Cara Meningkatkan Motivasi untuk Diri Sendiri

Sebagai manusia, terkadang kita bisa kehilangan tujuan dan motivasi dalam hidup sehingga merasa tidak bersemangat dalam menjalani keseharian. Agar bisa kembali bersemangat, Anda perlu tahu cara untuk menemukan dan membangun motivasi untuk diri sendiri.

Adakalanya kita mengalami kegagalan, kekecewaan, atau rasa jenuh dalam hidup yang menyebabkan hilangnya motivasi. Padahal, motivasi sangat penting untuk membantu kita mencapai tujuan, memecahkan masalah, menghadapi tantangan, dan mengambil peluang. Bukan hanya itu, motivasi juga diperlukan untuk mengubah kebiasaan buruk.

menjaga motivasi

Kenal Lebih Jauh dengan Arti dari Motivasi

Saya dan juga Anda pasti mengenal sekelompok orang yang kalau kita lihat selalu melakukan hal yang sama selama bertahun-tahun dan sepertinya mereka baik-baik saja dan tidak merasa masalah dengan itu, baik di pekerjaan, usaha hingga kehidupan pribadi. Misalnya, rekan kerja di kantor yang sudah puluhan tahun menjadi juru catat, tidak terlihat akan maju ke arah yang lebih baik.

Lalu di sisi lain, kita juga pasti kenal dengan mereka yang sangat fokus pada hal positif, dan kuat mendorong diri mereka untuk mencapai level yang lebih tinggi. Seperti promosi di tempat kerja, rajin bepergian ke banyak tempat, atau melanjutkan sekolah lagi. Ini adalah orang-orang yang terlihat terus maju menuju sesuatu yang dapat meningkatkan kehidupan mereka.

Yang membedakan dari kedua tipe individu ini adalah motivasi. Motivasi adalah dorongan atau kebutuhan, motivasi adalah suatu kondisi di dalam diri kita yang menginginkan perubahan, baik dalam diri sendiri maupun lingkungan, yang akan mendorong kita untuk maju untuk mengatasi tantangan dan rintangan untuk mencapai tujuan.

Tanpa motivasi, Anda akan menyerah setelah beberapa kali gagal, atau bahkan pada tantangan berat pertama yang menghadang Anda. Atau Anda hanya akan tetap di tempat Anda sekarang: tidak bahagia namun tidak melakukan apa pun untuk maju. Saya harus katakan bahwa saya pun pernah berada di posisi ini.

Disadari atau tidak, motivasi adalah kekuatan besar dalam hidup Anda, dan itu perlu dimanfaatkan untuk unggul dan benar-benar menikmati apa pun yang Anda lakukan setiap hari. Jika Anda mulai berpikir bahwa, “Duh saya butuh motivasi, nih.” maka jelas bahwa Anda harus mulai mengambil langkah. Ingat bahwa motivasi itu tidak seperti saklar lampu yang bisa diswitch off hidup dan padam, tapi motivasi itu ibarat lautan manusia yang sedang berjalan naik dan turun di stasiun MRT. Mengalir, dan kalian yang memutuskan akan ikut atau tidak.

Baca juga: Buku Motivasi yang Bagus untuk Remaja

Cara Mempertahankan Motivasi Utama dan Tujuan

tips membangun motivasi

Tanyakan pada diri sendiri, kenapa kita butuh motivasi? Apakah ada tujuan tertentu yang ingin dikejar? Bila alasannya sendiri kurang kuat, maka Anda tidak akan mempunyai energi yang cukup untuk itu. Motivasi akan memberi kita  energi untuk melakukan sesuatu, sebuah energi yang perlu difokuskan di suatu tempat.

Catat tujuan dan target

Sebuah tujuan, sebuah target, tidak berarti harus sangat besar. Rahasianya adalah, apapun tujuan Anda, apapun target Anda, semua itu haruslah memberikan nilai yang berarti pada Anda. Anda ingin memiliki rumah pribadi dalam lima tahun kedepan? Anda ingin dapat promosi tahun berikutnya? Atau sesimpel, Anda ingin menjadi orang yang lebih sehat dan bugar dalam enam bulan ke depan sehingga bebas dari penyakit kronis yang Anda derita saat ini?

Catat kemajuan dan progressnya

Selanjutnya adalah bagaimana agar ada progress dari kegiatan Anda. Artinya harus terus bergerak, agar Anda bisa melihat sejauh mana kemajuannya. Bicara soal kemajuan, ini tidak harus besar, bahkan kemajuan-kemajuan kecil pun bisa sama memberikan motivasi, selama ada hasil konsisten yang bisa Anda lihat.

Buatlah sebuah indikator kemajuan untuk diri Anda, seperti seperti daftar periksa atau pencapaian. Gunanya untuk memvisualisasikan kemenangan-kemenangan baik kecil atau besar dari capaian Anda. Catatan pencapaian dapat memicu otak kita untuk mengakui bahwa kita telah berhasil sejauh ini, dan ini akan memberi energi motivasi.

Para pemain Candy Crush tentu mengerti ini. Mereka memberikan begitu banyak indikator kemajuan (dan persaingan) setiap harinya, dan ini memicu titik motivasi di kepala para pemainnya sehingga menjadi ketagihan bermain.

Bagaimana? Sampai sini tentu sudah paham bahwa semua orang butuh motivasi agar hidup ini ada peningkatan, dan kita harus mencatat setiap progress dari tujuan yang ingin dicapai agar energi motivasi tetap terjaga.

cara meningkatkan motivasi diri

Jangan lupa share tulisan ini ya.

Sharing is Caring
  • 4
    Shares

by

About Zizy Damanik Passionate in travel, photography, and digital content. Drop your email to hello@tehsusu.com to collaborate.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *