Yuk Liburan Akhir Tahun ke Yogyakarta

Sudah mau libur panjang akhir tahun nih. Sudah ada rencana mau libur ke mana nih? Saya kok sekarang kebayang Yogyakarta ya? Itu kota yang ngangenin banget menurut saya, suasana kotanya, kehangatan orang-orangnya. Yang ada di sana menyamankan hati.

[Cerita lama saya tentang Yogyakarta bisa dibaca di sini ya.]

Belum lagi pertimbangan bahwa di sana itu biaya wisata masih relatif murah. Hotel, tempat makan, transportasi, pilihannya lengkap dan terjangkau sesuai kemampuan. Kalau dulu, Yogyakarta dikenal sebagai kota pelajar, tapi kalau menurut saya, saat ini Yogyakarta lebih tepat disebut sebagai kota wisata paling menarik. Kebetulan berteman dengan dengan beberapa orang Jogja, yang selalu rutin update tempat-tempat kece di Instagram, bikin mupeng berat pengen ke Jogja bawa Nona Vay. Pengen eksplor wisata alamnya, juga wisata kulinernya.

Ini dia beberapa tempat yang saya ingin sekali kunjungi kalau ke Yogyakarta.

1. Malioboro

Ini adalah tempat wisata paling wajib dikunjungi kalau ke Yogyakarta. Letaknya di jantung kota Yogyakarta, dan paling indah dan romantis (katanya) kalau sudah masuk senja hari. Bisa duduk di bangku-bangku di trotoar sambil memandang lalu lalang orang lewat, atau berbelanja batik, hingga kulineran. Jadi ingat dulu sekali waktu masih sekolah dan main ke Yogyakarta, uang pegangan yang dikasih papi saya liburan ke Yogyakarta menipis di tempat ini. Setelah dibelikan tiket bus untuk pulang ke Jakarta, sisa uang di dompet hanya Rp20ribu.

(Gimana coba kalau beneran habis uang, sementara jaman itu belum ada ATM)

2. Pantai Parangtritis

Sudah biasa sih main ke pantai, tapi kalau lihat foto-foto pantai yang diupload teman saya, pantai Jogja itu beda. Sunsetnya itu membara, dan punya daya tarik mistis yang cantik. Katanya kalau di pantai ini, duduk sampai malam bisa melihat bintang di langit.

Foto "Pantai Parangtritis" by @bebex_rock

Foto “Pantai Parangtritis” by @bebex_rock

3. Keraton Yogyakarta

Ini adalah tempat kesultanan Yogyakarta, dan masih jadi hunian keluarga kerajaan sampai sekarang, jadi kepengen gitu bawa Vay ke sana biar bisa belajar sejarah langsung dari tempatnya. Namanya anak-anak, selalu takjub dengan cerita-cerita tentang kerajaan, jadi memang seharusnya mereka juga tahu bahwa di Indonesia sendiri punya sejarah keluarga kerajaan.

4. Desa Wisata Kalibiru

Ini tempat yang sedang hits luar biasa di kalangan anak muda sejak dua tahun terakhir ini. Terletak di lereng bukit dengan latar belakang alam yang sangat memikat, pengunjung akan berpose seakan sedang duduk santai di β€˜teras’ di atas pohon pinus, sambil memandang ke kejauhan. Begitu Kalibiru booming di social media, barulah muncul yang mirip-mirip juga di Lembang, Bandung.

So, untuk dapat mewujudkan niat ini, saatnya persiapan akomodasi dan transportasi. Mau nginap di mana dan berangkatnya gimana. Sudah dua malam ini saya buka-buka beberapa situs perjalanan, dicatat-catat dulu semuanya, baru rencananya mau dibandingkan.

Tapi kemudian, setelah cek sana-sini, baru keingat kalau Traveloka punya menu pemesanan yang praktis dan sangat menghemat waktu. Yaitu paket pesawat hotel Traveloka. Hiih… kok saya bisa lupa ya. Ngapain coba repot-repot cari hotel sendiri, terus dicatat satu-satu, belum lagi cari tiket pesawat di websitenya, sungguh menghabiskan waktu. Dan lelah, sih sejujurnya.

paket pesawat + hotel

paket pesawat + hotel

Nah, ternyata kalau pesan paket tiket dan hotel di Traveloka, jatuhnya jadi jauh lebih hemat dibandingkan pesan terpisah, lho. Hematnya bisa sampai 20% di luar kode promo. Lumayan kan kalau ada lebih budget, bisa dipakai untuk kulineran di sana. Dan yang bikin saya merasa nyaman untuk melanjutkan transaksi di sini adalah banyaknya metode pembayaran yang bisa dipilih. Yeah, namanya juga mak-mamak ya, harus bisa mengatur cash flow.

Saving time, saving money. Boleh dicatat lho ya, kalau mau liburan, gak usah repot-repot cari pesawat dan hotel terpisah. Cari saja yang sudah paket, kalau bisa dapat lebih kenapa enggak kan?

-ZD-

Related Post

Batik Sapuan: The Art of Batik Workshop itu sederhana saja. Lantai dari semen yang tidak rata, dinding yang terdiri dari separoh semen dan anyaman bambu, serta atap dari jerami. Pagar besi coklat berdiri kokoh di antara ketidak-konsistenan konsep workshop tersebut. Di sudut san...
Day 1 in Perth : City of Perth Perth, 21st Feb 2007 04.35 am GA 730 tiba di Perth International Airport pukul 03.45 pagi setelah menempuh perjalanan selama 4 jam. Kalau dalam wib, kira-kira jam 01.45. Perasaan saya baru saja tertidur, tapi kok sudah terbangun. Melangkahkan ...
Happy Ramadhan di Medan Vay bukan anak yang bisa enjoy saat terbang. Dia selalu cemas dengan guncangan, dan selalu memilih untuk tidur. Maka, ketika kemarin siang pesawat kami akhirnya menjejak bumi dan melaju perlahan mendekati gedung, perlahan-lahan roman wajahnya kembali...
Oleh-oleh Mudik 1 : Lebaran di Siantar Akhirnya online juga. Sebenarnya sih waktu mudik kemarin kita bawa laptop, tapi karena ternyata selama disana saya ngurusin Vay terus -- yang ngintil aja kemana maminya pergi -- alhasil tidak sempat mengupdate berita lebaran selama mudik. Hanya sempa...
Pandawa Beach, Secret Beach yang Seksi Gak sah kalau ke Bali tidak main ke pantai. Bener banget. Jadilah di hari kedua, kami main ke pantai. Pantai Pandawa jadi tujuan pertama kami. Pantai Pandawa adalah pantai yang lagi populer di Bali. Letaknya di Desa Kutuh, Kabupaten Badung. Pa...

by

About Zizy Damanik | Mommy Vay | a former Digital Marketing Manager | a Content Creator | A Passionate Traveler and Photographer | Coffee Lovers | Beach Addicted |

12 thoughts on “Yuk Liburan Akhir Tahun ke Yogyakarta

  1. MayaImoy

    Akuuu..aku sukses liburan ke Jogja akhir tahun 2017, dan sempat nekat ikut event foto hunting model dan kerajinan kain lurik.. walau bolak-balik ke Jogja tapi ternyata selalu ada yang baru di kota ini, pdhl belum semua bisa dicoba.. Jogja ((memang)) istimewa ?

  2. Pingback: [Bali Trip] Mengejar Sunset di Pantai Batu Bolong | | BLOG-nya Zizy Damanik

  3. Akupun kangeeeen banget ama jogja. Sebenernya krn kampung di solo, kita slalu mampir sih ksana tiap mudik. Tp jarang nginep krn lbh milih balik ke solo. Pdhl sbnrnya aku pgn sesekali ke jogja lagi dan agak lamaan. Biar puas jelajah wisatanya πŸ™‚

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *