7 Hal Yang Perlu Dilakukan Saat Merencanakan Traveling Bareng Teman-Teman

Perjalanan darat dengan teman-teman adalah salah satu pengalaman perjalanan hebat yang bisa kita dapatkan di usia berapa pun. Muda, tua, siapapun bisa melakukan dan menikmatinya. Apakah nanti rencananya akan melakukan perjalanan domestik atau internasional, bebas, namun masih ada beberapa hal yang harus kita persiapkan dan lakukan benar-benar saat merencanakan petualangan perjalanan berikutnya.

Persiapan yang dimasukkan ke dalam perencanaan perjalanan dapat melancarkan atau sebaliknya bisa bikin berantakan seluruh perjalanan kita dengan teman-teman lho. Ada banyak persahabatan yang kemudian jadi berantakan bahkan sebelum perjalanan traveling berakhir. Huhu, gak mau dong sampai begitu. Berikut ini adalah wawasan yang menurut saya perlu dilakukan saat kita sedang mempersiapkan perjalanan menyenangkan berikutnya dengan teman-teman.

Lakukan 7 Hal Ini Sebelum Melakukan Perjalanan Berikutnya dengan Teman-Teman. Nomor 6 Paling Penting Gaes.

1. Pilihlah kendaraan yang tepat untuk perjalanan

Salah satu kesalahan terbesar yang dilakukan orang adalah tidak memiliki jenis mobil yang tepat untuk perjalanan darat mereka. Ada yang ingin pakai mobil pribadinya padahal mobilnya kecil, sehingga kalau semua orang masuk plus barang-barang, segalanya akan jadi sempit, dan akhirnya tidak nyaman dong di perjalanan. Belum lagi kita tidak tahu apakah selama ini mobil pribadi itu terawat atau tidak. Nah, menyewa mobil dengan kapasitas penumpang dan bagasi yang luas jauh lebih baik untuk semua. Yang penting adalah memastikan bahwa penyedia jasa sewa mobil tersebut memang terpercaya, mobil rajin diservice, ban mobil masih bagus, dst.

2. Pastikan semua orang yang mengemudi terasuransi

Memiliki SIM saja tidak cukup. Bila kita akan pergi dengan teman-teman dan kemudian diputuskan bahwa akan ada beberapa orang yang bertugas mengemudi, maka pastikan bahwa semua pengemudi juga memiliki asuransi. Ingat kan saat kita mengurus SIM perpanjangan atau SIM baru, kita juga diminta membayar asuransi? Saya tak tahu apakah ada orang yang menolak membeli asuransi saat mengurus SIM, tapi sangat direkomendasikan agar sediakan pula asuransi pengemudi. Ingat, kita akan berjalan bersama teman-teman dan kasihan kalau hanya satu dua orang yang terus bergantian menyetir. Satu lagi, apabila di poin 1 tadi kita ternyata memutuskan menggunakan mobil pribadi saja untuk perjalanan darat dengan teman-teman (dan tentunya sudah dipastikan akan nyaman), pastikan pula bahwa kendaraan sudah memiliki asuransi mobil.

3. Ingatlah untuk mendokumentasikan perjalanan, kalau perlu sejak awal

Seringkali saat mengambil gambar kita lebih fokus pada tujuan daripada perjalanan, disayang-sayang gitu memory kamera untuk memotret saat tiba di tujuan. Padahal kita sedang dalam perjalanan bersama teman, kita memiliki pengalaman luar biasa dengan orang-orang yang dekat dengan kita, jadi kenapa tidak mendokumentasikan perjalanan serta destinasi? Saya ingat seorang teman kami membawa kamera polaroid saat kami traveling ke Bandung tahun lalu, dan saat kami semua mendapatkan masing-masing foto perjalanan kami, wow rasanya senang! Good idea buat next trip!

grup hunting receh

4. Bersiap dengan hal-hal yang tak terduga

Semua rencana meski sudah tertata dengan baik masih mungkin mengalami hambatan, dan tidak ada yang mengharapakan ini terjadi. Seperti salah satu di dalam rombongan yang suka mencoba makanan unik di daerah baru, dan kemudian sakit perut dan harus terus-terusan ke kamar mandi. Atau mendadak AC mobil bocor sehingga mobil jadi tidak dingin (seperti yang pernah terjadi pada perjalanan terakhir kami). Kami juga pernah salah ambil trek saat mau memotret ladang bawang, dan untungnya mobil masih bisa melewati jalan sempit nan curam itu.

Ada banyak hal yang dapat terjadi, dan itulah kenapa rencana terbaik adalah memiliki rencana perjalanan, dan harus siap dengan hal-hal yang sangat mungkin terjadi.

5. Menikmati menjadi turis

Jangan gengsi untuk mampir ke lokasi yang menurut kita “turis banget”. Saat melewati satu tempat yang direkomendasikan, berhentilah dan mampirlah. Ada alasan kenapa tempat itu disebut tempat favorit turis. Jadi jangan ragu untuk terlibat di dalam keramaian, kemacetan pengunjung di suatu tempat. Ini adalah kesempatan yang sayang untuk dilewatkan dan mungkin tidak bisa diulang lagi lain waktu.

menjadi turis

6. Teliti dan catat sebanyak mungkin tempat makan

Salah satu hal terbesar yang dapat merusak perjalanan dengan teman-teman adalah tidak tahu di mana akan makan. Tidak mengetahui di mana perhentian makanan yang enak berada di sepanjang perjalanan, berarti ada kemungkinan kita akan berakhir dengan makanan yang tidak enak, atau tidak ada makanan sama sekali karena telat menghitung jarak antara lokasi saat ini dengan tempat makan dan tiba di sana tahu-tahu sudah tutup. Tidak ada yang lebih tidak fun dari mobil yang penuh orang-orang lapar dan cranky.

Lakukan riset terlebih dahulu sebelum melakukan perjalanan, menggunakan Google Map, lalu menandai tempat makan yang memiliki rating bagus dan tentu saja perhitungkan juga jaraknya dari tempat-tempat wisata yang akan dikunjungi dan juga dari hotel. Tandai lebih dari dua tempat makan. Penting ya ini. Karena, berdasarkan pengalaman, di tengah perjalanan sangat mungkin kita menukar jadwal ke tempat wisata dan menukar rute, sehingga semakin banyak tempat makan yang ditandai, semakin baik.

7. Siapkan budget bersama

Bujet bersama ini penting karena dalam perjalanan dengan teman-teman, semua dilakukan bersama dan untuk kesenangan bersama. Mungkin tidak termasuk urusan makan, karena tiap orang punya nafsu makan yang berbeda-beda, serta urusan pribadi lainnya. Bajet bersama digunakan untuk membayar bahan bakar mobil, biaya tol, retribusi di tempat wisata, termasuk  stok air minum untuk selama perjalanan.

budget perjalanan

Kesimpulan:

Jadi begitulah, 7 hal yang harus dilakukan pada perjalanan berikutnya dengan teman-teman. Beberapa di antaranya mungkin sudah terdengar biasa, tapi seperti biasa pula, karena terlalu biasa, sering dianggap sepele dan suka diabaikan sehingga perjalanan yang harusnya menyenangkan bisa berakhir sebaliknya.

merencanakan traveling bareng teman

Sharing is Caring
  • 1
    Share

by

About Zizy Damanik Passionate in travel, photography, and digital content. Drop your email to hello@tehsusu.com to collaborate.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *