Panduan Mengontrol Kesehatan dan Kebugaran Untuk Ibu Sibuk

Membesarkan anak, mengurus rumah tangga, sambil tetap menyeimbangkan karier, belum lagi keinginan untuk membuat suatu bisnis, semuanya lebih dari cukup untuk membuat para ibu sibuk, ya kan. Meskipun saya sudah menganggap COVID-19 sudah lewat (mungkin karena kami sekeluarga aman tidak tidak terkena virus tersebut, alhamdulilah), akan tetapi ternyata sekarang begitu anak kembali ke sekolah malah segalanya menjadi lebih menantang. Dalam sebulan terakhir saja, anak saya sudah dua kali harus sekolah dari rumah karena ada cyrcle di sekolah yang kena COVID-19. Repot? Pasti. Boros? Iya. Karena pertama harus antigen lagi sebelum masuk, padahal uang sekolah tetap bayar full.

Di tengah upaya mencoba mendidik anak di rumah, bekerja, dan menyelesaikan ratusan pekerjaan lain dalam daftar tugas kita, kita mungkin merasa sedikit lelah. (Atau sangat lelah).

Sebagai seorang ibu, ada anggapan umum bahwa kebutuhan kita adalah hal terakhir yang harus diutamakan, dan tetap melanjutkan apa pun yang kita rasakan. Saat anggota keluarga di rumah jatuh sakit, mereka bisa beristirahat, tetapi saat ibu sakit, apakah mungkin bisa benar-benar berisitrahat? Tidak juga. Seringkali ibu tetap harus terus bekerja tanpa istirahat. Saya, paling tidak ingin jatuh sakit. Pertama, sakit itu mahal, kedua, kalau ibunya sakit lalu siapa yang urus rumah, urus anak, dan semua dan semua.

panduan kesehatan

Tapi, apakah kita ini seorang ibu atau bukan, setiap orang memiliki kebutuhan yang sama untuk merawat diri dan menjaga kesehatannya. Berikut adalah beberapa ide untuk membantu kita menjaga kesehatan, bahkan di saat-saat tersibuk.

Menangani Masalah yang Selama Ini Mengganggu

Menunda-nunda memeriksakan kesehatan adalah kebiasaan umum orang yang malas dan takut ke dokter, terutama bila kita sangat sibuk. Selalu ada alasan untuk tidak segera diselesaikan. Rutin mengalami sakit punggung selama beberapa tahun terakhir? Atau mungkin sebenarnya ada gigi yang sering sakit, gigi yang sudah patah, tapi tetap tidak menyempatkan diri ke dokter setelah bertahun-tahun. Bertahan dengan masalah yang sedang berlangsung dapat memengaruhi kualitas hidup kita, jadi mengatasi rasa sakit dan nyeri ini sebelum memburuk sangatlah penting. Itulah salah satu alasan akhirnya saya memutuskan operasi adenomyosis enam tahun lalu, karena sungguh memperburuk kualitas hidup. Meskipun saat ini masih kembali sakit, tapi saat ini kondisi ini masih bisa saya menej.

Mengontrol Yang Perlu

Mengontrol kesehatan kita adalah tentang membuat pilihan berdasarkan apa yang tepat buat kita. Misalnya, mungkin kita memiliki terlalu banyak komitmen, ingin punya banyak bisnis sekaligus dengan tetap bekerja, lalu juga ingin bisa mengurus anak secara intens di rumah, dan kadangkala karena semua keputusan dan keinginan itu membuat kita kelabakan sendiri, dan akhirnya berpengaruh pada kesehatan. Dalam hal ini, memutuskan untuk merelakan sesuatu dan menciptakan lebih banyak waktu luang bisa menjadi pilihan yang tepat. At least ini adalah impian saya.

Meningkatkan Kesejahteraan

Kalau kita bicara sehat, selalu yang terlintas di pikiran adalah kesehatan fisik duluan. Padahal, kesehatan mental dan kesejahteraan sama pentingnya. Banyak ibu merasa stres terus-menerus, yang dapat membuat kita merasa lelah. Menemukan metode untuk meningkatkan kesejahteraan memiliki banyak manfaat dan akan membantu kita merasa lebih tenang. Sejahtera maksudnya adalah adanya rasa keselamatan, hingga kenteraman lahir batin. Kalau saya biasanya meluangkan waktu untuk berolahraga untuk meredakan ketegangan dan tentu saja selama saya yakin bahwa kita di rumah berada dalam kondisi baik dan aman. Dan bila sudah sangat lelah, saya memilih massage.

Patu dengan Aturan Dasar

Susah juga kalau memang aslinya kita sangat sibuk. Mau berolahraga belum tentu sempat, bahkan untuk perawatan diri mungkin juga harus disempat-sempatkan kalau memang benar-benar ada waktu, bahkan seringkali ibu merasa ah belum terlalu perlu, padahal itu penting untuk menunjang poin di atas tadi, kesejahteraan. (by the way saya baru saja melakukan light peeling sore tadi, sebagai bagian dari perawatan diri yang membuat hati senang)

Ada hal-hal sederhana yang bisa dilakukan, dan saya melakukan ini sebagai bagian untuk menenangkan diri di saat sedang terlalu sibuk dan saya rasa itulah yang bisa membantu saya menjaga kesehatan. Minum air putih yang cukup, tidur cukup dan berkualitas, menghirup udara pagi dan terkena matahari pagi di bawah jam delapan. Ini cukup untuk memulai. Plus: mulai hari dengan senyum dan hati yang lapang.

Sharing is Caring
  • 1
    Share

by

About Zizy An emotional mother of one daughter who likes to share her life journey. Passionate in travel, photography, and digital content. Drop your email to hello@tehsusu.com to collaborate.

One thought on “Panduan Mengontrol Kesehatan dan Kebugaran Untuk Ibu Sibuk

  1. Pingback: Kenapa Harus Rutin Mengunjungi Dokter Mata | Life and Travel Journal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *