4 Alasan Mengapa Penting Sesekali Melakukan Perawatan Diri

Dalam artikel sebelumnya saya menulis tentang pentingnya seorang ibu menjaga kesehatan dan kebugaran, dan salah satu poinnya adalah dengan perawatan diri. Ternyata sebagian besar perempuan yang telah memutuskan menjadi ibu, sering lupa memberikan perhatian pada diri sendiri, karena terlalu sibuk mengurus keluarga. Padahal, penting bagi seorang ibu untuk sesekali menjadi dirinya sendiri (seperti sebelum berkeluarga dan punya anak), untuk dapat menjaga kesehatan mental ibu.

Perawatan diri tidak pernah tidak penting, bahkan ketika saya masih remaja saya pun paham bahwa ibu saya juga suka memanjakan diri ke salon sebagai bagian dari perawatan diri. Jadi, ada baiknya untuk menemukan cara efektif untuk bersantai dan memanjakan diri kita sesekali. Contoh, memanjakan diri dengan menikmati makanan favorit, membeli pakaian baru, pergi keluar di akhir pekan dengan teman-teman untuk bersepeda, dll. Apa pun yang kita sukai, kita harus luangkan waktu untuk diri sendiri dan melakukannya.

Lantas apa saja manfaat yang bisa kita petik dari merawat diri sendiri? Nah, ada beberapa khususnya yang layak disebutkan, dan berikut adalah daftar 4 manfaat teratas yang bisa didapatkan:

Perawatan Diri akan Meningkatkan Mood

Hidup tak pernah mudah, jadi wajar bila selalu ada hari-hari di mana suasana hati kita sedang tidak baik. Jad, jika ingin meningkatkan suasana hati dan meningkatkan kebahagiaan, mengapa tidak memanjakan diri kita dengan sesuatu? 

Di saya, ini bisa menjadi sesuatu yang sederhana seperti duduk dan menonton film favorit dengan segelas besar es kopi favorit. Apapun itu, secara langsung akan membantu mengangkat semangat. Saat bangun keesokan harinya, kemungkinan perasaan jadi lebih nyaman dan isi kepala mulai berpikir untuk produktif. Peningkatan suasana hati yang dapat dihargai oleh siapa pun, dapat disesuaikan dengan apa pun yang kita nikmati. 

Membantu Mengurangi Stres 

Stres bisa dialami oleh siapa saja, dan seorang ibu bisa lebih double stresnya karena suka overthinking dengan perasaan harus memikul semua tanggung jawab. Siapapun butuh bantuan untuk mengurangi stres, karena itu kita perlu memberi perhatian pada diri sendiri sesering mungkin.

Dan dengan melakukan ini, akan membantu mengurangi stres yang dirasakan akhir-akhir ini. Saat sedang merasa gelisah, kita perlu berhenti sejenak dan bersantai dan melakukan aktivitas yang disukai. Misalnya, menikmati pijatan lembut dari pemijat profesional. Baru-baru ini saya menggunakan jasa Pinhome home service untuk layanan massage ke rumah, sudah tiga kali memesan dan sejauh ini memuaskan. Setelah melakukan pijatan selama 90 menit, ketegangan di badan hilang, badan terasa lebih ringan dan nyaman, serta stres hilang.

Tentu saja, selain menggunakan metode sederhana ini, jika ibu memerlukan saran tambahan, ada baiknya mencari bantuan profesional. Sebagai wanita saya paham bahwa wanita pada dasarnya butuh didengarkan dan mendapatkan perhatian dari pasangan, terutama ketika batinnya sedang lelah karena capek mengurus anak dan rumah seharian, namun sayangnya tak semua wanita seberuntung itu. Saya berharap para ibu di luar sana bisa kuat agar bisa menjadi pengasuh yang baik bagi anak-anak, jangan lupa untuk mengembangkan hubungan yang lebih baik dengan teman-teman dekat dan keluarga, agar bisa saling dukung bila hati sedang berkecamuk.

Dapat Meningkatkan Motivasi 

Jangan hanya memberi perhatian pada anak saja, diri sendiri juga perlu lho. Saat kita  menginvestasikan waktu dalam kasih sayang dan perhatian pada diri sendiri, kita juga akan mendapat manfaat dari peningkatan tingkat motivasi. Seperti dikutip dari Psychology Today, studi menemukan bahwa memberikan perhatian pada diri sendiri yang diterapkan dalam perawatan diri dan meditasi mindfullness berpotensi meningkatkan motivasi.

Bagi ibu bekerja, tentu ini akan sangat memberi dampak positif terhadap tanggung jawab di kantor dan di rumah karena pada akhirnya kita bisa produktif dalam kehidupan sehari-hari.

Kita Layak Kok Mendapatkannya

Saat menulis poin keempat ini, saya sekaligus mengingat-ingat, kapan terakhir kali saya memperlakukan diri sendiri dengan sesuatu yang hanya untuk diri saya sendiri. Dan ternyata memang susah untuk diingat, haha. Itu artinya inilah saatnya saya merenung, menuliskan rencana dan mulai melakukannya. Dan kemudian, saya akan menetapkan anggaran yang sesuai dengan preferensi yang saya inginkan.

Mengatakan kepada diri sendiri, bahwa kita layak mendapatkannya, artinya kita harus benar-benar melihat diri kita sebagai seorang manusia, individu. Meski tak dipungkiri, saya tak bisa benar-benar bebas menentukan keinginan tanpa memikirkan anak saya, tapi saya yakin kok bahwa kita semua berhak mendapatkan perhatian pada diri sendiri. 

Kita bekerja keras setiap hari masa sih tidak boleh mendapatkan sedikit saja perhatian lebih pada diri sendiri, dan itu sama sekali tidak egois. Jangan ragu untuk memutuskan mencoba sesuatu yang selama ini hanya ada di dalam daftar!

Kesimpulan.

pentingnya perawatan diri

Jadi, ini dia! Itulah 4 alasan sederhana mengapa penting untuk memberi perhatian pada diri sendiri sesekali. Semua alasan di atas sangat sah untuk diperhatikan, ingat ya penting untuk memanjakan diri sendiri ketika kita masih bisa.

 

Sharing is Caring
  • 1
    Share

by

About Zizy Damanik Passionate in travel, photography, and digital content. Drop your email to hello@tehsusu.com to collaborate.

One thought on “4 Alasan Mengapa Penting Sesekali Melakukan Perawatan Diri

  1. Pingback: 4 Cara Mengutamakan Kejenuhan Ibu Bekerja | Life and Travel Journal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *