8 Langkah Pasti Memaksimalkan Kenyamanan dalam Kereta Api

Masih ragu memilih kereta api untuk perjalanan jauh?

Sebenarnya, naik kereta api bisa menjadi pilihan perjalanan yang tetap menyenangkan, asalkan kita tahu cara memaksimalkan kenyamanan di dalamnya. Oleh karena itu, agar kita semua tahu caranya, berikut ini silakan intip 8 langkah pasti memaksimalkan kenyamanan naik kereta api. Siapa tahu setelah menerapkan ini, Anda malah makin keranjingan naik kereta api kemana-mana.

1. Pesan Tiket Online

Kenyamanan naik kereta api sudah harus Anda rasakan sebelum perjalanan dimulai. Daripada, jauh-jauh datang ke loket stasiun untuk membeli tiket kereta api, permudahkan diri dengan memesan tiket secara online di https://www.traveloka.com/kereta-api. Pemesanan online sudah dipastikan menjadi cara paling praktis karena Anda tinggal mengakses situs penjualan tiket online melalui gadget, dari mana saja dan kapan saja. Ditambah lagi, Traveloka sebagai online travel agent lokal terpopuler di Tanah Air turut menambahkan layanan pemesanan tiket kereta api yang memastikan kita bisa membeli tiket dengan lebih praktis, cepat, aman, dan tentunya murah.

2. Ambil Kelas Eksekutif untuk Kenyamanan Sempurna

Sebagaimana pesawat, kereta api juga menyediakan kelas penumpang yang beragam. Kelas termewahnya adalah kelas Eksekutif. Di kereta api kelas Eksekutif, tempat duduknya nyaman dengan bantalan sofa dan sandaran yang bisa disesuaikan untuk kenyamanan tidur selayaknya di dalam pesawat terbang. Jarak antar-tempat duduk penumpang sangat luas, sehingga kita tidak akan pegal meski perjalanan jauh dan lama. Enaknya lagi, antar-baris bangku bisa diputar, sehingga bisa saling berhadapan dan sangat cocok jika kita bepergian dengan rombongan. Dalam kereta full AC ini, setiap bangku penumpang juga sudah dilengkapi colokan listrik, sehingga gadget Anda bisa tetap menyala untuk menemani sepanjang perjalanan. Beberapa jenis kereta api kelas Eksekutif juga memiliki meja makan yang bisa dilipat. Toiletnya pun bersih dan ada gerbong makan khusus.

3. Memilih Tempat Duduk yang Pas

Dalam perjalanan naik kereta api, tempat duduk yang paling nyaman pastilah di samping jendela. Pasalnya, tempat duduk tersebut memberikan pemandangan yang memukau sepanjang perjalanan. Posisi tidur pun jadi lebih leluasa jika Anda memilih tempat duduk di samping jendela. Sementara itu, bagi Anda yang sering bolak-balik ke kamar mandi, sebaiknya pilih tempat duduk dekat lorong. Untuk posisi, umumnya orang menyarankan untuk memilih tempat duduk di baris tengah gerbong apabila ingin merasakan kenyamanan lebih. Posisi tersebut terbilang paling stabil dari getaran, paling tenang karena jauh dari bordes (ruang di ujung gerbong untuk naik turun kereta atau keluar masuk antar-gerbong), dan bersuhu paling stabil.

4. Bawa Makanan Kesukaan

Kereta api memang menyediakan layanan santapan yang bisa Anda nikmati di gerbong khusus maupun di tempat duduk. Namun, untuk kenyamanan lebih, bawalah makanan kesukaan sendiri selagi kereta api membebaskan penumpangnya membawa makanan dan menyantap sepuasnya sepanjang perjalanan (selama tidak mengganggu penumpang lain). Bagi Anda yang suka Nasi Padang pun bisa membungkus dan menyantapnya dengan nikmat dalam kereta api.

5. Awasi Bagasi Sendiri

Tak seperti pesawat, bagasi yang Anda bawa naik kereta tidaklah ditempatkan pada lokasi terpisah. Bagasi tersebut akan dibawa terus bersama Anda dan bisa diletakkan pada kompartemen yang berada di atas kepala, bangku, maupun pada bawah bangku Anda. Untuk menjaga keamanan, letakkan bagasi sedekat mungkin agar Anda bisa mengawasinya setiap waktu. Lagipula, hal tersebut memudahkan Anda jika sewaktu-waktu ingin mengambil suatu barang dari sana.

6. Bawa Musik atau Buku untuk Menemani

Untuk mengusir kebosanan saat perjalanan jauh naik kereta api, Anda bisa menyetel lagu kesukaan ataupun membaca buku. Penuhi pemutar musik dengan lagu yang Anda sukai. Bahkan, Anda bisa streaming musik melalui gadget karena kereta api tidak melarang penumpangnya menyalakan koneksi telepon atau internet selama perjalanan. Cara lain, membaca buku yang pastinya bisa memberikan inspirasi tersendiri.

7. Manjakan Mata dengan Pemandangan Sekitar

Hal yang juga bisa menambah kenyamanan selama perjalanan naik kereta api adalah pemandangannya. Setiap deret bangku kereta api dilengkapi jendela yang cukup besar. Jendela menampilkan pemandangan beragam, mulai dari pemukiman, sawah, hutan, bukit, jalan raya, bahkan tepi laut. Pemandangan ini akan menjadi teman perjalanan yang asyik. Anda bisa foto-foto maupun menggambar sketsa sebagai dokumentasi.

Yuk sempatkan diri membaca artikel perjalanan saya beberapa waktu lalu. Saat itu saya dan anak saya pergi naik kereta api, untuk mengunjungi suatu tempat dengan pemandangan yang indah, serta mencoba tempat wisata terbaru yang sedang hits.

8. Jangan Lupakan Bantal Leher dan Selimut

Agar Anda tetap nyaman dalam perjalanan jauh, serta bisa beristirahat dengan sempurna, maka bawalah bantal leher dan selimut. Ganjal leher dengan bantal agar Anda bisa tidur tanpa pegal. Selimut penting karena semua kereta api sekarang sudah dilengkapi AC. Jika memilih kelas penumpang Eksekutif, bantal dan selimut sudah disediakan gratis.

Bila Anda bepergian bersama anak, saya pernah share juga tipnya di artikel ini.

-ZD-

Related Post

Curug Nangka, Bogor “Masih jauh gak, Mas?” “Sedikit lagi, kok. Itu udah kelihatan. Sedikit lagi pas jam dua belas, nanti pada keluar tuh nangkanya.” Haaa...? Keluar nangkanya? Emangnya monyet, keluar dari hutan? Hmm.. apa iya di sini setiap jam 12 itu jam produksi...
Menjajal Soto Triwindu, Favorit Pak Jokowi Barisan kabut seakan menggayuti gunung ketika pesawat akan mendarat di bandara Adi Sumarmo Solo. Pemandangan yang indah, tapi tak sempat terekam oleh kamera. Kalah sama bapak-bapak di sebelah ya bo’, sejak di atas terus memotret, dan seakan tak mem...
Satu Hari di Pajak Horas Waktu menunjukkan jam sepuluh pagi ketika saya sampai di Pajak Horas Siantar. Bertiga dengan Vay dan mbaknya, kami diturunkan di tepi jalan oleh supir.  Berbelanja ke pasar tradisional adalah hal yang jarang sekali saya lakukan. Waktu masih di Medan...
Membeku di Negara Orang Uhuy. Saat ini saya sedang ada di Tokyo, Jepang. Foto ini, foto di depan Suwa Lake yang sedang beku. Kita dalam perjalanan menuju Shirakaba (Shirakabako) untuk main salju. Cerita lengkapnya menyusul ya. :)
Cerita Liburan Vay di ANCOL Dua minggu lalu, ketika sekolah Vay libur term seminggu, saya tanya ke Vay ingin libur ke mana. Biasanya nih, favorit Vay itu antara Kidzania dan Sea World. Namun kemarin dia bilang dia ingin liburan di hotel. Tidak usah ke luar kota, di Jakarta juga...

by

About Zizy Damanik | A Working Mom | Activities, Travel and Lifestyle | Photography | Coffee |

7 thoughts on “8 Langkah Pasti Memaksimalkan Kenyamanan dalam Kereta Api

  1. anak2 biasanya seneng naik kereta… asal gak gampang mabok aja ya. dulu gua pas kecil soalnya tiap naik kereta yang ada mabok. hehehe.

  2. Aku dah lama banget ngak naik kereta, terakhir 2 th lalu dari bandung ke banjar.
    Merindu zaman masih tiketkereta murah bisa naik argo cuman 180 ribu Jkt _ Sby hehehe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *