Pekerjaan Yang Bisa Kamu Lakukan Secara Remote

Sudah dua tahun terakhir ini masyarakat kita disarankan untuk melakukan pekerjaan dari rumah atau work from home, walau tidak semuanya dapat dilakukan secara online. Bahkan jika Anda ingat pernah ada suatu kejadian di mana seseorang difitnah melakukan pesugihan hanya karena tetangganya tidak pernah melihat orang tersebut keluar rumah untuk bekerja namun memiliki banyak uang, padahal orang yang dimaksud melakukan pekerjaan online dari rumah.

Sedikit lucu memang jika masih ada orang di jaman secanggih dan serba digital seperti sekarang ini tidak mengetahui bila bisa lho bekerja atau berpenghasilan hanya dengan duduk manis di rumah. Padahal sebelum pandemi pun sebenarnya sudah banyak pelaku bisnis yang menjalankan usahanya dengan sistem online dan banyak sekali pekerjaan yang bisa dilakukan secara remote di rumah.

pekerjaan online yang bisa dilakukan dari rumah

 

Pekerjaan Online yang Bisa Dilakukan dari Rumah

Sekarang ini sudah banyak sekali orang yang memilih untuk melakukan pekerjaan online dari rumah, rata- rata alasan mereka memilih bekerja secara online adalah agar lebih bisa dekat dengan keluarga terutama bagi mereka yang sudah berkeluarga, namun ada juga yang memberi alasan bila bekerja secara online itu tidak terikat dengan waktu dan tidak ada tekanan dari tempat kerja. Walau sebenarnya bekerja online itu lebih membutuhkan kedisiplinan yang tinggi.

Berikut adalah pekerjaan yang dapat dilakukan secara online dan di rumah saja :

1. Penulis Lepas

Kalau memiliki atau menyukai bidang pekerjaan yang berhubungan dengan menulis, Anda dapat mendaftarkan diri di perusahaan-perusahaan yang memang bergerak di bidang tersebut dan sering mencari penulis lepas untuk bekerja dengan mereka.

Jasa penulis lepas ini juga dapat memberikan Anda penghasilan yang lumayan, apalagi bila kemampuan menulis yang Anda miliki terbilang baik dan dapat menarik tentu bayaran yang diterima juga tidaklah sedikit. Anda dapat memilih ingin menulis dalam kategori apa, misalnya artikel berita, hiburan, edukasi dan sebagainya.

2. Blogger

tips agar sukses kerja remote

Pilihan selanjutnya adalah menjadi seorang blogger. Ini sama dengan penulis, bila Anda memiliki minat atau hobi dibidang ini menjadi blogger adalah pilihan yang tepat. Sebagai seorang blogger Anda dituntut untuk membuat sebuah tulisan yang menarik untuk dibaca oleh para pengikut atau pembaca setia blog yang Anda miliki.

Bila ingin memulai menjadi seorang blogger, Anda cukup menuliskan cerita atau pengalaman yang Anda miliki mengenai hal-hal yang disukai. Bisa itu tentang review film, novel, musik, masakan, atau pun tentang perjalanan wisata yang pernah Anda lakukan.

Menjadi blogger memang tidak mudah, dibutuhkan kesabaran ekstra karena memang tidak terlalu banyak menghasilkan. Tapi bila Anda konsisten, semakin banyak Anda membuat tulisan akan semakin banyak pula orang yang membaca dengan begitu akan banyak pula penghasilan yang didapat.

3. Mengajar Online

Pekerjaan yang bisa dilakukan dari rumah selanjutnya adalah mengajar online atau membuka jasa les privat secara online. Bila sebelum pandemi jika ingin memberi les privat harus datang menghampiri murid satu persatu, sekarang Anda dapat mengajar mereka sekaligus karena dengan kemajuan digital, Anda dapat memanfaatkan kelas virtual. Tentunya ini jauh lebih murah dan memudahkan Anda untuk mengajar.

4. Jasa Penerjemah

Apabila memiliki kelebihan pada bidang bahasa asing, Anda juga dapat bekerja di bidang penerjemah. Kategori yang bisa dipilih juga banyak, Anda tinggal menyesuaikan dengan kemampuan yang dimiliki. Pekerjaan ini juga tidak menuntut Anda untuk keluar dari rumah apabila yang dipilih adalah penerjemah lepas.

pekerjaan online sebagai translator

5. Online Shop

Bidang yang satu ini merupakan bidang pekerjaan online yang paling banyak peminatnya, apalagi saat ini dunia digital sudah berkembang sangat pesat dan mulai banyak platform yang dapat digunakan. Untuk memulai online shop juga terbilang mudah, Anda hanya membutuhkan beberapa hal :

  • Smartphone dan kuota, pastikan smartphone dan provider yang Anda miliki atau gunakan dapat mengakses internet dengan lancar.
  • Unduhlah beberapa platform pendukung di play store atau AppStore, seperti Facebook, Instagram, WhatsApp dan beberapa e-commerce.
  • Pilihlah produk yang ingin dijual, bila belum dapat membeli produk dan menyimpannya di rumah. Anda dapat menjadi reseller atau dropshipper dari suatu toko online yang memang memiliki kredibilitas baik.

6. Membuat Konten YouTube

Terakhir yang saat ini sedang digemari oleh banyak orang, khususnya anak muda adalah menjadi konten kreator YouTube. Pekerjaan yang satu ini membutuhkan komitmen dan juga kesabaran yang ekstra. Selain itu Anda juga dituntut untuk menjadi lebih kreatif dan inovatif.

Bila ingin menjadi seorang konten kreator, pastikan Anda memilih konten sesuai dengan hobi atau minat. Dengan begitu Anda akan dapat memiliki banyak ide untuk dijadikan sebuah konten. Tapi juga harus diperhatikan, bahwa konten yang dibuat haruslah sebuah konten yang memiliki manfaat bagi penonton dan lebih baik lagi jika dapat menjadi konten yang edukatif.

Nah, dari pilihan pekerjaan online yang bisa dilakukan dari rumah yang telah disebutkan di atas manakah yang cocok dengan minat Anda. Karena perlu diingat jika ingin melakukan sebuah pekerjaan itu harus sesuai dengan minat dan sesuai dengan kemampuan yang Anda miliki, mengapa hal tersebut menjadi dasar? Karena di saat Anda melakukan sebuah pekerjaan dan tidak sesuai dengan keinginan, biasanya Anda akan cepat merasa bosan berbeda jika Anda memang menyukai pekerjaan tersebut.

Sharing is Caring
  • 1
    Share

by

Hello, I'm Rina. 20-something, a dreamer and a writer-wannabe/ Currently I am trying to pursue my dream of becoming a true traveler

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *