7 Ide yang Bisa Dilakukan Agar Anak Tidak Bosan Saat Perjalanan Darat

ide kegiatan saaat roadtrip

Seorang teman di grup perpesanan pagi tadi berbagi tentang fotonya saat melakukan perjalanan darat dengan mobil bersama istrinya. Mereka sedang expecting, menghitung bulan untuk kelahiran sang buah hati. Dan saya kemudian terpikir untuk menuliskan ini, sekadar berbagi berdasarkan pengalaman.

Melakukan perjalanan panjang dengan mobil, dan ada anak kecil yang ikut, tentu sebagai orang dewasa kita harus memikirkan kegiatan apa yang bisa dilakukan untuk menghiburnya.

Bahkan ketika di mobil ada variasi usia anak dari kecil sampai besar pun, Anda tetap harus berusaha agar orang-orang ini tidak merasa bosan dengan suasana (dan supirnya!). Tapi kali ini sedikit lebih khusus bila Anda pergi liburan bersama keluarga dan ada anak kecil di mobil.

Kartu Cerita

Sekarang banyak dijual kartu set dengan karakter dongeng. Beli dengan ukuran yang lebih besar agar anak-anak yang duduk di belakang tidak pusing ketika membukanya di dalam perjalanan. Dengan kartu dongeng ini, Anda bisa memilih sendiri akan memulai cerita dongeng dari kartu yang mana. Bahkan juga bisa menjadikannya sebagai kegiatan membaca dongeng bersama.

Buku Bergambar Cerah

Tentu saja, selain kartu cerita, Anda juga bisa membawa buku bergambar cerah yang akan sangat menarik untuk dipandang mata, even bukan oleh anak kecil sekalipun. Pilih buku dengan banyak halaman, dan lebih banyak gambar daripada tulisan agar anak dapat melihatnya selama mungkin. Ini agar membuat anak tidak bosan untuk waktu yang lama.

Baca juga: Pengen Liburan Saat Pandemi? Gak Usah Jauh-jauh, Staycation Aja di Hotel.

Kantong Doraemon

Para ibu harus memiliki tas atau kantong besar khusus untuk hal-hal kecil yang menarik. Sebutlah mainan kecil, mobil-mobilan, lego, permainan masak-masakan mini, dan banyak lagi. Ini bisa jadi penyelamat saat anak sudah mulai rewel dan mengomentari semua hal, langsung berikan kantong doraemon milik Anda, dan biarkan dia mengeluarkan satu persatu barang yang bisa dia temukan.

Musik dan lagu dari cerita atau film favoritnya

Sebelum melakukan perjalanan, unduh dahulu ke ponsel atau tablet berbagai cerita audio yang menarik, serta lagu anak-anak yang menyenangkan. Bila anak Anda sedang jatuh cinta dengan tokoh cerita di film Disney, maka wajib Anda sediakan lagunya untuk didengarkan oleh anak sepanjang perjalanan. Mereka sekaligus akan belajar banyak tentang kata dan kalimat, dan biasanya dengan cepat jadi hafal dengan lagu itu dan bisa dia nyanyikan saat perjalanan pulang..

Mainan Kejutan

Selain semua mainan favorit anak yang sudah Anda bawa untuknya, kadang anak juga bosan karena perjalanan sudah terlalu lama. Sebelum melakukan perjalanan ada baiknya Anda berbelanja sedikit, mencari beberapa mainan baru yang bisa menghibur anak di perjalanan. Boleh bubble gun, boneka, mainan pesawat, intinya sesuatu yang baru yang akan membuat hati anak menjadi senang. Oh iya, jangan keluarkan semua mainan baru sekaligus, kalau masih bisa disimpan sampai perjalanan darat berikutnya.

Lakukan Permainan Simpel

Kalau Anda melakukan perjalanan darat melewati jalan perkotaan, permainan gampang yang bisa Anda lakukan adalah mengajak anak menghitung kendaraan yang lewat, seperti “Ayo coba hitung ada berapa angkot warna biru.” Ini bisa menyenangkan, karena anak-anak bisa berlomba siapa yang duluan mengklaim angkot warna biru yang dilihat.

Membaca Papan Gambar

Papan gambar juga bisa menjadi penyelamat selama perjalanan. Sebaiknya tidak selalu menggunakan tablet untuk menggambar, namun sediakan juga papan gambar dengan pen dan penghapus. Saat anak menggambar atau mencoret-coret selama perjalanan, itu sekaligus juga melatih otot jari jemarinya.

ilustrasi anak menggambar

-zd-

Sharing is Caring

by

About Zizy Damanik Passionate in traveling, photography, and digital content. I have a professional experience as a digital marketer and social media strategist at Telco and OTT. Drop your email to zizydamanik22@gmail.com to collaborate.