Jaga Anak Tetap Sehat dengan Vitamin yang Tepat

Adaptasi pada situasi endemi dan musim pancaroba yang masih belum selesai, menjadi peringatan kita untuk waspada melakukan pencegahan ekstra terutama saat ini sekolah tatap muka sudah kembali berjalan. Penyakit yang terkait dengan perubahan musim yaitu sakit flu sangat mudah ditemukan saat ini. Dengan kondisi ini, ada panduan sederhana yang dapat diikuti untuk menjaga semua orang di keluarga kita tetap sehat, mulai dari membiasakan perilaku hidup sehat hingga tambahan nutrisi seperti vitamin anak 1 tahun.

Tips Memelihara Kesehatan Anak Selama Musim Flu

Ibu yang memiliki anak lebih dari satu, tentu tahu apa yang bisa dilakukan oleh satu anak sakit kepada anggota keluarga lainnya, jadi mari kita berhati-hati dengan tips memelihara kesehatan anak berikut ini agar tumbuh kembangnya tetap optimal.

1. Perkuat Perilaku Sehat

Ketika saya masih muda, ibu saya selalu mengatakan kepada saya agar tidak membuang ingus, bersin atau batuk. Bila tidak tahan untuk batuk atau bersin, harus menutup mulut dengan lengan. Sekarang setelah saya sendiri menjadi seorang ibu, saya mengerti betapa pentingnya kebiasaan sederhana ini dalam menjaga kesehatan anak, keluarga dan orang lain di sekitar kita.

Kebiasaan sederhana lainnya termasuk sering mencuci tangan, tinggal di rumah saat sakit, makan makanan yang sehat, tetap aktif berolahraga, dan pola tidur yang berkualitas.

mencuci tangan

2. Cek kembali kartu imunisasi, perbaharui yang perlu

Tentu ini berlaku untuk semua yang ada di rumah, baik orang dewasa hingga hewan peliharaan kita. Memastikan imunisasi kita selalu up to date dan siap melawan penyakit yang bisa muncul disituasi endemi atapun saat musim pancaroba adalah cara mudah untuk tetap menjaga kesehatan keluarga dan memastikan kesehatan anak terjaga. Tidak ada kata terlambat untuk mendapatkan suntikan vaksin flu, terutama jika dianggap berisiko tinggi.

Siapa saja kelompok dengan risiko tinggi? Berikut ini:

  • Anak dengan usia di bawah 2 tahun
  • Mereka dengan usia di atas 65 tahun
  • Wanita hamil
  • Siapapun yang memiliki penyakit bawaan yang berat, yang harus digarisbawahi adalah penyakit yang gampang memburuk ketika sedikit saja merasa kurang sehat.

3. Membangun aktivitas fisik yang baik setiap hari

Anak-anak pada umumnya sangat aktif dan susah berhenti. Bahkan anak-anak usia di bawah dua tahun bisa jadi sangat aktif meskipun mereka sedang flu, padahal ibunya yang deg-degan karena flu gak sembuh-sembuh.

Baik untuk anak yang kecil atau yang lebih besar, biasakan mereka dengan kegiatan fisik, agar tidak jatuh pada kebiasaan yang kurang baik seperti terlalu banyak berada di depan handphone, tidak banyak bergerak, diet yang tidak sehat, serta pola tidur berantakan agar tumbuh kembangnya tetap optimal.

aktivitas anak di rumah

4. Sediakan selalu multivitamin harian anak di dalam Family Immunity Kit

Memastikan bahwa di rumah ada satu kotak bernama Family Immunity Kit adalah cara yang bagus untuk memastikan kita siap menghadapi wabah flu atau pilek. Berikut ini adalah yang sebaiknya ada di dalam kotak tersebut:

  • Yes, it’s a must. Sediakan satu dua buah, sebaiknya ada juga versi non digital bila parents di sini lebih suka pakai yang digital.
  • Bantalan kompres demam
  • Semprotan anti septik untuk tangan
  • Semprotan anti septik hidung, seperti pencair ingus yang tersumbat
  • Sirup penurun panas dan demam
  • Curcuma Plus Honey Vit, yaitu madu multivitamin lengkap untuk jaga daya tahan tubuh anak

Curcuma Plus Honey Vit adalah madu multivitamin lengkap yang mengandung minyak ikan kod, vitamin C, temulawak organik, sari kurma, serta multivitamin lainnya. Sangat direkomendasikan untuk membantu jaga daya tahan tubuh anak serta memelihara kesehatan anak. Dilengkapi juga dengan minyak ikan kod yang baik untuk membantu kecerdasan anak. Jadi, tidak hanya daya tahan tubuh anak saja yang terjaga, tetapi setelah minum Curcuma Plus Honey Vit, kecerdasan anak pun terbantu.

vitamin curcuma plus

Dengan dibukanya kembali sekolah tatap muka, anak kita harus dibekali dengan kesigapan menjaga kebiasaan sehat seperti rajin mencuci tangan, menutup mulut ketika bersin, aktif bergerak dan berolahraga selama di sekolah, istirahat yang cukup, hati yang senang dan optimis, serta vitamin daya tahan tubuh seperti Curcuma Plus Honey Vit. Meski covid-19 sudah memasuki fase endemi, dan anak sudah divaksin dua kali, menjaga stamina tubuh tidak boleh kendor ya. Jadi jangan lupa bekali anak dengan Curcuma Plus Honey Vit ketika anak sudah mulai full PTM.

Ingat…

  • Orangtua harus memastikan vitamin atau suplemen yang akan diberikan pada anak sesuai dengan usia anak dan kondisi tubuh
  • Selalu baca seksama label komposisi baik pada obat ataupun suplemen sebelum diberikan
  • Jika perlu, orangtua sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter untuk mengetahui alasan dan rekomendasi vitamin daya tahan tubuh untuk anak.
  • Pastikan anak selalu terhidrasi dengan banyak air, baik ketika dia berada di sekolah, dan apalagi ketika sedang kurang fit.

Di rumah saya, kami selalu mengambil tindakan pencegahan yang diperlukan untuk selalu sehat. Ini berarti termasuk memperhatikan konsumsi buah dan sayuran, lebih sering makan makanan rumah, menjaga kebersihan yang baik, dan sebisa mungkin menghindari kontak dengan orang lain yang sakit.

Kebiasaan-kebiasaan sederhana di atas sangat meningkatkan peluang kita untuk tetap sehat selama musim pancaroba dan musim flu. Salam sehat!

Sharing is Caring
  • 1
    Share

by

About Zizy Damanik Passionate in travel, photography, and digital content. Drop your email to hello@tehsusu.com to collaborate.

One thought on “Jaga Anak Tetap Sehat dengan Vitamin yang Tepat

  1. Pingback: Cara Mengurangi tress Saat Bekerja Dari Rumah | Life, Parenting & Travel Journal Mommy Blogger

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *