Mengapa Sulit Melakukan Diet? Lalu Harus Bagaimana?

Setelah dua tahun berada di rumah karena pandemi, saya sadar bahwa saya mulai mengalami kenaikan berat badan, dan seperti banyak orang lain pada umumnya, saya pun mencari cara untuk dapat tetap menjalankan diet dan mencapai berat badan yang ideal dan sehat.

Masalahnya, urusan berat badan kan tidak sederhana, ya. Setiap orang punya alasan kenapa mereka berjuang untuk menurunkan berat badan berjuang untuk tetap diet. Dan ya, ternyata meski beberapa bulan ini saya berusaha menurunkan berat badan, ternyata tidak terlalu berhasil. Haha.

diet

Mengapa Sulit Untuk Melakukan Diet?

Banyak orang merasa bahwa untuk mengontrol asupan makanan, mereka perlu melakukan diet. Ada keyakinan bahwa saat memulai diet dengan aturan mana yang boleh dimakan dan mana yang tidak boleh dimakan, mereka akan dapat mengontrol makan dan menurunkan berat badan dalam prosesnya. Sulit dong, kalau terlalu ketat mengikuti aturan?

Lalu, saat kita melakukan diet penurunan berat badan biasanya kita mengikuti aturan orang lain tentang apa dan berapa banyak yang harus dimakan. Padahal setiap orang berbeda. Menurut laman mindfuleating.org.uk, kita harus menyesuaikan diet dengan kebutuhan kita. Artinya harus benar-benar memperhatikan apa yang kita makan, memperhatikan proses makan, menikmatinya, dan menyadari sinyal tubuh dalam hal apa yang harus dimakan, kapan harus makan atau berhenti makan. Diet pasti susah dilakukan bila kita tidak makan dalam jumlah yang cukup untuk kebutuhan kita, dan yang kita makan tidak kita sukai.

Hal lain yang menyebabkan kita gagal melakukan diet karena terlalu tinggi menetapkan target. Saya sadar bahwa seharusnya saya tidak terpaku pada tujuan yang terlihat jauh (nurunin 4Kg saja susah lho!), lebih penting untukmenikmati perjalanan dan tidak terlalu keras pada diri sendiri dengan membidik penurunan berat badan yang lebih bertahap dengan makan dan minum yang lebih fleksibel. Minimal tercapai 1kg dulu dalam 1 bulan pertama misalnya.

Cara Melakukan Diet Yang Sehat

Ada cara sederhana untuk tetap melakukan diet dan akhirnya dapat menurunkan berat badan yang sejalan dengan penyebab utama kenaikan berat badan. Berikut adalah beberapa cara untuk akhirnya mencapai berat badan yang sehat:

Aware Dulu Nih Bahwa Berat Badan Bisa Menjadi Gejala Masalah Kesehatan yang Lebih Besar

Kondisi berat badan kita seringkali merupakan gejala dari masalah kesehatan lainnya. Karena itu kita harus mencari tahu apakah ada masalah dengan tubuh kita yang menyebabkan kita kesulitan melakukan diet, baik untuk yang ingin menurunkan berat badan atau sebaliknya.

Namun, beberapa hal berikut bisa membantu kita untuk menyediakan diet yang tepat untuk tubuh:

  • Makan cukup makanan padat bernutrisi, dan bukan membatasi kalori
  • Mengurangi gula dan garam
  • Perbanyak makan sayuran
  • Tidur yang cukup dan teratur
  • Berolahraga secara regular dan konsisten
  • Menguranti stress

Dengan melakukan beberapa hal ini dapat membantu mengatur ulang tubuh sehingga penurunan berat badan tidak begitu sulit.

Menjadikan Kesehatan Bagian dari Gaya Hidup

diet plan

Jenis diet yang merugikan saat kita memiliki tujuan besar yaitu menurunkan berat badan adalah diet kurang nutrisi. Padahal diet juga bisa nikmat, dan tetap mengandung nutrisi sehat. Kebiasaan makan sehat harus dijadikan sebagai perubahan gaya hidup.

Seperti, kalau saya sekarang hanya sarapan pagi dengan rolled oat instan yang sudah bercampur dengan potongan buah berry, kacang almond, biji bunga matahari, dan chia seed, bisa instan pagi itu atau di-overnightkan dulu. Nikmat juga lho, karena bukan hanya mengenyangkan, tapi ada rasanya, sehingga kita menikmati proses makannya.

Kebiasaan sehat lain yang saya adopsi dari konten-konten di TikTok adalah mencoba resep-resep baru yang hanya menggunakan bahan-bahan sehat, baik resep makanan berat dan juga camilan.

Satu lagi, mempraktekkan istirahat yang cukup, serta bergerak semaksimal badan kita sanggup.

Makanan sehat itu prioritas, lebih baik buat sendiri ketimbang beli yang instan

Saat kesehatan menjadi gaya hidup dan kita mulai menikmatinya, maka makanan sehat berarti menjadi prioritas. Usahakan membuat sendiri (kecuali untuk oatmeal, sure saya pun membeli yang sudah jadi), agar kita bisa memastikan nutrsi yang terkandung dalam makanan yang kita makan.

Fokus pada protein sehat seperti daging ayam, daging sapi, ikan, lemak sehat dari buah alpukat, minyak kelapa, banyak makana sayuran, dan hindari gula termasuk juga pemanis buatan.

membuat makanan sendiri

Jangan Berlebihan

Memotong kalori terlalu drastis atau berolahraga terus-terusan sebenarnya bisa menjadi bumerang dalam hal penurunan berat badan. Jadi menurut para ahli, biarkan diri kita menyesuaikan secara pelan-pelan.

Dilansir dari Forbes, saat kita melakukan diet, fokus pada 5% hingga 10% pertama. Ketimbang memaksa bawah harus turun 10kg dalam sebulan, lebih baik menetapkan target kecil, seperti 2kg dalam sebulan.

Penutup

diet sehat

Pada akhirnya, kita sebaiknya melihat bahwa masalah kesehatan dan gizi buruk jauh lebih mungkin jadi masalah saat kita terlalu keras melakukan diet. Lebih aman meningkatkan kualitas makanan yang kita makan serta menciptakan ruang untuk makan sehat dalam hidup. Berkaca pada pengalaman saya, ini cara terbaik agar saya bisa serius dalam diet.

Sharing is Caring
  • 1
    Share

by

About Zizy Damanik Passionate in travel, photography, and digital content. Drop your email to hello@tehsusu.com to collaborate.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *