk meningkatkan kesehatan dan kebugaran yang lebih baik. Merenggangkan dan melenturkan fisik terbukti membantu menurunkan tingkat stres di tempat kerja. Manfaat lainnya? Jalan kaki atau olahraga di siang hari berarti tidak perlu repot harus bangun lebih cepat di pagi hari untuk mengejari waktu olahraga.

Tentukan waktu khusus istirahat di sore hari meski hanya sebentar

Mereka yang memiliki jadwal keja yang padat selalu berusaha mengisi setiap jam dengan pekerjaan dan rapat berderet. Nasihat dari saya, ambil setengah sampai satu jam khusus di sore hari untuk benar-benar istirahat, agar otak lebih fresh dan badan juga tidak pegal. Saya biasa menggunakan waktu setengah jam untuk benar-benar istirahat, entah membaringkan tubuh sebentar di kasur (kalau di rumah), atau kalau di kantor, menyandarkan badan dan mengistirahatkan mata. Bila bisa, lakukan yoga atau meditasi di waktu yang khusus itu. Lepaskan jam tangan, longkarkan pakaian, dan jauhkan ponsel. Bukan hanya badan yang harus sehat, pikiran juga harus sehat.

olahraga yang bisa dilakukan saat istirhat

Selamat mencoba.

 

Sharing is Caring

by

About Zizy Damanik Passionate in travel, photography, and digital content. Drop your email to admin@tehsusu.com to collaborate.

One thought on “5 Tips Menjaga Kesehatan Buat Yang Ngantor

  1. aku juga selalu take a break dan mengerjakan sesuatu yang bikin happy dulu mba, baru kembali ke kesibukan kantor yang memang ngga ada matinya, even di tengah pandemi hehe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *