Kenapa Harus Rutin Mengunjungi Dokter Mata

Setengah tahun terakhir ini saya merasa ada yang salah dengan mata saya. Seperti pandangan kurang jelas dan kabur saat melihat, lalu membaca sudah mulai susah dengan kacamata yang sekarang, dan harus melihat ke layar laptop atau ponsel dengan brightness yang tinggi.

Selain saya, anak saya sebenarnya saya lihat juga ada masalah dengan mata, dia suka nge-zoom tampilan tulisan di laptopnya untuk fokus pada satu kalimat misalnya. Awalnya di awan tahun ini kami iseng ngecek ke salah satu optik ke mall, malah hasilnya aneh, disebut hasilnya plus 5. Lho? Tapi kami belum sempat juga ke dokter mata, hanya ketika dia di sekolahnya ada pemeriksaan kesehatan secara menyeluruh, dokter juga menemukan kalau penglihatannya agak kabur.

Akhirnya sebulan yang lalu saya menyempatkan untuk pergi mengunjungi dokter mata karena sudah merasa perlu diperiksa. Khawatir ada masalah pada mata yang terkait dengan kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Jadi, kenapa kita harus rutin mengunjungi dokter mata. Secara umum berikutlah manfaatnya:

Memeriksakan Mata

Salah satu alasan utama untuk mengunjungi dokter mata secara rutin adalah untuk memeriksa kondisi mata. Memang, jika kita merasa menderita masalah mata tertentu, termasuk glaukoma, katarak, atau hipertensi okular, maka kita harus mengunjungi dokter mata untuk diperiksa lebih lanjut. Bila di Jakarta, ada Klinik Mata Nusantara hingga RS Mata SMEC yang menyediakan pelayanan kesehatan mata lengkap.

Saya kemarin membawa anak saya ke RS Mata SMEC di Tebet, bertepatan dengan di hari itu dia ada janji kerja kelompok di rumah temannya di daerah Tebet. Pengalaman secara keseluruhan memuaskan, karena pegawai hingga dokter yang bertugas sangat ramah. Setelah memeriksakan mata dengan seksama, anak saya ternyata bukan plus 5 tapi mengalami gangguan silindris pada kedua matanya. Bayangkan bila kami langsung percaya pada optik dan memesan kacamata yang salah.

mengunjungi dokter mata

Memperbarui Resep

Jika penglihatan memburuk, kita mungkin perlu memperbarui resep kacamata atau lensa kontak. Dokter mata dapat memberikan berbagai layanan, terutama yang berkaitan dengan pengujian mata untuk mengidentifikasi suatu masalah. Jika ingin memastikan kita memiliki penglihatan yang bagus, maka kita harus mengunjungi dokter mata secara teratur. Dan ini juga saya lakukan kemarin, karena saya sudah merasa sakit kepala dan migrain akibat kelelahan mata. Saya kemarin juga mendapatkan resep baru untuk kacamata saya, karena ternyata saya sekarang jadi ada minus, silindris bertambah, dan plus juga bertambah. Ya ampun, semakin menegaskan bahwa saya semakin tua! Haha.

Memperbaiki Penglihatan

Tidak ada yang enak mengenai masalah mata, namun dokter mata bisa memberi kita saran tentang cara memperbaiki penglihatan di masa mendatang. Walaupun tentu saja kita bisa memilih untuk melakukan tindakan lebih lanjut bila dirasa perlu seperti operasi lasik misalnya.

Setidaknya ketika kita mulai menggunakan kacamata untuk pertama kalinya dokter akan memberikan saran tepat bagaimana caranya beradaptasi, terutama bila sudah masuk ke penggunaan kacamata progresif. Bila baru mencoba biasanya masih pusing, tapi lama-lama bisa terbiasa.

Akhir kata, bila kita memang mengalami masalah pada penglihatan, segeralah memeriksakan kondisi mata dengan membuat janji temu dengan dokter di klinik mata atau rumah sakit mata agar kita bisa memperbarui resep dan memperbaiki penglihatan tentu saja.

Sharing is Caring
  • 1
    Share

by

About Zizy Damanik Passionate in travel, photography, and digital content. Drop your email to hello@tehsusu.com to collaborate.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *